Implementasi pembelajaran kooperatif model TGT (teams-games-tournaments) sebagai upaya meningkatkan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar sains biologi siswa kelas VII SMP Islam Purwosari Pasuruan / Anis Sekarwati

Main Author: Anis Sekarwati
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/26033/
Daftar Isi:
  • ProsespembelajaranSainsBiologidiSekolahMenengahPertamamembutuhkanstrategiyangdapatmenyenangkansiswasekaligusmenarikminatsiswauntukbelajarSainsBiologikarenabilaPelajaranBiologidiajarkandenganmenarikmakamotivasisiswaakanmeningkatsehinggahasilbelajarjugaakanmeningkat.BerdasarkanhasilobservasiyangtelahdilakukandiSMPIslamPurwosaribahwamotivasibelajarsiswarendahselainitujugainputsiswarendah.Menghadapipermasalahansepertiinimakaupayayangseharusnyadilakukanadalahmeningkatkanmotivasidanaktivitassiswadalambelajarbiologi.SalahsatuupayauntukmeningkatkanmotivasidanaktivitassiswadalamprosespembelajaranyaitudenganmenggunakanpembelajarankooperatifmodelTGT.AktivitasbelajardenganpermainanyangdirancangdalampembelajarankooperatifmodelTGTmemungkinkansiswadapatbelajarlebihrileksdisampingmenumbuhkantanggungjawabkerjasamapersaingansehatdanketerlibatanbelajar.AdapunpenelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatanmotivasiaktivitasdanhasilbelajarSainsBiologisiswakelasVIISMPIslamPurwosariPasuruandalampenerapanpembelajarankooperatifmodelTGT.Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas(PTK)yangterdiridariduasiklus.Masing-masingsiklusterdiridariempattahapanyaituperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.SiklusIdanIIsecaraberturut-turutdilaksanakansebanyaktigakalidanempatkalipertemuan.MateriyangdiajarkanpadasiklusIadalahCiri-ciriMakhlukHidupsedangkanpadasiklusIImembahasKlasifikasiMakhlukHidup.Datayangdikumpulkandalampenelitianiniadalahtingkatmotivasiaktivitasdanhasilbelajarsiswa.Analisisdatayangdigunakanuntukmengujihipotesisadalahanalisisdeskriptif.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanpembelajarankooperatifmodelTGTdapatmeningkatkanmotivasiaktivitasdanhasilbelajarsiswa.PeningkatanmotivasiaktivitasdanhasilbelajarsiswadapatdiketahuidaripeningkatanmotivasiaktivitasdanhasilbelajardarisiklusIkesiklusII.Motivasibelajarsiswamengalamipeningkatandari772%padasiklusImenjadi813%padasiklusII.Halinimenandakanbahwapeningkatanmotivasibelajarsebesar41%.AktivitasbelajarsiswajugamengalamipeningkatandarisiklusIsebesar734%meningkatmenjadi788%padasiklusII.Sedangkanhasilbelajarsiswayangdiukurdenganpersentaseketuntasanklasikaljugamengalamipeningkatandari77%padasiklusImenjadi83%padasiklusII.