Pengembangan bahan ajar dengan model Problem Based Learning (PBL) berbasis multimedia pada materi sistem ekskresi (KD 3.9 & 4.10) untuk siswa kelas X MIA SMA / Pipit Tri Handayani

Main Author: Tri Handayani, Pipit
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/25114/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKHandayaniP.T.2016.PengembanganBahanAjardenganModelProblemBasedLearning(PBL)BerbasisMultimediapadaMateriSistemEkskresi(KD3.94.10)untukSiswaKelasXIMIASMA.SkripsiJurusanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SusriyatiMahanalM.Pd(II)NuningWulandariS.Si.M.Si.KataKuncipengembanganbahanajarmultimediaPBLsistemekskresiPerkembanganteknologiyangmempengaruhipembelajaransalahsatunyaadalahbahanajar.Bahanajaryangdigunakandalamprosespembelajarandapatdimodifikasisesuaidengankebutuhan.BerdasarkanhasilwawancarayangdilakukanterhadapgurudansiswaterdapatbeberapapermasalahanyangditemukandalamprosespembelajaranmaterisistemekskresidiSMANegeri8Malangyaituprosespembelajaranmasihterpusatpadabukutekskurangnyapemanfaatansaranadanprasaranaterutamateknologiyangadatingkatketuntasansiswa75%dariketuntasanklasikaldanminatsiswayangrendahdalamkegiatanpembelajaran.PenelitianinibertujuanuntukmenghasilkanprodukberupabahanajardenganmodelProblemBasedLearning(PBL)berbasismultimediayangterdiridarimultimediainteraktifdanlembarkerjasiswapadamaterisistemekskresi.Penelitianinimenggunakanmodelpenelitiandanpengembangan4-DyangdikembangkanolehThiagarajandkk.Penelitiandilakukandalamtigatahapanyaitudefine(pendefinisian)design(perancangan)dandevelop(pengembangan).Penelitianinitidakmelakukantahapandisseminate(penyebaran)karenaadanyaketerbatasanwaktudanbiaya.Produkpenelitiandanpengembanganinidivalidasiolehtigavalidatoryangmeliputiahlipendidikanahlimateridanpraktisilapangan.Setelahdiketahuitingkatkelayakanberdasarkanhasilvalidasidilakukanrevisiterkaitdengansarandankomentaryangdiberikanolehvalidator.TahapanselanjutnyaadalahujicobaprodukdalamsatukelasyaitukelasXIMIA4untukmengetahuitingkatkepraktisandantingkatkeefektifanbahanajaryangtelahdikembangkan.Berdasarkanhasilpenelitiandiketahuibahwabahanajarmemilikitingkatvaliditassebesar383dengankriteriavalidtingkatkepraktisansebesar371dengankriteriapraktisdantingkatkeefektifansebesar5444%dengankriteriaefektif.BahanajaryangdikembangkandalampenelitianinidinyatakanlayakuntukdigunakandalamprosespembelajaranBiologiuntuksiswakelasXIpadamaterisistemekskresi.