<p>Profil pelaksanaan asesmen pembelajaran daring di SDN Kiduldalem 1 Bangil Kabupaten Pasuruan / Dina Nisatul Ilmi</p>
Main Author: | Ilmi, Dina Nisatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2022
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/257364/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan perencanaan asesmen pembelajaran nbsp daring di SDN Kiduldalem 1 Bangil Kabupaten Pasuruan (2) mendeskripsikan pelaksanaan asesmen ranah afektif pada pembelajaran nbsp daring di SDN Kiduldalem 1 Bangil Kabupaten Pasuruan (3) mendeskripsikan pelaksanaan asesmen ranah kognitif pada pembelajaran nbsp daring di SDN Kiduldalem 1 Bangil Kabupaten Pasuruan (4) mendeskripsikan pelaksanaan asesmen ranah psikomotorik pada pembelajaran nbsp daring di SDN Kiduldalem 1 Bangil Kabupaten Pasuruan. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian yaitu guru kelas 1 hingga kelas 6 di SDN Kiduldalem nbsp 1 Bangil. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman nbsp dengan pengumpulan data reduksi data penyajian data penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya saat pembelajaran daring seluruh guru sudah dapat melaksanakan penilaian kognitif. Pelaksanaan penilaian pada kelas rendah sebagian besar dengan mengambil langsung tugas ke sekolah sedangkan kelas tinggi dengan memanfaatkan media daring seperti quizizz dan google form. Sebagian besar juga guru sudah dapat melakukan penilaian afektif dan psikomotorik hanya sebagian kecil yang tidak melakukan. Meskipun masih dapat dilakukan pelaksanaan penilaian sikap sebagian besar terbatas pada menilai sikap tanggung jawab serta nbsp kedisiplinan siswa saat mengumpulkan tugas serta beberapa jenis penilaian keterampilan sulit dilakukan saat daring karena keterbatasan interaksi secara langsung. Penilaian keterampilan dengan cara mengirim rekaman video dan membuat produk. Kelemahan penelitian ini adalah belum dapat mengenai tindakan yang dilakukan guru atau pihak sekolah dalam mengatasi hambatan dan kesulitan nbsp pada asesmen pembelajaran sehingga disarankan pada penelitian selanjutnya untuk mengulas secara mendalam terkait hal tersebut.