Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII A SMP Brawijaya Smart School Malang Jawa Timur / Nadhia Kirana Dias

Main Author: Dias, Nadhia Kirana
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/25137/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKDiasNadhiaKirana.2016.PenerapanModelPembelajaranProblemBasedLearninguntukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarSiswaKelasVIIASMPBrawijayaSmartSchoolMalangJawaTimur.SkripsiJurusanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.SunarmiM.Pd.(2)Dra.AmyTenzerM.S.KataKunciPBLmotivasibelajarhasilbelajar.BerdasarkanhasilobservasidikelasVIIASMPBrawijayaSmartSchoolMalangpada4Maret2016didapatkanfaktabahwaketuntasanbelajarklasikalpenge-tahuansiswapadamaterisuhudanpemuaiannyahanya57%motivasisiswajugamenunjukkanaspekattentionsiswasebesar504%relevance552%confidence498%dansatisfaction514%.Untukitudiperlukanalternatifmodelpembelajaranyangtepatuntukmemperbaikimotivasidanhasilbelajarsiswa.Penelitianiniber-tujuanuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswakelasVIIASMPBrawi-jayaSmartSchoolMalangmelaluipenerapanmodelpembelajaranPBL.Jenispene-litianiniadalahpenelitiantindakankelas(PTK)dengantahapanperencanaantindak-anpelaksanaantindakanobservasitindakandanrefleksi.Penelitianinimengguna-kanmateripencemaranlingkungandanpemanasanglobaldengandatayangdikum-pulkandalampenelitianiniyaituketerlaksanaanpembelajarandenganinstrumenlembarobservasiketerlaksanaanpembelajaranPBLolehgurudansiswamotivasibe-lajarsiswadenganinstrumenlembarobservasidanangketsiswahasilbelajarsiswapengetahuansiswadenganinstrumentesakhirsiklushasilbelajarsikapdenganinst-rumenlembarobservasisikapdanhasilbelajarketerampilandenganlembarobser-vasiketerampilan.HasilpenelitianmenunjukkanbahwamotivasibelajarsiswadanhasilbelajarsiswadarisiklusIkesiklusIImengalamipeningkatan.Motivasibelajarsiswaber-dasarkanobservasirata-ratasemuaaspekmeningkatdari819%padasiklusImenjadi943%disiklusIIdanberdasarkanangketrata-ratasemuaaspekmeningkatdari691%disiklusImenjadi743%disiklusII.Hasilbelajarpengetahuanmeningkatdari809%padasiklusImenjadi100%padasiklusIIhasilbelajarsikapsiswame-ningkatdari809%padasiklusImenjadi952%padasiklusIIsertahasilbelajarke-terampilanpadasiklusIdanIItetap100%.KesimpulanPBLdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa.Saranyangdapatdiajukandarihasilpenelitianinisebagaiberikut(1)PBLadalahpembe-lajaranmemberdayakansiswauntukberpikirtingkattinggidenganprosespemecahanmasalahyangkomplekssehinggamembutuhkanbanyakwaktudalampenerapannyaolehkarenaituguruyangmemilihmemakaiPBLharuspandaimengelolawaktu(2)Pengelolaankelasagarlebihdiperhatikanlagiterkaitdenganmanajemenwaktudanpengkondisiansiswaagarkonsentrasidanperhatiansiswatetapdariawalsampaiakhirpembelajaran.