Analisis kompetensi kepala sekolah dalam manajemen Berbasis Sekolah (MBS) terhadap pembelajaran biologi di SMA/MA Kota Blitar / Ika Widya Pranandari

Main Author: Ika Widya
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/26004/
Daftar Isi:
  • PranandariIkaWidya.2013.AnalisisKompetensiKepalaSekolahdalamManajemenBerbasisSekolah(MBS)terhadapPembelajaranBiologidiSMA/MAKotaBlitar.SkripsiJurusanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.H.IstamarSyamsuriM.Pd(II)Dra.Hj.SusilowatiM.S.KatakuncikompetensikepalasekolahMBSpembelajaranbiologi12288122881228812288KepalasekolahsebagaipemimpinsekolahmemilikilimakompetensiyangdiuraikandalamPermendiknasNo13tahun2007yaitukompetensikepribadianmanajerialkewirausahaansupervisidansosial.DalamimplementasiMBSkeberhasilansekolahdalammelaksanakanprogramsekolahdidukungolehefektifitaskepemimpinankepalasekolah.Baiktidaknyakepemimpinankepalasekolahbergantungpadabagaimanakepalamengimplementasikankelimakompetensinya.Pembelajaranbiologisebagaisalahsatupelajarandisekolahsecaratidaklangsungmembutuhkanperankepalasekolahyangmampumengimplementasikankompetensinyadenganbaik.12288122881228812288TujuandaripenelitianiniadalahmengetahuibagaimanakahkompetensikepalasekolahdalamimplementasiManajemenBerbasisSekolah(MBS)yangberhubungandenganpembelajaranbiologidiSMA/MAKotaBlitar.12288122881228812288Metodepenelitianyangdigunakanadalahmetodepenelitiankualitatifdenganjenispenelitiandeskriptif.SampeldaripenelitianiniadalahSMANegeri1BlitarSMANegeri2BlitarMANKotaBlitarSMAMuhammadiyahBlitardanMASMaarifNUBlitar.Datadiperolehdarihasilangketyangdiberikankepadagurubiologihasilwawancaradengankepalasekolahsertapengumpulandokumen-dokumenyangdibutuhkan.Analisisdataberpedomanpadaanalisisdatapenelitiankualitatif.BerdasarkanhasilanalisisdatatersebutdiperolehkesimpulanbahwakompetensikepalasekolahdalamimplementasiManajemenBerbasisSekolah(MBS)diSMA/MAKotaBlitarsecaraumumdilaksanakandenganbaik.Seluruhkepalasekolahmemilikicaratersendiridalammengimplementasikankompetensinya.Darikeseluruhankompetensikompetensisupervisidinilaimemilikikendalayangpalingbanyakantaralainkarenafaktorbeberapaguruenggandisupervisidanjugakepalasekolahmerasasegankepadaguru-guruyangmerupakantemansendiri.Halinidiatasidengancarasalingmengertidantanggungjawabantaragurudengankepalasekolah.Dalamhubungannyadenganpembelajaranbiologitelahdiimplementasikankompetensimanajerialkepalasekolahyangbaikuntukmenyusunanggaranbelanjadanoptimalisasifungsilaboratoriumbiologisertaperpustakaan.Haliniterlihatpadakelancaranpembelajaranbiologitelahdidukungdenganadanyaperencanaanprogramyangberhubungandenganpembelajaransepertiadanyagreenhousepembinaanolimpiadekaryailmiahremaja(KIR)terdapatnyaInstalasiPembuanganAirLimbah(IPAL)danbiodigesteryangdapatdimanfaatkansiswadanguru.Akantetapiterdapatkendalayangdihadapidalampembelajaranbiologiyaitubangunanlaboratoriumyangbelumterpisah.