Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar biologi siswa kelas XI-IPA SMAN Taman Madya Malang / Siska Nur Kusumawati

Main Author: Kusumawati, Siska Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/26131/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKusumawatiSiskaNur.2009.PenerapanModelPembelajaranCooperativeScriptuntukMeningkatkanAktivitasBelajardanHasilBelajarBiologiSiswaKelasXI-IPASMATamanMadyaMalang.SkripsiJurusanBiologiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SoedjonoBasukiM.Pd(II)NuningWulandariM.Si.KatakunciCooperativeScriptaktivitashasilbelajar.Berdasarkanhasilobservasitanggal26November2008dan9Desember2008terdapatbeberapahalyangpenelititemukanantaralaindiSMATamanMadyaMalangmenggunakanKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)kelasXXIXIIdanmetodeyangdigunakansudahbervariasiantaralainbelajarkelompokdanpraktikumnamungurumasihterbiasadenganmetodeceramahsehinggameskipunbelajarkelompokgurumasihmendominasipembelajaran.Akibatnyasiswakurangaktifdalampembelajaransertapemahamandanpenguasaankonsepsiswamasihkurangsehinggabanyaksiswayanghasilbelajarnyamasihdibawahstandarketuntasanbelajarminimalyangditetapkan.Penelitianinibertujuanuntukmengatasipermasalahantersebutyaituperlunyadilakukanpenelitiantentangpenerapanpembelajaranyangdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswasalahsatunyadenganpenerapanmodelpembelajarancooperativescript.MelaluipenerapanmodelpembelajarantersebutdiharapkandapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarbiologisiswaXI-IPASMATamanMadyaMalang.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(ClassroomActionResearch)denganmodelpembelajarancooperativescriptpadamaterisistemekskresiyangdilaksanakandalam2siklustindakansetiapsiklusterdiriatas3kalipertemuandengansetiapsiklusselama5jampelajaran.SubjekpenelitianyangdigunakandalampenelitiantindakankelasiniyaitusiswakelasXI-IPAsemestergenaptahunajaran2008-2009SMATamanMadyaMalangyangberjumlah16siswaterdiri9siswalaki-lakidan8siswaperempuan.Datayangdiperolehberupaaktivitasdanhasilbelajarsiswasertadatapendukungberupacatatanlapangan.Aktivitasbelajarsiswadiukurberdasarkanpeningkatanrata-ratapersentaseaktivitasbelajarsiswadantarafkeberhasilantindakansedangkanhasilbelajarsiswadiukurberdasarkanrata-ratanilaiakhiryangdiperolehdarinilaiprosesdanprodukbelajarsiswa.Instrumenpenelitianyangdigunakandalampenelitianiniyaitusoalteslembarobservasiaktivitassiswadancatatanlapangan.Hasilpenelitianmenunjukkanadanyapeningkatanaktivitasbelajarsiswayaknidenganpeningkatanrata-ratapersentaseaktivitasbelajarsiswadantarafkeberhasilantindakandari521%(kurang)padasiklusImenjadi782%(baik)padasiklusII.Peningkatanketuntasanhasilbelajaryangdiperolehsiswameningkatdarirata-ratanilaihasilbelajarsiklusIsebesar633meningkatmenjadi793denganketuntasanbelajarsiswa375%padasiklusImeningkatmenjadi938%padasiklusII.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanmodelpembelajarancooperativescriptdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarbiologisiswakelasXI-IPASMATamanMadyaMalang.