Pengembangan instrumen penilaian materi sistem ekskresi dan sistem reproduksi kelas XI SMAN 01 Sumberpucung Kabupaten Malang / Stevany Dea Shima

Main Author: Shima, Stevany Dea
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/25240/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKShimaStevanyDea.2018PengembanganInstrumenPenilaianMateriSistemEkskresidanSistemReproduksiSiswaKelasXISMAN1SumberpucungKabupatenMalang.SkripsiJurusanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.TriastonoImamPrasetyoM.Pd(II)Dra.NursashiHandayaniM.SiKataKunciInstrumenPenilaianBiologiSMAkelasXISistemEkskresiSistemReproduksiPenilaianprosesbelajaradalahpenilaianyangdigunakansebagaisaranamenemukankelebihanataupunkelemahandariprosespembelajaran.Penilaiandigunakanuntukmengetahuikompetensiyangdimilikisiswa.Kompetensisiswadiukurdenganmenggunakansuatuinstrumenpenilaianyangberkualitas.Penelitianinidilakukankarenasekolahbelummelakukanteknikpenilaianyangtervalidasibaikvalidasilogisdanvalidsiempirik.Penelitianinimengembangkantespilihangandasebanyak40soalyangmengcangkupmaterisistemekskresidansistemreproduksi.Penelitianinibertujuanuntukmenghasilkanprodukinstrumenpenilaianyangtelahdiujivalidasilogisdanvalidasiempirik.PenilitianpengembanganinimenggunakanmodelpengembanganADDIEyangdikembangkanolehBranch(2009)meliputi(1)Analyze(2)Design(3)Develop(4)Implementdan(5)Evaluate.UjicobaprodukdilakukandiSMAN1SumberpucungKabupatenMalangsebanyak2kaliyaituujicobalapanganawalsebanyak12siswadanujicobaprodukutamasebanyak98siswa.Pengumpulandatadiperolehdarihasildatavalidasiahlievaluasiahlimateridanpraktisilapangansertahasilujicobalapangandanujicobaprodukutamadianalisisdengankualitatifdankuantitatif.Berdasarkanhasilujikevalidaninstrumenpenilaiansoalpilihangandadariahlievaluasiahlimateridanpraktisilapangandisimpulkantelahvalid.BerdasarkananalisisprogramITEMANdiperolehhasilujicobalapanganawalpadasoalpilihangandauntuktingkatkesukarankategorisukar40%(16soal)sedang45%(18soal)danmudah15%(6soal).Untukdayabedakategorijelek25%cukup15%baik20%danbaiksekali625%.Untukanalisispengecohpilihanjawabanberfungsipengecohsebanyak100%.Untukanalisisvalidasikonstrukdiperolehhasilsoalsesuaidenganindikatorsoal.Sedangkanvalidasiisidiperolehhasilsesuaidenganmateri.Berdasarkanhasilujicobaprodukutamasoalpilihangandauntuktingkatkesukaransoalmudah275%soalsedang375%dansoalsukar35%.Untukdayabedajelek5%cukup5%baik225%danbaiksekali675%.Realibilitasinstrumenpenilaiantergolongsangattinggidengannilai0914.Untukanalisispengecohvalidasikonstrukdiperolehhasilsesuaidenganindikatorkompetensidanindikatorsoal.Sedangkanvalidasiisidiperolehhasilinstrumensesuaidenganmateri.Saranyangbisadiberikanyaituinstrumendapatdigunakanolehgurupelajaranbiologinamunperlumengkajiulangvalidasiempirikdanvalidasilogiskarenaperbaikansoalharusdilakukanberulang-ulangagarmendapatkansoalyangvalid.