Analisis kesesuaian buku-buku biologi SMU kelas II dengan kurikulum 1994 yang disempurnakan / oleh Silvia Devi Siswoyo

Main Author: Siswoyo, Silvia Devi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2006
Online Access: http://repository.um.ac.id/25350/
Daftar Isi:
  • KurikulumadalahrencanaataupngaturanyangdibuatuntukmencapattujuantrtentudalampelaksanaannymaelibatkanberbagaipihakdanttdakhanyamengaturkegiatanbelajarmengajardisekolahtapijugamengatursemuakegiatansekolahK.urikulumbersifatdinamisartinyaselaluberubahsesuadienganperkembanganzamanK.urikulumdiIndonesiajugatelahmengalamibeberapaperubahanmisalnyadarikurikulumtahun1975menjadikurikulumtahun1984kemudiankurikulumtahun1984menjadikurikulum1994dankurikulum1994diper-baikidengansuplemen1999.Suplemen1999dipergunakanuntukmereviksuiriku-lum1994denganadanyaperbaikaninihendaknyadibarengiolehsemuapihakyangberkecimpungdalamduniapendidikanmisalnyaolelrpenerbitbukupelajaran.Penelitianinididasarkanatasadanyabeberapabukupelajaranpenunjangyangsampuldepannyasudahtertuliskanberdasarkankurikulumyangberlakunamunisibukuitukurangmengakomodasitargetminimalyangdiharapkanolehkurikulum.Tujuanyangingindicapaipadapenelitianiniadalahunhrkmengetahukiesesuaianbuku-bukubiologiSMUkelasIIdengankurikulum1994yangdisempurnakandalamhall)uraianmateripelajaran2)jenisdanproporsiketerampilanprosespadakegiatansiswa3)keterlibatansiswaterhadapgambardanbaganyangterdapatdalammasing-masingbukupelajaran.Penelitianinitermasukpenelitiandeskriptif.SubyekdalampenelitianiniadalahtigabukupelajaranterbitanGrafindoErlanggadanGaneca.Prosespengumpulandatadilakukandengancaramembandingkankesesuaianisibukupelajarandenganindikator-indikatorkesesuaianyangtelahdisusundanmencatatnyapadatabeldata.AnalisisdatauntukkesesuaianuraianmateridenganGBPPkurikulumdanpersentaseketerampilanprosesdenganmenggunakantingkatanalisispersentas(TAP).SedangkanuntukmengetahubiesarnyaketerlibatansiswaterhadapgambardanbagandtanalisisdenganmenggunakarnumusTKSGdariPoedjiadi(1986).HasilpenelitianpemperlihatkanbahwapersentasekesesuaianmateribukupelajaranterbiianGrafindo(955o/o)Erlangg(9a79o/od)anGaneca(97o/o)J.enisketerampilanprosesyangdikembangkanpadaketigabukupelajaranyangditelitiadalahobservasiklasifikasimengukurkomunikasipengambilankesimpulandanprediksisedangkanpadabukuterbitanGanecamemuatsatuketerampilanprosesterintegrasiyaituinvestigasi.Padakegiatansiswayangterdapatdalambukupelajaranyangditelitisudahmemuatketerampilanprosesnamunterbataspadaketerampilanprosesdasarsaja.BilaketerampilanprosestersebutdibandingkandengantabelacuandariSemiawan(1987)pkdeaatdneBarkaaemrtbepardialaamrpnrproitlsarepntsrroei1srien]sjlteeenigliirhspaiulurirgitukbpuadrhaiifwnpapeennlateinmngtbakialskettanktveardgordoiknrsgeindahkhusduasnnvat.rruutungambadranbapn(KSG)sebesar(oojuntututttitucnnoorirlrruterhadap-(ooijtudyd1aaibnn6abgindtaldigteialnrlnlyigataikbnnaedqgnrecdsaniibfgdaeoaatrttnniaok(tr0aeitnte0a.ar9ct)uuaanusntoeumdkbiikpuiostkeuatkeaiurlkbiaeitititasensrG6liu)amanteaascknlaasBb.wiilsaaoadhaiarkasamitlTaKknaLSbnGaathieawrmsagbeaubmkuutbardpdieitreleadrjbaiDtikrtaakarnaynipppnaaaenddngaaaessklaaitaaaianpbttidnneeiigrrdnluaibhnkeaatnrrklraaaykpknoauukrrkaaebiwknnhiussikialsmurwnlueramemdbabena/dtasnanitcspugaaalkotmsonegmermnrpupebutamennnatdusrickinm.adgneeknnabggnuaaknbnuauylakisunbyigusaknug