Pengembangan perangkat pembelajaran inkuiri berbasis tambak air tawar untuk meningkatkan pemahaman konsep, keterampilan proses sains dan sikap peduli lingkungan siswa / Vilda Rima Aulia Zahroh

Main Author: Zahroh, Vilda Rima Aulia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/25200/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKZahrohVildaRimaAulia.2017.PengembanganPerangkatPembelajaranInkuiriBerbasisTambakAirTawaruntukMeningkatkanPemahamanKonsepKeterampilanProsesSainsdanSikapPeduliLingkunganSiswa.SkripsiJurusanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.IbrohimM.Si(II)Dr.SuebM.Kes.KataKunciperangkatpembelajaraninkuiriberbasistambakairtawarpemahamankonsepketerampilanprosessainssikappedulilingkunganPembelajaranIPAmateriekosistemdiMTsN2Lamonganbelumdikembangkandenganperencanaanpembelajaranmenggunakansumberbelajarpotensilokalyangadayaknitambakairtawar.Perangkatpembelajaranyangdisusunbelumdiarahkanberdasarkankarakteristikmateriajardansiswasehinggabelummampumengembangkanpemahamankonsepketerampilanprosessainsdansikappedulilingkungansiswa.Salahsatusolusiuntukmengatasipermasalahantersebutialahdenganmenyusunperangkatpembelajaransesuaidengankarakteristikyangada.PenelitianolehIbrohim(2015)menyimpulkanbahwamelaluipembelajaranyangmemanfaatkansumberbelajarataubahanajaryangdiambildarikontekslingkungansekitarataupotensilokalyangeratdengankehidupansiswaakanmenjadikanpembelajaransiswamenjadilebihbermakna.Tujuanpenelitianiniuntukmenghasilkanprodukberupaperangkatpembelajaraninkuiriterbimbingberbasistambakairtawaryangmemenuhikriteriavalidpraktisdanefektif.Metodepenelitianyangdigunakanmerupakanpenelitianpengembanganyaknimodel4DolehThiagarajan(1974)namunpenelitianinidibatasisampaipadatahapDisseminatesubtahapsummativeevaluation.Validasidilakukanolehvalidatorahlidesainperangkatpembelajaranahlimateridanpraktisilapangan.Sedangkanujipengembanganmeliputiujikelompokkecildanujikelompokutamauntukmengetahuikeefektivanperangkatpembelajaran.HasilujikevalidanterhadapsilabusRPPLKShand-outdaninstrumenpenilaianberturut-turutsebesar9883%9653%9708%9322%dan866%sehinggakeseluruhanperangkatpembelajaranyangdikembangkanmemenuhikriteriasangatvalid.KepraktisanperangkatmenunjukkanbahwaperangkatpembelajaransangatpraktisuntukdigunakanberdasarkanangketketerbacaanLKSdanhand-outsertaketerlaksanaanpembelajarandidapatrerataskorberturut-turutsebesar8911%8578%dan9225%.UjikeefektifanperangkatpembelajaranmenggunakanQuadesrankanalysisofcovariancekarenadatayangdiperolehtidaknormaldantidakhomogen.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwanilaip945(945005)yangberartibahwaadaperbedaanpemahamankonsepketerampilanprosessainsdansikappedulilingkunganantarasiswayangdibelajarkandenganpembelajaraninkuiriberbasistambakdengansiswayangmenggunakanpembelajaranmodelkooperatif.Saranpengembanganlebihlanjutyakniperlumengembangkanlagiperangkatpembelajarandenganpotensilokaldaerahyanglain.