Implementasi pembelajaran kooperatif model TGT (teams-games-tournaments) sebagai upaya meningkatkan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar sains biologi siswa kelas VII SMP Islam Purwosari Pasuruan / Anis Sekarwati
Main Author: | Anis Sekarwati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/26033/ |
Daftar Isi:
- ProsespembelajaranSainsBiologidiSekolahMenengahPertamamembutuhkanstrategiyangdapatmenyenangkansiswasekaligusmenarikminatsiswauntukbelajarSainsBiologikarenabilaPelajaranBiologidiajarkandenganmenarikmakamotivasisiswaakanmeningkatsehinggahasilbelajarjugaakanmeningkat.BerdasarkanhasilobservasiyangtelahdilakukandiSMPIslamPurwosaribahwamotivasibelajarsiswarendahselainitujugainputsiswarendah.Menghadapipermasalahansepertiinimakaupayayangseharusnyadilakukanadalahmeningkatkanmotivasidanaktivitassiswadalambelajarbiologi.SalahsatuupayauntukmeningkatkanmotivasidanaktivitassiswadalamprosespembelajaranyaitudenganmenggunakanpembelajarankooperatifmodelTGT.AktivitasbelajardenganpermainanyangdirancangdalampembelajarankooperatifmodelTGTmemungkinkansiswadapatbelajarlebihrileksdisampingmenumbuhkantanggungjawabkerjasamapersaingansehatdanketerlibatanbelajar.AdapunpenelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatanmotivasiaktivitasdanhasilbelajarSainsBiologisiswakelasVIISMPIslamPurwosariPasuruandalampenerapanpembelajarankooperatifmodelTGT.Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas(PTK)yangterdiridariduasiklus.Masing-masingsiklusterdiridariempattahapanyaituperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.SiklusIdanIIsecaraberturut-turutdilaksanakansebanyaktigakalidanempatkalipertemuan.MateriyangdiajarkanpadasiklusIadalahCiri-ciriMakhlukHidupsedangkanpadasiklusIImembahasKlasifikasiMakhlukHidup.Datayangdikumpulkandalampenelitianiniadalahtingkatmotivasiaktivitasdanhasilbelajarsiswa.Analisisdatayangdigunakanuntukmengujihipotesisadalahanalisisdeskriptif.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanpembelajarankooperatifmodelTGTdapatmeningkatkanmotivasiaktivitasdanhasilbelajarsiswa.PeningkatanmotivasiaktivitasdanhasilbelajarsiswadapatdiketahuidaripeningkatanmotivasiaktivitasdanhasilbelajardarisiklusIkesiklusII.Motivasibelajarsiswamengalamipeningkatandari772%padasiklusImenjadi813%padasiklusII.Halinimenandakanbahwapeningkatanmotivasibelajarsebesar41%.AktivitasbelajarsiswajugamengalamipeningkatandarisiklusIsebesar734%meningkatmenjadi788%padasiklusII.Sedangkanhasilbelajarsiswayangdiukurdenganpersentaseketuntasanklasikaljugamengalamipeningkatandari77%padasiklusImenjadi83%padasiklusII.