Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merujuk Problem Based Learning (PBL) untuk mendukung kemampuan penalaran matematis peserta didik pada materi matriks / Marta Lestari BR Purba

Main Author: Purba, Martha Lestari BR
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2022
Online Access: http://repository.um.ac.id/254771/
Daftar Isi:
  • Latar belakang dilakukan penelitian ini adalah Lembar Kerja Peserta Didik nbsp (LKPD) yang digunakan di SMA Negeri 4 Kota Jambi belum menunjukkan nbsp kegiatan aktif bermakna dan mendukung kemampuan penalaran matematis bagi nbsp peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk nbsp menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Merujuk Problem Based nbsp Learning (PBL) untuk Mendukung Kemampuan Penalaran Matematis Siswa nbsp Kelas XI pada Materi Matriks yang memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) nbsp dengan mengadopsi prosedur 4-D yakni terdiri tahap pendefinisian (define) tahap nbsp perancangan (design) dan tahap perancangan (develop) yang terdiri dari dua ahli nbsp yaitu ahli materi dan ahli desain. Uji coba dilakukan di kelas XI IPA 1 Sesi B nbsp SMA Negeri 4 Kota Jambi Tahun Ajaran 2021/2022 yang berjumlah 17 peserta nbsp didik. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi LKPD (ahli materi dan ahli nbsp desain) lembar praktikalitas LKPD (angket respon pendidik dan peserta didik) nbsp lembar efektivitas LKPD (angket respon peserta didik lembar observasi aktivitas nbsp peserta didik dan tes hasil belajar peserta didik). Semua data yang dikumpulkan nbsp dianalisis kevalidan kepraktisan dan keefektifannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang nbsp dikembangkan dinyatakan valid praktis dan efektif. Hal ini terlihat dari hasil nbsp validasi ahli materi diperoleh 95 24% (sangat valid) hasil validasi ahli desain nbsp diperoleh 98 00% (sangat valid) hasil angket respon pendidik diperoleh 99 05% nbsp (sangat praktis) hasil angket respon peserta didik diperoleh 91 27% (sangat nbsp praktis) lembar observasi aktivitas peserta didik diperoleh 100 00% (sangat nbsp efektif) serta tes hasil belajar peserta didik diperoleh 83 76% (sangat efektif).A