Penerapan pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran biologi untuk meningkatkan berpikir tingkat tinggi dengan asesmen solo taxonomy dan higher order thinking (HOT) siswa kelas VII C SMPK Frateran Celaket 21 Malang tahun ajaran 2006/2007 pada pokok
Main Author: | Varicha Ulva |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/26060/ |
Daftar Isi:
- Guru-guruBiologiSMPKFrateranCelaket21Malangmengakuibahwapembelajaranyangbersifatteacher-centereddandiskusiinformasibelummemberikanhasilmaksimal.DikatakanbahwakelasVIICmerupakankelasyangseringkalihasilbelajarnyapalingrendahdibandingkelasVIIyanglaindisekolahtersebut.HasilobservasiawalpenelitimenunjukkanbahwasiswakelasVIICSMPKFrateranCelaket21Malangdalammenjawab3soaltentangPelestarianLingkunganmemangmasihrendahdanmemperlihatkankemampuanberpikirnyaberadapadatahapberpikirprestructuralsebanyak625%unistructuralsebanyak5938%multistructuralsebanyak25%danrelationalsebanyak938%.Berdasarkandarifenomenatersebutpenelitimelakukanpenelitiandengantujuanuntuk(1)untukmengetahuipenerapanPembelajaranBerbasisMasalah(PBM)dalampembelajaranbiologiEkosistemdalammeningkatkantingkatberpikirsiswakelasVIICSMPKFrateranCelaket21Malangdan(2)untukmengetahuipenerapanSOLOTaxonomydanHOTdalammengidentifikasitingkatberpikirsiswakelasVIICSMPKFrateranCelaket21MalangpadapokokbahasanEkosistem.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahdeskriptifkualitatifyangdilaksanakanselamaduasikluspenelitiandimulaidenganmelakukanobservasiawal.Setelahdilakukanrefleksipadaobservasiawaldisusunrencanatindakanyangdisusuldenganpelaksanaanrencanatindakanobservasidanrefleksi.Demikiangambarantahapanpelaksanaanpenelitianyangdilakukansampaidengansikluskedua.Observasikemampuanberpikirsiswadilakukanmelaluitestulislaporankegiatankelompokdanhasildiskusipresentasi.AnalisiskemampuanberpikirsiswamenggunakanasesmenSOLOTaxonomydanHOT.HasilanalisistestulisdenganmenggunakanSOLOTaxonomysebelumtindakanPBMmemperlihatkanbahwakemampuanberpikirsiswasebagianbesarberadapadatahapunistructuralsebesar59%selainitumuncultahapberpikirmultistructuralsebesar25%danrelationalsebesar938%.SedangkansetelahdiberitindakanPBMkemampuanberpikirsiswasebagianbesarberadapadatahapberpikirmultistructural5438%selainitumuncultahapberpikirrelationalsebesar3125%danextendedabstractsebesar875%.PadaanalisistestulisdenganmenggunakanHOTsebelumdiberitindakanPBMmenunjukkanbahwasiswabelummenunjukkanmunculnyakriteriaberpikirtingkattinggisedangkansetelahdiberitindakanPBMsiswatelahmenunjukkanmunculnyakriteriaberpikirtingkattinggiatauextendedabstractsebesar875%.Peningkatankemampuanberpikirsiswaterjadikarenaadanyaperananmasing-masingtahappadasintaksPBMdalampembentukankemampuanberpikirsiswa.BerdasarkanhasilpenelitiandiatasdiketahuibahwaPBMdalampembelajaranbiologiEkosistemdapatmeningkatkanberpikirtingkattinggisiswakelasVIICSMPKFrateranCelaket21MalangdandisarankanbahwadalamprosesbelajarsiswasebaiknyadigunakanalatevaluasiSOLOTaxonomydanHOTsehinggadapatdiketahuikualitasperkembangankognitifsiswadengancaramemberiskordanmenilaitingkatberpikirsertamacamkemampuanberpikirtingkattinggi.