Pengembangan modul pembelajaran biologi berbasis Reading, Questioning and Answering (RQA) untuk siswa SMA kelas XI pada materi sistem ekskresi/ Nurul Ika Noviyanti
Main Author: | Noviyanti, Nurul Ika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/25124/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKNoviyantiNurulIka.2016.PengembanganModulPembelajaranBiologiBerbasisReadingQuestioningandAnswering(RQA)untukSiswaSMAKelasXIpadaMateriSistemEkskresi.SkripsiJurusanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.SusriyatiMahanalM.Pd(2)NuningWulandariS.SiMSi.KataKuncipengembanganmodulpembelajaranbiologisistemekskesiRQApenelitiandanpengembangan.PengembanganModulpembelajaranbiologiinididasariolehkurangnyasumberbelajarpenunjangmateriSistemEkskresidiSMALaboratoriumUM.SumberbelajaryangdigunakansiswakelasXIadalahbukupaketKTSPyangtidakmemadaisiswabelajarsecaramandiridanLKSyangdigunakancenderungtidakmenarik.SulitnyamateridankurangtersedianyabukupenunjangdapatmempengaruhirendahnyapemahamansiswatentangmateriSistemEkskresi.Ketidakpahamansiswatersebutmencakupstrukturanatomiginjalmekanismefisiologiginjalpenyakitdangangguanpadasistemekskresi.TujuanpenelitianiniadalahmenghasilkanprodukberupamodulPembelajaranBiologipadamateriSistemEkskresiberbasisRQAyangdisesuaikandengankurikulum2013dankebutuhansiswaSMA/MAkelasXIyangtervalidasi.Penelitiandanpengembanganinimenggunakanmodel4-D(DefineDesignDevelopandDisseminate)olehThiagarajandkk.(1974)tetapipengembanganmodulinihanyasampaitahap3-D.KualitasIsimaterimodulinidivalidasiolehahlimateridarijurusanbiologiUniversitasNegeriMalang.KualitasmediapembelajaranmodulinidivalidasiolehahlipengembangandarijurusanbiologiUniversitasNegeriMalang.Modulinijugadivalidasiolehgurubiologiselakupraktisilapangandantelahdiujicobakankepada15siswaSMALaboratoriumUM.HasilvalidasimoduliniolehvalidatorahlimateridariJurusanBiologiFMIPAUMmenunjukkanrata-ratasebesar377.Hasilvalidasiolehahlipengembanganmodulmenunujukkanrata-ratasebesar383danpraktisilapangansebesar358.ReratahasilujikepraktisanterhadapsiswakelasXIdiSMALaboratoriumUMmenunjukkanpersentasesebesar885%dengankriteriasangatpraktisdanhasilpreeksperimenmodulsebesar8337%dengankriteriaefektif.Berdasarkanhasilpengembanganmodulsistemekskresimemilikikriteriasangatvalidsehinggasangatbaikuntukdigunakan.Modulyangdikembangkandiharapkandapatmenjadisumberbelajaralternatifuntukmenunjangkegiatanpembelajaranbiologikhususnyapadamaterisistemekskresi.