Penerapan strategi pembelajaran kooperatif group investigation (GI) dengan pendekatan sains-lingkungan-teknologi-masyarakat (SALINGTEMAS) untuk meningkatkan kemampuan kerja ilmiah dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Malang / Fitriana Tri Palupi
Main Author: | Fitriana Tri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/25717/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPalupiFitrianaTri.2009.PenerapanStrategiPembelajaranKooperatifGroupInvestigation(GI)denganPendekatanSains-Lingkungan-Teknologi-Masyarakat(Salingtemas)untukMeningkatkanKemampuanKerjaIlmiahdanHasilBelajarBiologiSiswaKelasXSMAMuhammadiyah1Malang.SkripsiJurusanBiologiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.Hj.MimienH.IrawatiM.S.(II)BalqisS.PdM.Si.KatakuncipembelajarankooperatifgroupinvestigationpendekatanSains-Lingkungan-Teknologi-Masyarakatketerampilankerjailmiahhasilbelajarbiologi.Pembaharuandibidangkurikulumdalampembelajaranmenuntutguruuntukdapatmengubahsistempembelajarandariyangberorientasipadaguru(teachercentered)menjadipembelajaranyangberorientasipadasiswa(studentcentered).AkantetapihasilobservasidikelasXSMAMuhammadiyah1Malangmenunjukkanbahwasaatmengajardikelasgurumasihtetapmenggunakancaralamayaitudominanmenggunakanmetodeceramah.Sumberbelajarsiswahanyaterbatasdarigurumengakibatkanketrampilankerjailmiahsiswajugarendahkarenasiswahanyaterpakupadamateridariguru.HasilobservasiyangtelahdilakukandikelasXSMAMuhammadiyah1Malangmenunjukkanbahwaketerampilankerjailmiahdiajarkansecaraterintegrasidengankegiatanpraktikum.Rendahnyaketerampilankerjailmiahsiswadapatberpengaruhterhadaphasilbelajarsiswa.HasilobservasijugamenunjukkanbahwahasilbelajarbiologisiswakelasXmasihrendah.BerdasarkanpermasalahantersebutmakaditerapkanStrategiPembelajaranKooperatifGroupInvestigation(GI)denganPendekatanSains-Lingkungan-Teknologi-Masyarakat(Salingtemas)untukmeningkatkanketerampilankerjailmiahdanhasilbelajarBiologisiswakelasXSMAMuhammadiyah1Malang.PenelitianinitergolongPenelitianTindakanKelas(PTK)denganpendekatankualitatif.PTKinidilaksanakandalamduasiklus.Padasetiapsiklusterdiridariperencanaanpenelitianpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.SubjekdalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelasXsemestergenaptahunajaran2008-2009SMAMuhammadiyah1Malangyangberjumlah10orang.PenelitiandilaksanakanpadabulanAprilsampaiJuni2009.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahlembarobservasikegiatangurucatatanlapanganlembarobservasiketerampilankerjailmiahlaporankerjailmiahjurnalkegiatansiswadansoaltes.Aspekketerampilankerjailmiahsiswadilihatdarihasilobservasiketerampilankerjailmiahsiswalaporankerjailmiahsiswadanjurnalkegiatansiswasedangkanhasilbelajardiperolehdarihasiltesakhirsiklus.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapersentaseketuntasanketerampilankerjailmiahsiswacenderungmengalamipeningkatanantarasiklusI(60%)dansiklusII(90%).PeningkatanjugaterlihatpadarerataketerampilankerjailmiahsiswaantarasiklusI(6593)dansiklusII(7815).PersentaseketuntasanhasilbelajarbiologisiswajugacenderungmengalamipeningkatanantarasiklusI(60%)dansiklusII(100%).ReratahasilbelajarbiologisiswajugamengalamipeningkatanantarasiklusI(6563)dansiklusII(835).iBerdasarkanhasilpenelitianmakadapatdikatakanbahwapenerapanstrategipembelajarankooperatifGroupInvestigation(GI)denganpendekatanSains-Lingkungan-Teknologi-Masyarakat(Salingtemas)dapatmeningkatkanketerampilankerjailmiahdanhasilbelajarsiswakelasXSMAMuhammadiyah1MalangdalampembelajaranBiologi.Sarandaripenelitianiniadalahhendaknyapenelitimemperhatikanalokasiwaktuyangdigunakanagarpelaksanaanpembelajaranberlangsungsecaraefisiendanpenelitianinidapatdijadikanbahanpertimbanganbagigurubidangstudiataupunpenelitiyanglainuntukmenerapkanmodeldanpendekatantersebut.