Penerapan project based learning untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas VIII-B SMP plus hidayatul mubtadi'in Singosari tahun pelajaran 205/2016 / Octia Mulyawanti
Main Author: | Mulyawanti, Octia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/25218/ |
Daftar Isi:
- iABSTRAKMulyawantiOctia.2016.PenerapanProjectBasedLearninguntukMeningkatkanKeterampilanProsesSainsSiswaKelasVIII-BSMPPlusHidayatulMubtadiinSingosariTahunPelajaran2015/2016.Skripsi.ProgramStudiS1PendidikanBiologi.JurusanBiologi.FMIPA.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.HerawatiSusiloM.Sc.Ph.D.(II)Dra.SunarmiM.Pd.KataKunciProjectBasedLearningketerampilanprosessains.BelajarIPAberdasarkanlampiranPermendiknasNo.22tahun2006bukanhanyapenguasaankonseptetapijugamerupakanprosespenemuan.Prosespembelajaranmenekankanpadapemberianpengalanmanlangsungmelaluipenggunaandanpengembanganketerampilanproses.Tujuannyayaituuntukmemperolehpemahamanyanglebihmendalam.HasilbelajaryangdiperolehdidalammempelajariIPAbukanhanyapengetahuanmelainkanjugaketerampilanproses.Faktayangditemukandilapanganpadakegiatanobservasitanggal9Agustusdan3Oktobertahun2015keterampilanprosessiswakelasVIII-BSMPPlusHidayatulMubtadiinmasihsangatrendah.BerdasarkanpengamatanyangdilakukansiswamasihbelumdapatmerumuskanmasalahbesertahipotesisdenganbenarberdasarkanfenomenayangdiberikanolehgurupadaKD1.1dan1.4.Siswajugabelummemahamicaramelakukananalisisdanmenjabarkannyadalampembahasanberdasarkandatayangdimiliki.Kesimpulanyangdirumuskanolehsiswamasihbelumsesuaidenganrumusanmasalahmaupunhipotesis.SolusiyangdipilihuntukmengatasipermasalahantersebutadalahdenganmenerapkanProjectBasedLearning(PjBL).KegiatanpembelajarandenganPjBLberpusatpadasiswamelaluikegiatanproyekyangmenghasilkanprodukdiakhirkegiatannya.TahappembelajarandidalamPjBLyaituperencanaanimplementasidanpengolahanmembutuhkanprosesinvestigasi.Prosestersebutterdiridariaktivitaseksplorasimemecahkanmasalahmengambilkeputusanmenelitimenilaimenginterpretasidanmensintesisinformasimelaluicarayangbermakna.Siswajugadilatihuntukmengkomunikasikandanmembuatdokumentasikaryadarihasilproyeknya.PendekatanyangdigunakandalampenelitianyaitupendekatankualitatifdenganjenispenelitianyangdigunakanPenelitanTindakanKelas(PTK).PenelitianTindakanKelasyangdilakukandengantigasiklusterdiridariempattahapanyaituperencanaanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.SubjekdankancahpenelitianyaitusiswakelasVIII-BSMPPlusHidayatulMubtadiinSingosari.PenelitianTindakankelasdilaksanakanuntukmeningkatkanketerampilanprosessainssiswakelasVIII-BpadaKD2.22.3dan2.4melaluipenerapanProjectBasedLearning.Pelaksanaanpenelitiandilaksanakansecaraberkelanjutandenganmemperhatikanhasilrefleksipadatiapsiklussehinggadiadakanperbaikanpadasiklusberikutnya.iiHasilpenelitianmenunjukkanbahwaProjectBasedLearningdapatmeningkatkanketerampilanprosessains.BerdasarkandatayangadaterjadipeningkatanketerampilanprosessainsdarisiklusImenujuIIdansiklusIImenujusiklusIII.PersentasererataketerampilanprosessainspadasiklusIsebesar51%naikmenjadi69%padasiklusII.Peningkatanyangterjadisebesar18%inikembalimengalamipeningkatansebesar16%padasiklusIIIyaitu85%.Hasilprodukyangdihasilkandalamprosespembelajaranberupalaporanproyekdanposter.Keduaprodukyangdihasilkandapatjugadigunakanuntukmengamatiketerampilanprosessainsmelaluiindikatorpenilaianyangmemuatbeberapaketerampilanprosesdidalamnya.Penilaianproduksiswamenunjukkanadanyapeningkatanyangsiginfikanyaitu69%untuklaporanproyekdan80%untukposter.Keterampilankomunikasisiswadalammempresentasikanproyekjugamenunjukkanadanyapeningkatansebesar73%.PelaksanaanProjectBasedLearningdidalampembelajaranmenemukanbeberapapermasalahanyangperludiperhatikanpadapenelitian-penelitianlainberikutnya.Permasalahanyangdimaksudyaituwaktuyangdibutuhkandalamprosespelaksanaandandokumentasicukupbanyak.Siswayangbelumterbiasamelakukanpembelajarandenganproyekakanmengalamikesulitandalammerencanakanmelaksanakandanmenyelesaikanproyek.Perangurudiperlukandalammembimbingdanmengarahkansiswaselamakegiatanpembelajaran.GuruperluberkolaborasiataumengarahkanlangsungsiswautamanyadalammerumuskanmasalahmenyediakanalatdanbahandanmembuatprodukterutamajikapembelajarandenganProjectBasedLearningditerapkanpadasiswaSMP.