Penerapan pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran biologi untuk meningkatkan berpikir tingkat tinggi dengan asesmen solo taxonomy dan higher order thinking (HOT) siswa kelas VII C SMPK Frateran Celaket 21 Malang tahun ajaran 2006/2007 pada pokok

Main Author: Varicha Ulva
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/26060/
Daftar Isi:
  • Guru-guruBiologiSMPKFrateranCelaket21Malangmengakuibahwapembelajaranyangbersifatteacher-centereddandiskusiinformasibelummemberikanhasilmaksimal.DikatakanbahwakelasVIICmerupakankelasyangseringkalihasilbelajarnyapalingrendahdibandingkelasVIIyanglaindisekolahtersebut.HasilobservasiawalpenelitimenunjukkanbahwasiswakelasVIICSMPKFrateranCelaket21Malangdalammenjawab3soaltentangPelestarianLingkunganmemangmasihrendahdanmemperlihatkankemampuanberpikirnyaberadapadatahapberpikirprestructuralsebanyak625%unistructuralsebanyak5938%multistructuralsebanyak25%danrelationalsebanyak938%.Berdasarkandarifenomenatersebutpenelitimelakukanpenelitiandengantujuanuntuk(1)untukmengetahuipenerapanPembelajaranBerbasisMasalah(PBM)dalampembelajaranbiologiEkosistemdalammeningkatkantingkatberpikirsiswakelasVIICSMPKFrateranCelaket21Malangdan(2)untukmengetahuipenerapanSOLOTaxonomydanHOTdalammengidentifikasitingkatberpikirsiswakelasVIICSMPKFrateranCelaket21MalangpadapokokbahasanEkosistem.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahdeskriptifkualitatifyangdilaksanakanselamaduasikluspenelitiandimulaidenganmelakukanobservasiawal.Setelahdilakukanrefleksipadaobservasiawaldisusunrencanatindakanyangdisusuldenganpelaksanaanrencanatindakanobservasidanrefleksi.Demikiangambarantahapanpelaksanaanpenelitianyangdilakukansampaidengansikluskedua.Observasikemampuanberpikirsiswadilakukanmelaluitestulislaporankegiatankelompokdanhasildiskusipresentasi.AnalisiskemampuanberpikirsiswamenggunakanasesmenSOLOTaxonomydanHOT.HasilanalisistestulisdenganmenggunakanSOLOTaxonomysebelumtindakanPBMmemperlihatkanbahwakemampuanberpikirsiswasebagianbesarberadapadatahapunistructuralsebesar59%selainitumuncultahapberpikirmultistructuralsebesar25%danrelationalsebesar938%.SedangkansetelahdiberitindakanPBMkemampuanberpikirsiswasebagianbesarberadapadatahapberpikirmultistructural5438%selainitumuncultahapberpikirrelationalsebesar3125%danextendedabstractsebesar875%.PadaanalisistestulisdenganmenggunakanHOTsebelumdiberitindakanPBMmenunjukkanbahwasiswabelummenunjukkanmunculnyakriteriaberpikirtingkattinggisedangkansetelahdiberitindakanPBMsiswatelahmenunjukkanmunculnyakriteriaberpikirtingkattinggiatauextendedabstractsebesar875%.Peningkatankemampuanberpikirsiswaterjadikarenaadanyaperananmasing-masingtahappadasintaksPBMdalampembentukankemampuanberpikirsiswa.BerdasarkanhasilpenelitiandiatasdiketahuibahwaPBMdalampembelajaranbiologiEkosistemdapatmeningkatkanberpikirtingkattinggisiswakelasVIICSMPKFrateranCelaket21MalangdandisarankanbahwadalamprosesbelajarsiswasebaiknyadigunakanalatevaluasiSOLOTaxonomydanHOTsehinggadapatdiketahuikualitasperkembangankognitifsiswadengancaramemberiskordanmenilaitingkatberpikirsertamacamkemampuanberpikirtingkattinggi.