Pengembangan perangkat pembelajaran inkuiri berbasis tambak air tawar untuk meningkatkan pemahaman konsep, keterampilan proses sains dan sikap peduli lingkungan siswa / Vilda Rima Aulia Zahroh
Main Author: | Zahroh, Vilda Rima Aulia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/25200/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKZahrohVildaRimaAulia.2017.PengembanganPerangkatPembelajaranInkuiriBerbasisTambakAirTawaruntukMeningkatkanPemahamanKonsepKeterampilanProsesSainsdanSikapPeduliLingkunganSiswa.SkripsiJurusanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.IbrohimM.Si(II)Dr.SuebM.Kes.KataKunciperangkatpembelajaraninkuiriberbasistambakairtawarpemahamankonsepketerampilanprosessainssikappedulilingkunganPembelajaranIPAmateriekosistemdiMTsN2Lamonganbelumdikembangkandenganperencanaanpembelajaranmenggunakansumberbelajarpotensilokalyangadayaknitambakairtawar.Perangkatpembelajaranyangdisusunbelumdiarahkanberdasarkankarakteristikmateriajardansiswasehinggabelummampumengembangkanpemahamankonsepketerampilanprosessainsdansikappedulilingkungansiswa.Salahsatusolusiuntukmengatasipermasalahantersebutialahdenganmenyusunperangkatpembelajaransesuaidengankarakteristikyangada.PenelitianolehIbrohim(2015)menyimpulkanbahwamelaluipembelajaranyangmemanfaatkansumberbelajarataubahanajaryangdiambildarikontekslingkungansekitarataupotensilokalyangeratdengankehidupansiswaakanmenjadikanpembelajaransiswamenjadilebihbermakna.Tujuanpenelitianiniuntukmenghasilkanprodukberupaperangkatpembelajaraninkuiriterbimbingberbasistambakairtawaryangmemenuhikriteriavalidpraktisdanefektif.Metodepenelitianyangdigunakanmerupakanpenelitianpengembanganyaknimodel4DolehThiagarajan(1974)namunpenelitianinidibatasisampaipadatahapDisseminatesubtahapsummativeevaluation.Validasidilakukanolehvalidatorahlidesainperangkatpembelajaranahlimateridanpraktisilapangan.Sedangkanujipengembanganmeliputiujikelompokkecildanujikelompokutamauntukmengetahuikeefektivanperangkatpembelajaran.HasilujikevalidanterhadapsilabusRPPLKShand-outdaninstrumenpenilaianberturut-turutsebesar9883%9653%9708%9322%dan866%sehinggakeseluruhanperangkatpembelajaranyangdikembangkanmemenuhikriteriasangatvalid.KepraktisanperangkatmenunjukkanbahwaperangkatpembelajaransangatpraktisuntukdigunakanberdasarkanangketketerbacaanLKSdanhand-outsertaketerlaksanaanpembelajarandidapatrerataskorberturut-turutsebesar8911%8578%dan9225%.UjikeefektifanperangkatpembelajaranmenggunakanQuadesrankanalysisofcovariancekarenadatayangdiperolehtidaknormaldantidakhomogen.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwanilaip945(945005)yangberartibahwaadaperbedaanpemahamankonsepketerampilanprosessainsdansikappedulilingkunganantarasiswayangdibelajarkandenganpembelajaraninkuiriberbasistambakdengansiswayangmenggunakanpembelajaranmodelkooperatif.Saranpengembanganlebihlanjutyakniperlumengembangkanlagiperangkatpembelajarandenganpotensilokaldaerahyanglain.