Penerapan pembelajaran berdasarkan masalah melalui strategi kooperatif model Stad (Student Teams Achievement Division) untuk meningkatkan keterampilan proses dan kemampuan berpikir siswa keals X, SMAN 2 batu / oleh Rahma Lailu Farie Hariez

Main Author: Rahma Lailu Farie Hariez
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/26015/
Daftar Isi:
  • BerdasarkanhasilobservasidanwawancaradengangurubidangstudibiologidiSMAN2Batupadatanggal3Juni2006diketahuibahwapembelajarandiSMAN2Batujarangdilakukandenganceramahpembelajaranyangdilakukanbervariasisepertidiskusipresentasidanbelajardiluarkelas.Secaraumumhasilkemampuanberpikirsiswamasihberadapadatingkatberpikirrendahyaituhanyasatusampaitigasiswayangmemilikikemampuanberpikirtinggi.Kendalayangdihadapiselamapembelajaranantaralain1)siswatidakbisamandiri2)minatbacaketertarikanterhadapilmupengetahuandantanggungjawabterhadaptugasyangdiberikangurumasihkurang3)terbatasnyaliteratur.Berdasarkanhaltersebutdapatdiketahuibah-wabelumadametodepembelajaranyangsengajadirencanakanatauditerapkanolehgurudalamupayameningkatkankemampuanberpikirdanketerampilanprosessis-wa.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatanketerampilanprosesdankemampuanberpikirsiswadenganpenerapanPembelajaranBerdasarkanMasalahmelaluistrategikooperatifSTAD(StudentTeamsAchievementDivision).PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelasyangmenggunakan2siklustindakanyangterdiridari6kalipertemuan.Setiapsiklusmeliputitahapperen-canaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.DalampenelitianinisubyekpenelitianadalahsiswakelasX1SMAN2Batusemestergasal2006/2007yangberjumlah47siswadenganmaterikeanekaragamanhayati.PenelitianinidilaksanakanpadabulanJuni-Agustus2006.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahlembarobservasitesangketwawancaradancatatanlapangan.Analisisdatadilakukandengandeskriptifkualitatifdanteknikpersentase.HasilpenelitianmenunjukkanpenerapanPembelajaranBerdasarkanMasalahmelaluistrategikooperatifSTAD(StudentTeamsAchievementDivision)secaraumumdapatmeningkatkanketerampilanprosesdankemampuanberpikirsiswakelasX1SMAN2Batu.Tahaporientasimasalahaspekketerampilanprosesmengobser-vasimeningkat001(05%)mengklasifikasi117(585%)danmembuatinferensi025(125%)sedangkanaspekmengukurdanmengkomunikasikanmengamipe-nurunanmasing-masingsebesar041(-205%)dan071(-355%).Tahapmengem-bangkanhasilkaryaaspekketerampilanprosesmengklasifikasimengkomunikasikandanmembuatinferensimengalamipeningkatanmasing-masingsebesar019(95%)009(45%)dan002(1%)sedangkanaspekmengobservasidanmengukurtidakmunculpadatahapinikarenapadatahapmengembangkanhasilkaryasiswatidakdituntutuntukmengobservasidanmengukur.Peningkatanskorkemampuanberpikirmelaluitesadalah843(1476%)yaknipadasiklusIsebesar5708dansiklusIIsebesar6551.Peningkatanskorkemampuanberpikirtanpatesyangmeliputike-mampuanbertanyaadalah03(93%)yaitupadasiklusIsebesar32(kategoriper-tanyaan3)dansiklusIIsebesar35(kategoripertanyaan3)sedangkanpeningkatanskorkemampuanmenjawabadalah05(142%)yaitupadasiklusIsebesar35(kate-gorimenjawab3)dansiklusIIsebesar4(kategorimenjawab4).Berdasarkanhasilpenelitianinidisarankan(1)kepadagurubiologidapatmenerapkanPembelajaranBerdasarkanMasalahmelaluistrategikooperatifSTAD(StudentTeamsAchievementDivision)karenadapatmeningkatkanketerampilanpro-sesdankemampuanberpikirsiswa.(2)kepadapenelitiselanjutnyadapatmelakukanpenelitiansejenispadakompetensidasaryanglaingunamengetahuikeberhasilanpenerapanPembelajaranBerdasarkanMasalahmelaluistrategikooperatifSTAD(StudentTeamsAchievementDivision)dalammeningkatkanketerampilanprosesdankemampuanberpikirsiswa.(3)penggunaanpemicumasalahyangnyatadaninovatifbagisiswasangatditekankanagartidakterjadipenurunanskorketerampilanprosesmengukurdanmengkomunikasikan.