Upaya peningkatan motivasi dan prestasi belajar biologi melalui penerapan pembelajaran quantum teaching dengan kerangka rancangan tandur pada pokok bahasan ekosistem siswa kelas VII-A SMP Darul 'Ulum Agung Malang / Siti Uma
Main Author: | Uma, Siti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/26117/ |
Daftar Isi:
- BerdasarkanpadahasilobservasidanwawancaradenganguruBiologidiSMPDarulUlumAgungMalangkendalautamayangterjadiselamaprosespembelajaranBiologidiSMPDarulUlumAgungMalangadalahsulitnyamembuatsiswaaktif.Kurangaktifnyasiswainidisebabkanmetodepembelajaranyangdigunakanolehguruyaituterutamametodeceramahyangkurangmelibatkansiswasecaralangsung.Kurangterlibatnyasiswasecaralangsungselamapembelajaranmenyebabkansiswakurangtermotivasidankurangnyamotivasisiswadalamkelasinimenyebabkanprestasibelajarsiswarendah.Dalamrangkamemecahkanmasalahpembelajarantersebutmakaperludilakukanupayaantaralainberupapengembanganstrategipembelajaranyangmampumengoptimalkanmotivasibelajarsiswa.PembelajaranQuantumTeachingdengankerangkarancanganTANDUR(TumbuhkanAlamiNamaiDemonstrasiUlangidanRayakan)merupakansalahsatumodelpembelajaranyangefektifuntukmeningkatkanmotivasidanprestasibelajarkarenamenekankanpadakerjasamasiswadalamkelompokyangmendorongdanmembantusiswadalammenguasaimateriyangsedangdipelajarisertamenumbuhkansuatukesadaranbahwabelajaritupentingbermaknadanmenyenangkan.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanmotivasidanprestasibelajarbiologimelaluipenerapanpembelajaranQuantumTeachingdengankerangkarancanganTANDURpadapokokbahasanekosistemsiswakelasVII-ASMPDarulUlumAgungMalang.PenelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasyangdilaksanakandalamduasiklussiklusIterdiriatasempatkalipertemuandansiklusIIterdiriatasduakalipertemuanpenelitianinidilaksanakandaribulanAprilsampaidenganMeipadasemester2tahunajaran2007-2008.SubjekpenelitianadalahsiswakelasVII-ASMPDarulUlumAgungMalangyangberjumlah27siswaterdiridari13siswaperempuandan14siswalaki-laki.Dalampenelitianinidatayangdiperolehberupamotivasidanprestasibelajarsiswadenganinstrumenpenelitianberupateslembarobservasipenilaianafektifdanpsikomotorlembarobservasikeberhasilantindakanangketdancatatanlapangan.Motivasibelajarsiswadiukurberdasarkanpeningkatannilairata-ratapersentasehasilpengisianangketmotivasibelajarsiswasedangkanprestasibelajarsiswapadaranahkognitifdiukurberdasarkanketuntasanbelajarsiswasecaraklasikalranahafektifdanranahpsikomotorikdiukurdengansecaraklasikaldaribanyaknyajumlahsiswadarideskriptoryangmunculpadasetiapaspek.BerdasarkanhasilpenelitiandiketahuibahwapenerapanpembelajaranQuantumTeachingdengankerangkarancanganTANDURdapatmeningkatkanmotivasidanprestasibelajarsiswa.Peningkatanmotivasibelajarsiswaditunjukkandenganpeningkatannilairata-ratapersentasemotivasibelajarsiswadantarafkeberhasilantindakandari409%(Baik)padasiklusImenjadi452%(SangatBaik)padasiklusII.Peningkatanprestasibelajardapatdiketahuidariranahkognitifdenganketuntasanbelajarsiswasebesar731%menjadi926%.Padaranahafektifyangdiukurdenganlembarobservasiaktivitassiswapadasiklus1rata-ratayangaktif8-14siswameningkatmenjadi15-21siswapadasiklusII.Padaranahpsikomotoryangdiukurdenganlembarobservasiaktivitassiswapadasiklus1rata-ratayangaktif8-14siswameningkatmenjadi15-21siswapadasiklusII.Berdasarkanpadahasilpenelitiandisarankanagarparapendidikdapatmenggunakanmodelpembelajaraninikarenadapatmeningkatkanmotivasidanprestasibelajarsiswa.Dalammenerapkanmodelpembelajaraninihendaknyamediayangakandigunakanharusbenar-benardipersiapkansebelumpembelajarandimulaisehinggaprosespembelajaranberjalanefektifdanefisien.