Pengembangan pembelajaran ekosistem dan perubahan lingkungan berbasis masalah dan potensi lokal magrove Kebundadap Timur Sumenep untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, keterampilan proses sains, dan sikap lingkungan siswa SMA / Irani Lailatul Badria
Main Author: | Badria, Irani Lailatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/254884/ |
Daftar Isi:
- nbsp Pendidikan di abad ke-21 diharapkan dapat mencetak lulusan yang berkualitas dan siap menghadapi tantangan. Tantangan pembelajaran Abad Ke-21 menuntut keterampilan yang berorientasi pada proses seperti kerja tim fleksibilitas dan pemecahan masalah. Keterampilan abad ke-21 menjadi keterampilan yang wajib harus dikembangkan kepada peserta. Untuk menanggulangi tantangan ini yaitu mengembangkan keterampilan abad ke-21 kepada peserta didik. Berdasarkan temuan di lapangan salah satu keterampilan abad ke-21 yaitu keterampilan berpikir kritis masih berada dalam kategori kurang kritis keterampilan proses sains dan sikap lingkungan belum menjadi fokus utama tujuan pembelajaran. Selain itu pembelajaran yang biasa dilakukan menggunakan pembelajaran langsung diskusi dan presentasi. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan pembelajaran berbasis masalah menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah dan potensi lokal mangrove. nbsp Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan rancangan model dan bahan pembelajaran ekosistem dan perubahan lingkungan berbasis masalah dan potensi lokal mangrove yang valid dan praktis dan (2) menguji keefektifan rancangan model dan bahan pembelajaran terhadap keterampilan berpikir kritis keterampilan proses sains dan sikap lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadaptasi model ADDIE (Analyze Design Develop Implement Evaluate) yang memiliki kelebihan setiap nbsp tahapan melakukan evaluasi. Produk yang dikembangkan berupa perangkat pembelajaran (silabus RPP LKS handout dan instrumen penilaian) berbasis masalah dan potensi lokal mangrove Kebundadap Timur-Sumenep. Produk dilakukan validasi kepada ahli pembelajaran ahli materi dan praktisi lapangan sebelum akhirnya diterapkan di kelas eksperimen. Desain implementasi yang digunakan yaitu non-randomized pretest-posttest control group design. Hasil data yang diperoleh berupa hasil validasi uji keterbacaan dan nilai pretest-postest dari tes uraian yang dikembangkan. Kemudian data dianalisis meliputi analisis validasi kepraktisan dan keefektifan produk yang dikembangkan. Analisis keefektifan menggunakan uji anakova satu jalur. Sebelum dilakukan uji anakova data diuji normalitas homogenitas linearitas dan korelasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) rancangan model dan bahan pembelajaran yang dikembangkan valid dan praktis (2) terdapat perbedaan keterampilan proses sains dan sikap lingkungan antara siswa yang diajarkan pembelajaran berbasis masalah dan potensi lokal mangrove dengan siswa yang diajarkan tanpa potensi lokal mangrove. Berdasarkan hasil penelitian sebaiknya dilakukan penelitian lanjutan dilakukan pengembangan pada keterampilan dan potensi lokal yang lain dan penerapan pembelajaran berbasis masalah nbsp dan potensi lokal mangrove menjadi bahan refrensi pembelajaran untuk sekolah di daerah pesisir