Pengaruh penerapan strategi pembelajaran think pair share (TPS) terhadap keterampilan metakognitif, kemampuan berpikir, dan pemahaman konsep siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pujon dengan kemampuan akademik yang berbeda / Rudi Yulianto

Main Author: Yulianto, Rudi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/26124/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKYuliantoRudi.2009.PengaruhPenerapanStrategiPembelajaranThinkPairShare(TPS)TerhadapKeterampilanMetakognitifKemampuanBerpikirdanPemahamanKonsepSiswaKelasVIISMPNegeri1PujondenganKemampuanAkademikyangBerbeda.SkripsiJurusanPendidikanBiologiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.A.DCorebimaM.Pd(II)ProfDra.HerawatiSusiloM.Sc.Ph.D.KatakunciTPSketerampilanmetakognitifkemampuanberpikirpemahamankonsepkemampuanakademikKegiatanbelajaryangdilaksanakandisekolahdirancanguntukmencapaitujuanpembelajaran.Dalamprosesmencapaitujuanpembelajarantersebutbanyakhalyangpatutdiperhatikanolehguru.Kebanyakanguruhanyamementingkanaspekkognitifyaitupemahamankonsepsajadanmelupakanaspeklainyangharusdikembangkandalamdirisiswa.Aspekyangharusdikembangkandalamdirisiswayaknikemampuanberpikirdanketerampilanmetakognitifsiswa.Bilasiswamemilikikemampuanberpikiryanglebihbaiktentunyamateriakandapatdicernadenganbaikdansiswadapatdenganlebihmudahdalammencapaitujuanpembelajaran.Siswadenganketerampilanmetakognitifyangbaikakanmampumenjadipebelajaryangmandiri.Siswamampumerencanakanmemonitordanmengevaluasidirinyasendiridalamkegiatanbelajarnyasendiri.Selainkeduahaldiatasdalamkelasyangbaikterdapatsiswaberkemampuanakademiktinggidanrendah.Diupayakangurudapatdenganbaikmemberdayakansiswaberkemampuanakademikrendahsehinggamemilikihasilbelajaryangsejajardengansiswaberkemampuanakademiktinggi.PenelitianinidilakukandiSMPNegeri1Pujonselamasemestergasal2007/2008.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswaSMPNegeri1PujonKelasVIItahunajaran2007/2008.SampeldalampenelitianiniadalahsiswakelasVIIAsebagaikelaskontroldansiswakelasVIIEsebagaikelaseksperimen.SiswakelasVIIAterdiriatas32orangsedangkansiswakelasVIIEterdiridari35orang.Rancanganpenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahrancanganpenelitianeksperimensemudengandesainpenelitiancontrolgrouppretestposttest.DataketerampilanmetakognitifyangdiperolehdarihasilpretesdanposttesdianalisisdenganmenggunakanteknikanalisisstatistikAnavasedangkandataketerampilanmetakognitifyangdiperolehdenganinstrumeninventoridatakemampuanberpikirdandatapemahamankonsepdianalisisdenganmenggunakanteknikAnalisisAnakova.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwasiswayangdiajardenganmenggunakanstrategipembelajaranTPSmemilikiketerampilanmetakognitifdankemampuanberpikiryanglebihbaikdaripadasiswayangdiajardenganstrategikonvensional.Rerataketerampilanmetakognitifakhirkelaseksperimensebesar667sedangkankelaskontrolsebesar5367.Reratakemampuanberpikirakhirkelaseksperimensebesar4209sedangkankelaskontrol3645.Antarasiswaberkemampuanakademiktinggidanrendahtidakadaperbedaanketerampilanmetakognitifdankemampuanberpikirnya.HalinimenunjukkankalaustrategiGeneratedbyFoxitPDFCreatorFoxitSoftwarehttp//www.foxitsoftware.comForevaluationonly.pembelajaranyangdipakaimampumemberdayakansiswaberkemampuanakademikrendahsehinggasetaradengansiswaberkemampuanakademiktinggi.PemahamankonsepsiswayangdiajardenganstrategipembelajaranTPSlebihtinggidaripadasiswayangdiajardenganstrategikonvensional.SiswaberkemampuanakademiktinggiyangdiajardenganstrategipembelajaranTPSmengalamikenaikanpemahamankonsepsebesar20049%sedangkanyangberkemampuanakademikrendahsebesar21667%.Padakelaskontrolsiswaberkemampuanakademiktinggimengalamikenaikanpemahamankonsepsebesar10418%sedangkansiswaberkemampuanakademikrendahsebesar11538%.Siswadengankemampuanakademiktinggimemilikipemahamankonsepyanglebihtinggidaripadasiswayangmemilikikemampuanakademikrendah.BerdasarkanhasilpenelitianyangtelahdiperolehterlihatbahwastrategipembelajaranTPSdapatdiandalkandalamrangkameningkatkanketerampilanmetakognitifkemampuanberpikirdanpemahamankonsep.MelihatfaktayangtelahditunjukkanmakadiharapkangurudapatmenerapkanpenggunaanstrategipembelajaranTPSdalamkegiatanpembelajarandisekolah.SelainitupadapenelitianinistrategipembelajaranyangdipakaiadalahstrategipembelajaranTPSmakadapatdicobakanstrategipembelajaranlainuntukmengetahuipengaruhnyaterhadapketerampilanmetakogitifkemampuanberpikirdanpemahamankonsepsiswapadasiswadengankemampuanakademikyangberbeda.