Pengembangan lembar kegiatan siswa berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem ekspresi untuk siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Singosari / Sri Wahyuni Umar Lepaleng

Main Author: Lepaleng, Sri Wahyuni Umar
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/25175/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKLepalengSriWahyuniUmar.2017.PengembanganLembarKegiatanSiswaBerbasisInkuiriTerbimbingpadaMateriSistemEkskresiuntukSiswaKelasXIdiSMANegeri1Singosari.Skripsi.JurusanBiologiProgramStudiPendidikanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam.Pembimbing(1)Drs.MasjhudiM.Pd(2)SitiImroatulMaslikahS.SiM.Si.KataKunciPengembanganLKSInkuiriTerbimbingSistemEkskresi.HasilwawancaradenganguruBiologidiSMAN1Singosaripadatanggal20Januari2017menunjukkanbahwabahanajaryangdigunakandisekolahialahLembarKegiatanSiswa.LKSmasihterdapatkekurangandanketidaksesuaiandenganKurikulumkebutuhandankondisisiswa.HasilwawancarajugadiketahuibahwaSistemEkskresimerupakansalahsatumateriyangsulitbagisiswaterlihatdarinilaiketuntasanbelajarklasikalkelasXIIPA2tahunajaran2015/2016sebesar70%.UpayayangdapatdilakukanuntukmengatasimasalahtersebutialahmengembangkanLKSberbasisinkuiriterbimbingpadamateriSistemEkskresisehinggamendukungkegiatanpembelajaran.Penelitianinibertujuanuntuk1)menghasilkanprodukLembarKegiatanSiswaberbasisInkuiriTerbimbingpadamateriSistemEkskresiuntuksiswakelasXIdiSMANegeri1Singosari2)mengetahuikelayakanprodukLembarKegiatanSiswaberbasisInkuiriTerbimbingpadamateriSistemEkskresiuntuksiswakelasXIdiSMANegeri1Singosari3)mengetahuikepraktisanprodukLembarKegiatanSiswaberbasisInkuiriTerbimbingpadamateriSistemEkskresiuntuksiswakelasXIdiSMANegeri1Singosaridan4)mengetahuikeefektifanprodukLembarKegiatanSiswaberbasisInkuiriTerbimbingpadamateriSistemEkskresiuntuksiswakelasXIdiSMANegeri1Singosari.Penelitiandanpengembanganinimenggunakanmodel4D(definedesigndevelopdandisseminate)yangdikembangkanThiagarajandkk.(1974)tetapipengembanganLKSinihanyasampaitahap3D(Develop).Dataujicobaprodukterdiridaridatakuantitatifdankualitatif.DatakuantitatifdiperolehdariskorhasilvalidasiLKSskorangketujikepraktisanskorhasilujikompetensidanlembarobservasi.Datakualitatifberupasarandankomentardarivalidatordansiswa.HasilvalidasiLKSolehahlimateriadalahsebesar9444%dengankriteriasangatvalidhasilvalidasiolehahlipengembanganbahanajarsebesar9172%dengankriteriasangatvaliddanhasilvalidasiolehahlipraktisilapangansebesar9325%dengankriteriasangatvalid.HasilujikepraktisanLKSyangdiperolehdariangketresponssiswasebesar9610%dengankriteriasangatpraktis.HasilujikeefektifanLKSyangdiperolehdariketuntasanbelajarklasikalsebesar100%dengankriteriaefektif.