Penerapan model pembelajaran kooperatif STAD (Student Teams-Achievement Divisions) dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi kelas VII-D SMPN 13 Malang / Dhianita Chomala Ayu Damayanti

Main Author: Dhianita Chomala Ayu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/25736/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKDamayantiDhianitaChomalaAyu.2009.PenerapanModelPembelajaranKooperatifSTADdenganPendekatanKontekstualuntukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarBiologiSiswaKelasVII-DSMPNegeri13Malang.SkripsiJurusanBiologiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.H.NoviarDarkuniM.Si(II)Dr.UmieLestariM.Si.KatakunciSTADkontekstualmotivasihasilbelajar.Berdasarkanhasilobservasiyangdilakukanpadatanggal30dan1April2009dikelasVII-DSMPNegeri13Malangdiketahuibahwasebagianbesarkegiatanbelajarmengajar(KBM)masihdidominasiolehgurusehinggasiswaterlihatkurangbersemangatdalamkegiatanpembelajaranselainitumasihbanyaksiswayangbelumtuntashasilbelajarnya.UntukmengatasipermasalahantersebutperludilakukanpenelitiantentangpenerapanmodelpembelajaranyangdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswasalahsatunyadenganpenerapanmodelpembelajarankooperatifSTAD(StudentTeamsAchievementDivisions)denganpendekatankontekstual.MelaluipenerapanpembelajarantersebutdiharapkandapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarbiologisiswakelasVII-DdiSMPNegeri13Malang.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(ClassroomActionResearch)yangdilaksanakandalam2siklustindakansetiapsiklusterdiriatasempattahapan.SubjekpenelitiandalampenelitiantindakankelasiniyaitusiswakelasVII-Dsemestergenaptahunajaran2008-2009SMPNegeri13Malang.Dalampenelitianinidatapenelitianberupamotivasibelajarsiswayangdiperolehmelaluiobservasiselamapenelitiansedangkandatahasilbelajarsiswadiukurberdasarkanselisihskorantarapre-testdanposttestsertaketuntasanbelajarsiswapadamasing-masingsiklus.Instrumenpenelitianyangdigunakandalampenelitianiniyaitusoalteslembarobservasiaktivitassiswadangurudancatatanlapangan.Berdasarkanhasilpenelitiantelahterjadipeningkatanmotivasibelajarsiswayangditunjukkandenganpeningkatanrata-ratapersentasemotivasibelajarsiswadantarafkeberhasilantindakandari6016%(cukup)padasiklusImeningkatmenjadi6968%(baik)padasiklusII.PeningkatanhasilbelajarsiswapadasiklusIskorrata-ratapretestkelassebesar6294danskorrata-rataposttestkelassebesar7506denganpersentaseketuntasanbelajarsecaraklasikalsebesar8235%padasiklusIImengalamipeningkatandenganskorrata-ratapretestkelassebesar6612danskorrata-rataposttestkelassebesar7809denganpersentaseketuntasanbelajarsecaraklasikalmeningkatmenjadisebesar8824%.BerdasarkanhasilpenelitiandiatasdiketahuibahwapenerapanmodelpembelajarankooperatifSTADdenganpendekatankontekstualdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarbiologisiswakelasVII-DSMPNegeri13Malang.