Penerapan pembelajaran kontekstual (CTL) berbasis sains teknologi masyarakat (STM) untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas VII SMP negeri 1 Singosari / Yessyta Oktaviana

Main Author: Yessyta
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/25721/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKOktavianaYessyta.2009.PenerapanPembelajaranKontekstual(CTL)BerbasisSainsTeknologiMasyarakat(STM)untukMeningkatkanKreativitasdanPrestasiBelajarSiswapadaMataPelajaranBiologiKelasVIISMPNegeri1Singosari.SkripsiProgramStudiPendidikanBiologiJurusanBiologiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.Hj.MimienH.IrawatiM.S(II)DraMurniS.SariM.Si.KatakunciCTLberbasisSTMkemampuanberpikirkreatifsiswakemampuanbertindakdanbersikapkreatifsiswaprestasibelajarsiswaBerdasarkanhasilobservasidikelasVIIiSMPNegeri1Singosariselamaprosesbelajarmengajarberlangsungditemukanmasalahsebagaiberikut.(1)Siswacenderungtidakmenjawabpertanyaanyangdiajukanolehguru(2)Siswakuranglancardalammengemukakangagasanketikamenanggapisuatumasalahdanmateri(3)Siswabelummampumengaitkansatukonsepdengankonseplainnya(4)Siswabelummampumenerapkankonsepmateridengankehidupannyatasehari-haridan(5)Siswabelummampumenghasilkanpengetahuanbarudarimateriyangsudahada.Darikelimamasalahtersebutdiketahuikemampuankreativitassiswadalammemahamikonsepsainsmasihrendah.MasalahlainyangmunculdikelasVIIiadalahprestasibelajaryangrendahyangditandaidenganrendahnyahasilUlanganTengahSemester(UTS)matapelajaranIPA.UntukmengatasimasalahyangmunculdikelasVIIimakadilakukanupayameningkatkankreativitasdanprestasibelajarsiswaVIIipadamatapelajaranBiologimelaluipenerapanpembelajarankontekstual(CTL)berbasisSainsTeknologiMasyarakat(STM).PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK)yangdilaksanakandalamduasiklus.Padatiapsiklusterdiriatasempattahapanyaituplanningimplementingobservingdanreflecting.Masing-masingsiklusterdiridariduapertemuan.SubjekpenelitianadalahsiswaVIIiSMPN1Singosarisemestergenaptahunajaran2008-2009sebanyak34orang.Pengambilandatapadapenelitianmenggunakaninstrumensebagaiberikut.LembarobservasiCTLberbasisSTMteskreativitaslembarobservasikemampuanbertindakdanbersikapkreatifsiswadanulanganharian.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmetodeCTLberbasisSTMdapatmeningkatkankreativitassiswakelasVIIiSMPN1Singosari.KetuntasankemampuanberpikirkreatifsiswapadapenerapanCTLberbasisSTMsiklus1adalah97%padasiklusIImeningkatmencapai100%.KetuntasankemampuanbertindakdanbersikapkreatifsiswapadapenerapanCTLberbasisSTMsiklus1adalah4117%padasiklusIImeningkatmencapai100%.PenerapanmetodeCTLberbasisSTMjugameningkatkanprestasibelajarsiswakelasVIIiSMPN1Singosari.KetuntasanprestasibelajarsiswasetelahpenerapanCTLberbasisSTMsiklus1adalah79%padasiklusIImeningkatmencapai88%.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdiambilkesimpulanbahwakreativitasdanprestasibelajarsiswamengalamipeningkatanmelaluipenerapanmetodeCTLberbasisSTM.iBerdasarkanhasilpenelitianinidapatdisarankanagarpadapenelitianselanjutnyaperluadanyametodepembelajaranyanginovatifuntukmeningkatkankemampuanberpikirkreatifsiswaterutamapadaaspekkeasliandanuntukmeningkatkankemampuanbertindakdanbersikapkreatifsiswaterutamapadaaspekmemilikisifatberani.ii