Pengaruh penerapan strategi pembelajaran think pair share (TPS) terhadap keterampilan metakognitif, kemampuan berpikir, dan pemahaman konsep siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pujon dengan kemampuan akademik yang berbeda / Rudi Yulianto
Main Author: | Yulianto, Rudi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/26124/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKYuliantoRudi.2009.PengaruhPenerapanStrategiPembelajaranThinkPairShare(TPS)TerhadapKeterampilanMetakognitifKemampuanBerpikirdanPemahamanKonsepSiswaKelasVIISMPNegeri1PujondenganKemampuanAkademikyangBerbeda.SkripsiJurusanPendidikanBiologiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.A.DCorebimaM.Pd(II)ProfDra.HerawatiSusiloM.Sc.Ph.D.KatakunciTPSketerampilanmetakognitifkemampuanberpikirpemahamankonsepkemampuanakademikKegiatanbelajaryangdilaksanakandisekolahdirancanguntukmencapaitujuanpembelajaran.Dalamprosesmencapaitujuanpembelajarantersebutbanyakhalyangpatutdiperhatikanolehguru.Kebanyakanguruhanyamementingkanaspekkognitifyaitupemahamankonsepsajadanmelupakanaspeklainyangharusdikembangkandalamdirisiswa.Aspekyangharusdikembangkandalamdirisiswayaknikemampuanberpikirdanketerampilanmetakognitifsiswa.Bilasiswamemilikikemampuanberpikiryanglebihbaiktentunyamateriakandapatdicernadenganbaikdansiswadapatdenganlebihmudahdalammencapaitujuanpembelajaran.Siswadenganketerampilanmetakognitifyangbaikakanmampumenjadipebelajaryangmandiri.Siswamampumerencanakanmemonitordanmengevaluasidirinyasendiridalamkegiatanbelajarnyasendiri.Selainkeduahaldiatasdalamkelasyangbaikterdapatsiswaberkemampuanakademiktinggidanrendah.Diupayakangurudapatdenganbaikmemberdayakansiswaberkemampuanakademikrendahsehinggamemilikihasilbelajaryangsejajardengansiswaberkemampuanakademiktinggi.PenelitianinidilakukandiSMPNegeri1Pujonselamasemestergasal2007/2008.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswaSMPNegeri1PujonKelasVIItahunajaran2007/2008.SampeldalampenelitianiniadalahsiswakelasVIIAsebagaikelaskontroldansiswakelasVIIEsebagaikelaseksperimen.SiswakelasVIIAterdiriatas32orangsedangkansiswakelasVIIEterdiridari35orang.Rancanganpenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahrancanganpenelitianeksperimensemudengandesainpenelitiancontrolgrouppretestposttest.DataketerampilanmetakognitifyangdiperolehdarihasilpretesdanposttesdianalisisdenganmenggunakanteknikanalisisstatistikAnavasedangkandataketerampilanmetakognitifyangdiperolehdenganinstrumeninventoridatakemampuanberpikirdandatapemahamankonsepdianalisisdenganmenggunakanteknikAnalisisAnakova.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwasiswayangdiajardenganmenggunakanstrategipembelajaranTPSmemilikiketerampilanmetakognitifdankemampuanberpikiryanglebihbaikdaripadasiswayangdiajardenganstrategikonvensional.Rerataketerampilanmetakognitifakhirkelaseksperimensebesar667sedangkankelaskontrolsebesar5367.Reratakemampuanberpikirakhirkelaseksperimensebesar4209sedangkankelaskontrol3645.Antarasiswaberkemampuanakademiktinggidanrendahtidakadaperbedaanketerampilanmetakognitifdankemampuanberpikirnya.HalinimenunjukkankalaustrategiGeneratedbyFoxitPDFCreatorFoxitSoftwarehttp//www.foxitsoftware.comForevaluationonly.pembelajaranyangdipakaimampumemberdayakansiswaberkemampuanakademikrendahsehinggasetaradengansiswaberkemampuanakademiktinggi.PemahamankonsepsiswayangdiajardenganstrategipembelajaranTPSlebihtinggidaripadasiswayangdiajardenganstrategikonvensional.SiswaberkemampuanakademiktinggiyangdiajardenganstrategipembelajaranTPSmengalamikenaikanpemahamankonsepsebesar20049%sedangkanyangberkemampuanakademikrendahsebesar21667%.Padakelaskontrolsiswaberkemampuanakademiktinggimengalamikenaikanpemahamankonsepsebesar10418%sedangkansiswaberkemampuanakademikrendahsebesar11538%.Siswadengankemampuanakademiktinggimemilikipemahamankonsepyanglebihtinggidaripadasiswayangmemilikikemampuanakademikrendah.BerdasarkanhasilpenelitianyangtelahdiperolehterlihatbahwastrategipembelajaranTPSdapatdiandalkandalamrangkameningkatkanketerampilanmetakognitifkemampuanberpikirdanpemahamankonsep.MelihatfaktayangtelahditunjukkanmakadiharapkangurudapatmenerapkanpenggunaanstrategipembelajaranTPSdalamkegiatanpembelajarandisekolah.SelainitupadapenelitianinistrategipembelajaranyangdipakaiadalahstrategipembelajaranTPSmakadapatdicobakanstrategipembelajaranlainuntukmengetahuipengaruhnyaterhadapketerampilanmetakogitifkemampuanberpikirdanpemahamankonsepsiswapadasiswadengankemampuanakademikyangberbeda.