<p>Pengembangan bahan ajar berbasis virtual laboratory platform tinkercad untuk meningkatkan minat belajar dasar teknik digital bagi Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang / Ema Ruly Pratiwi</p>

Main Author: Pratiwi, Ema Ruly
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2022
Online Access: http://repository.um.ac.id/260536/
Daftar Isi:
  • Penerapan model pembelajaran secara daring membuat banyak pihak harus mengalami penyesuaian termasuk proses pembelajaran pada Mata Kuliah Dasar Teknik Digital Universitas Negeri Malang. Dengan perubahan sistem membuat bahan ajar yang digunakan harus mengalami penyesuaian. Selain itu pemanfaatan media pembelajaran tambahan seperti laboratorium virtual sangat dibutuhkan pada masa daring. Berdasarkan wawancara yang dilaksanakan oleh peneliti pada Dosen Pengampu Mata Kuliah Dasar Teknik Digital pembelajaran yang berlangsung selama sistem perkuliahan daring terbatas oleh waktu serta pelaksanaan praktikum. Berdasarkan wawancara tersebut Dosen Pengampu Mata Kuliah Dasar Teknik Digital mengatakan bahwa perlu adanya bahan ajar berbasis laboratorium virtual untuk mendukung pelaksanaan perkuliahan terutama kegiatan praktikum. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan bahan ajar pada pembelajaran daring mengembangkan produk berupa bahan ajar dalam bentuk jobsheet berbasis laboratorium virtual platform tinkercad menguji kelayakan produk yang dihasilkan pada pembelajaran dan mengukur minat belajar mahasiswa. Metode yang digunakan pada penelitian pengembangan ini adalah model R2D2 (Recursive Reflective Design and Development) yang dikemukakan oleh Willis pada tahun 1995. Model R2D2 memiliki tahapan yang meliputi recursive reflective design dan develop. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti didapatkan hasil nilai validitas gabungan pada jobsheet sebesar 95 75% dan manual book sebesar 95 33% sehingga masuk kategori sangat valid digunakan sebagai bahan ajar. Selain itu didapatkan hasil pada implementasi minat belajar sebesar 97 13% sehingga dapat dinyatakan bahwa mahasiswa memiliki minat belajar yang tinggi terhadap pembelajaran pada Mata Kuliah Dasar Teknik Digital dengan bahan ajar berbasis virtual laboratory platform tinkercad. Dari hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan dapat ditarik beberapa saran. Terdapat saran untuk dosen dimana dapat menggunakan bahan ajar yang dikembangkan untuk pembelajaran. Mahasiswa dapat menggunakan bahan ajar yang dikembangkan untuk belajar secara mandiri sebelum melaksanakan praktikum di laboratorium konvensional. Lalu dosen dan mahasiswa dapat menggunakan manual book yang dikembangkan untuk optimalisasi praktikum virtual. Kemudian untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat melaksanakan uji coba lebih luas.