Studi pelaksanaan evaluasi hasil belajar biologi di SMU negeri se-kabupaten Pamekasan Madura / oleh Siti Kamariyah
Main Author: | Kamariyah, Siti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2007
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/25318/ |
Daftar Isi:
- Evaluasihasilbelajaradalahsuatukegiatanterencanauntukmengetahuhiasilyangdicapaianakdidiksetelahmengalampirosesbelajarmengajapradasuatujangkawaktutertentudenganmenggunakansuatuinstrumendanhasilnyadibandingkandengansuatutolakukuruntukmemperolehkesimpulan.Dalamduniapendidikanperananevaluasisangatpenting.Makaevaluasiharusdilalrukandenganbenar.TujuanpenelitianiniadalahmengetahupielaksanaanevaluasihasilbelajarbiologidiSMUNse-KabupatenPamekasanMaduraprosedurataulangkah-langkahyangditempuholehgurubiologidalammelaksanakaenvaluashiasilbelajaraspek-aspekyangdiukurjenisjenisevaluasyiangdigunakanprinsipprinsippenilaiarLcarapelaksanaantesdidalamkelasdankendalayangdihadapigurubiologi.Penelitianinimerupakanpenelitiandeskriptif.PenelitianinidilaksanakandiSMUNse-KabupatenPamekasanMadura.Subyekpenelitianiniadalahsemwrgurupengajatretapbidangstudibiologiyangbeumlah15orang.Instrumenpengumpuldatadalampenelitianinimenggunakanangketyangberisipertanyaan-pertanyaan.Datadiolahdandianalisisdenganmenggunakantehnikanalisisprosentase.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa.(l)gurubiologimelaksanakanevaluashiasilbelajarsesuadienganlangkah-langkaehvaluashiasilbelajar.(2).gurubiologitelahmelaksanakanevaluasihasilbelajardenganlangkqh-langkahevaluasihasilbelajaryangbaikmeskipunhanya2Yogurubiologimenggunakantekniknontns1333o/koisi-kisisoaldibuatsetelahsoaldiberikandanwaktupembuatansoalkurangbegitudiperhatikan(3)gurubiologitelahmengukursemuaranah(kogaitifafektifdanpsikomotor)meskipunsebagiankeciltidakmengukurketigaranahtersebut(.a)gurubiologitelahmenggunakanjeniesvaluashiasilbelajardenganbaik.(5)gurubiologitelahmenerapkapnrinsipprinsipevaluashiasilbelajardenganbaik.(6)gurubiologitelahmelaksanakancaratesyangbailqdan(7).gurubiologimengalamikendaladalammelaksanakanevaluasihasilbelajarsiswa.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisarankan(.1)untukmengukurevaluasihasilbelajarhendaknyadigunakanberbagaimacamteknikdanbentuksoal.(2)kisikisisoalhendaknyadibuatsebelumsoaldibuat.(3)dalammengorekssioalobyektifmenggunakankuncijawabanyangberupalembarjawabanyangdilubangiagarlebihmudahdancepat.(4)dalammengoreksisoalessaidengancaradikoreksinomorpernomoragarpenilaiannyalebihbersifatobjektif.(5)untukpenelitianselanjutnyadapatmelakukanpenelitiandengancaramembandingkanantarKabupaten.