Pengembangan modul pembelajaran biologi berbasis Reading, Questioning and Answering (RQA) untuk siswa SMA kelas XI pada materi sistem ekskresi/ Nurul Ika Noviyanti

Main Author: Noviyanti, Nurul Ika
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/25124/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKNoviyantiNurulIka.2016.PengembanganModulPembelajaranBiologiBerbasisReadingQuestioningandAnswering(RQA)untukSiswaSMAKelasXIpadaMateriSistemEkskresi.SkripsiJurusanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.SusriyatiMahanalM.Pd(2)NuningWulandariS.SiMSi.KataKuncipengembanganmodulpembelajaranbiologisistemekskesiRQApenelitiandanpengembangan.PengembanganModulpembelajaranbiologiinididasariolehkurangnyasumberbelajarpenunjangmateriSistemEkskresidiSMALaboratoriumUM.SumberbelajaryangdigunakansiswakelasXIadalahbukupaketKTSPyangtidakmemadaisiswabelajarsecaramandiridanLKSyangdigunakancenderungtidakmenarik.SulitnyamateridankurangtersedianyabukupenunjangdapatmempengaruhirendahnyapemahamansiswatentangmateriSistemEkskresi.Ketidakpahamansiswatersebutmencakupstrukturanatomiginjalmekanismefisiologiginjalpenyakitdangangguanpadasistemekskresi.TujuanpenelitianiniadalahmenghasilkanprodukberupamodulPembelajaranBiologipadamateriSistemEkskresiberbasisRQAyangdisesuaikandengankurikulum2013dankebutuhansiswaSMA/MAkelasXIyangtervalidasi.Penelitiandanpengembanganinimenggunakanmodel4-D(DefineDesignDevelopandDisseminate)olehThiagarajandkk.(1974)tetapipengembanganmodulinihanyasampaitahap3-D.KualitasIsimaterimodulinidivalidasiolehahlimateridarijurusanbiologiUniversitasNegeriMalang.KualitasmediapembelajaranmodulinidivalidasiolehahlipengembangandarijurusanbiologiUniversitasNegeriMalang.Modulinijugadivalidasiolehgurubiologiselakupraktisilapangandantelahdiujicobakankepada15siswaSMALaboratoriumUM.HasilvalidasimoduliniolehvalidatorahlimateridariJurusanBiologiFMIPAUMmenunjukkanrata-ratasebesar377.Hasilvalidasiolehahlipengembanganmodulmenunujukkanrata-ratasebesar383danpraktisilapangansebesar358.ReratahasilujikepraktisanterhadapsiswakelasXIdiSMALaboratoriumUMmenunjukkanpersentasesebesar885%dengankriteriasangatpraktisdanhasilpreeksperimenmodulsebesar8337%dengankriteriaefektif.Berdasarkanhasilpengembanganmodulsistemekskresimemilikikriteriasangatvalidsehinggasangatbaikuntukdigunakan.Modulyangdikembangkandiharapkandapatmenjadisumberbelajaralternatifuntukmenunjangkegiatanpembelajaranbiologikhususnyapadamaterisistemekskresi.