Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis problem based learning pada materi sistem persamaan linier dua variabel. / Dyah Anita
Main Author: | Anita, Dyah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2022
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/254769/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan pengamatan peneliti disekolah dimana lebih dari 50% peserta didik merasa belum mengerti dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaaan linier dua variabel (SPLDV). Oleh karena itu guru harus merencanakan suatu pembelajaran matematika yang menarik dan bermakna untuk menyelesaikan permasalahan peserta didik terkait masalah dalam memecahkan masalah-masalah matematika khususnya pada materi SPLDV. Salah satunya dengan menggunakan bahan ajar yang dapat membantu pembelajaran peserta didik yaitu lembar kerja peserta didik atau yang biasa disingkat LKPD. LKPD yang digunakan oleh peserta didik saat ini masih belum mampu mengajak peserta didik beraktivitas dengan aktif dan kreatif dalam memecahkan permasalahan-permasalahan yang ada pada soal matematika. Selain bahan ajar yang mendukung dalam pembelajaran matematika harus dibarengi dengan model pembelajaran yang mampu mengasah kreativitas peserta nbsp didik dalam menemukan hingga memecahkan suatu permasalahan yaitu model pembelajaran problem based learning. Problem based Learning bisa membuat peserta didik untuk belajar secara berkelompok atau individu serta mencari solusi dari permasalahan dunia nyata. Berdasarkan uraian diatas maka perlu dikembangkan LKPD berbasis problem based learning pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah - langkah pengembangan LKPD berbasis problem based learning pada materi sistem persamaan dua variabel dan juga untuk mengetahui kevalidan kepraktisan dan keefektifan LKPD berbasis problem based learning pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research amp Development) model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Pengambilan data penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Bendo Magetan terhadap peserta didik kelas X MM 2 yang berjumlah 30 orang. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi lembar kepraktisan serta angket respon peserta didik Hasil penelitian ini berupa LKPD berbasis problem based learning yang valid praktif dan efektif. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian LKPD dikatakan valid dengan berpatokan pada tabel kriteria kevalidan dengan nilai 3 38 kemudian dikatakan praktis dengan melihat angket respon peserta didik terhadap LKPD 57 14% sangat valid dan 42 85% positif yang menyukai belajar menggunakan LKPD berbasis problem based learning. Kemudian dikatakan efektif dengan melihat hasil tes peserta didik yang berjumlah 30 orang yaitu 26 orang dikataan tuntas dan 4 orang dikatakan tidak tuntas. nbsp nbsp