Penerapan pembelajaran model student teams achievement divisions (STAD) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 6 Malang / Erna Mufidatul Hijriyah
Main Author: | Hijriyah, Erna Mufidatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2008
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/26090/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKHijriyahErnaMufidatul.2008.PenerapanPembelajaranModelStudentTeamsAchievementDivisions(STAD)untukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarSiswaKelasXIIPA2SMANegeri6Malang.SkripsiJurusanBiologiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.Hj.MimienHenieIrawatiM.S.(II)Dra.SriRahayuLestariM.Si.KatakunciSTADmotivasihasilbelajarKendalautamayangterjadiselamaprosespembelajaranBiologidiSMANegeri6Malangadalahsulitnyamembuatsiswaaktiflebihdari50%siswadalamkelasbelumtuntasbelajarnyapadahasilUjianAkhirSemesterITahunAjaran2007/2008danmotivasisiswayangrendahdiketahuidariketidakantusiasansiswadalammengikutiprosespembelajaranBiologidanbanyaksiswayangtidakmemperhatikanpenjelasangurupadasaatprosespembelajaranberlangsung.MakapembelajaranmodelSTADmerupakansalahsatumodelpembelajarankooperatifyangefektifuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarkarenamenekankanpadakerjasamasiswadalamkelompokkecilyangmendorongdanmembantusiswadalammenguasaimateriyangakandisajikansertamenumbuhkansuatukesadaranbahwabelajaritupentingbermaknadanmenyenangkan.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswakelasXIIPA2SMANegeri6MalangmelaluipembelajaranmodelStudentTeamsAchievementDivisions(STAD).PenelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasyangdilaksanakandalamduasiklussiklusIterdiriatasenamkalipertemuandansiklusIIterdiriatastujuhpertemuanpenelitianinidilaksanakandaribulanAprilsampaidenganMeipadasemester2tahunajaran2007-2008.SubyekpenelitianadalahsiswakelasXIIPA2SMANegeri6Malangyangberjumlah37siswaterdiridari27siswaperempuandan10siswalaki-laki.Dalampenelitianinidatayangdiperolehberupamotivasidanhasilbelajarsiswadenganinstrumenpenelitianberupalembarobservasiasesmenkinerjaresponssiswadancatatanlapangan.Motivasibelajarsiswadiukurberdasarkanpeningkatannilairata-ratapersentasetesmotivasibelajarsiswasedangkanhasilbelajarsiswapadaranahkognitifdiukurberdasarkanketuntasanbelajarsiswasecaraklasikalranahpsikomotorikdiukurberdasarkanpeningkatannilairata-ratapersentaseyangterdapatpadaasesmenkinerja.Instrumenpenelitianyangdigunakandalampenelitianiniyaitusoalteslembarobservasiasesmenkinerjatesmotivasidancatatanlapangan.BerdasarkanhasilpenelitiandiketahuibahwapenerapanpembelajaranmodelSTADdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa.Peningkatanmotivasibelajarsiswaditunjukkandenganpeningkatannilairata-ratapersentasemotivasibelajarsiswadantarafkeberhasilantindakandari615%(sedang)padasiklusImenjadi839%(sangatbaik)padasiklusII.Peningkatanhasilbelajardapatdiketahuidariranahkognitifdenganketuntasanbelajarsiswasebesar6216%menjadi9459%ranahpsikomotoriksiswajugamangalamipeningkatandari5428%(kurang)menjadi609%(cukup).