Penerapan strategi pembelajaran kooperatif gistad (Group Investigation-student team achievement division) untuk meningkatkan kerja ilmiah dan prestasi belajar biologi siswa kelas VII-A SMP Negeri satu atap Merjosari Malang / Yulia Eka Yanti
Main Author: | Yulia Eka |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/25806/ |
Daftar Isi:
- KatakunciStrategiPembelajaranGISTAD(GroupInvestigation-StudentTeamAchievementDivision)kerjailmiahprestasibelajarBerdasarkanhasilobservasidikelasVII-ASMPNegeriSatuAtapMerjosari-Malangmenunjukkanbahwaprestasibelajarsiswarendahdenganrataratanilaiyangdicapaisiswayaituantara60-70siswayangmemilikinilai880570sebesar56%.Kesulitanyangdihadapiolehguruadalahintervalyangberbedajauhantarasiswayangberkemampuantinggidanyangberkemampuanrendahantusiasmesiswaterhadapmateriyangdiajarkankurangsiswatidakbisamandiridalammengerjakantugasminatbacadanketertarikanterhadapbiologikurang.Siswabelumpernahmengaplikasikanteorikerjailmiah.BerdasarkanpermasalahantersebutmakaperluditerapkanstrategipembelajarankooperatifGISTAD(GroupInvestigation-StudentTeamAchievementDivision)untukmeningkatkankerjailmiahdanprestasibelajarBiologisiswakelasVII-ASMPNegeriSatuAtapMerjosari-Malang.PenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)denganpendekatankualitatif.PTKinidilaksanakandalamduasiklus.Padasetiapsiklusterdiridariperencanaantindakanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.SubjekdalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelasVII-Asemestergenaptahunajaran2009-2010SMPNegeriSatuAtapMerjosari-Malangyangberjumlah35orang.PenelitiandilaksanakanpadabulanAprilsampaiMei2010.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahlembarobservasikegiatangurulembarobservasiketerampilankerjailmiahsiswadansoaltes.Aspekketerampilankerjailmiahsiswadilihatdarihasilobservasiketerampilankerjailmiahsiswasedangkanprestasibelajardiperolehdarihasiltesakhirsiklus.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapersentaseketercapaiankerjailmiahsiswacenderungmengalamipeningkatandari68%padasiklusImenjadi89%padasiklusII.Persentaseketuntasanbelajarbiologisiswajugacenderungmengalamipeningkatandari60%padasiklusImenjadi914%padasiklusII.Rerataprestasibelajarbiologisiswajugamengalamipeningkatandari726padasiklusImenjadi77padasiklusII.BerdasarkanhasilpenelitianmakadapatdikatakanbahwapenerapanstrategipembelajarankooperatifGISTADdapatmeningkatkankerjailmiahdanprestasibelajarsiswakelasVII-ASMPNegeriSatuAtapMerjosari-Malang.Disarankanhendaknyapenelitimemperhatikanalokasiwaktuyangdigunakansehinggapelaksanaanpembelajaranberlangsungsecaraefisien.Penelitianinidapatdijadikanbahanpertimbanganbagigurubidangstudiataupunpenelitiyanglainuntukmenerapkanstrategitersebut.