Penerapan pembelajaran kooperatif model think pair share (TPS) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kels VII SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Wiwik Sulistiyani

Main Author: Wiwik
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/25815/
Daftar Isi:
  • KataKunciPembelajaranKooperatifThinkPairShare(TPS)MotivasiBelajarHasilBelajarHasilobservasidikelasVII-DSMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalangtanggal28Oktober2009sampai4Nopember2009diketahuibahwamotivasidanhasilbelajarsiswamasihrendah.Gurusudahberusahameningkatkanmotivasibelajarsiswadenganmenggunakanbeberapametodepembelajaran(praktikumdandiskusikelas)danmodelpembelajaran(JigsawGroupInvestigationdanPembelajaranBerbasisMasalah)tersebutternyatamasihkurangoptimalmeningkatkankinerjasiswauntukaktifdidalamkelompok.Akibatnyahasilbelajaryangdiperolehsiswabelummencapaistandarketuntasanminimum.Dari36siswayangtelahdiamatihanya22siswa(61%)yangmendapatkannilaitesyangbaikdandapatdikatakantelahtuntasbelajarartinyasiswadikelasVII-Duntukmatapelajaranbiologibelummencapaipersentaseketuntasanbelajarsecaraklasikal(85%).SalahsatusolusiuntukmengatasipermasalahantersebutadalahdenganmenerapkanmodelpembelajarankooperatifTPS(ThinkPairShare).PenelitianinibertujuanuntukmeningkatanmotivasidanhasilbelajarBiologisiswakelasVIISMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalangmelaluipenerapanpembelajarankooperatifmodelTPS(ThinkPairShare).PenelitianinimerupakanpenelitiankualitatifdengandesainPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiriatasduasiklus.Pengambilandatapenelitiandilaksanakanpadatanggal22Desember2009sampaitanggal31Desember2009.Datapenelitianberupamotivasibelajarsiswayangdiperolehmelaluiobservasiselamapenelitiansedangkandatahasilbelajarsiswadiperolehmelaluitessetiapakhirsiklus.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanpembelajarankooperatifmodelTPS(ThinkPairShare)dapat(1)meningkatkanmotivasibelajarsiswadarisebesar6115%(cukup)padasiklusImenjadi7972%(kategoribaik)padasiklusII(2)meningkatkanhasilbelajarsiswadariskorrata-ratakelassebesar6703danketuntasanklasikal61%sebelumsiklusImeningkatmenjadi7458danketuntasanklasikal8333%setelahsiklusIdanmeningkatlagimenjadi8056danketuntasanklasikal9167%setelahsiklusII.