Pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching (RT) dipadu Think, Talk, Write (TTW) terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar IPA siswa kelas VII tahun ajaran 2015/2016 / Dewa Ayu Swaratri
Main Author: | Swaratri, Dewa Ayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/25105/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSwaratriDewaAyu.2016.PengaruhModelPembelajaranReciprocalTeaching(RT)dipaduThinkTalkWrite(TTW)terhadapKeterampilanMetakognitifdanHasilBelajarIPASiswaKelasVIITahunAjaran2015/2016.SkripsiJurusanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.A.DuranCorebimaM.Pd.(II)Dr.MurniSaptaSariM.Si.KataKunciReciprocalTeachingThinkTalkWriteKeterampilanMetakognitifHasilBelajarIPAPendidikanadalahsuatuhalyangsangatdibutuhkanolehsuatuNegarauntukmembentukgenerasipenerusbangsayangdapatmemajukandanmengembangkankualitasNegara.Selainitupendidikanpadaeraglobalisasidibutuhkandalammenjaminsiswamemilikiketerampilanabadke-21.Salahsatuketerampilanyangdibutuhkansiswaadalahketerampilanmetakognitif.Metakognitifmerupakankesadarandankontrolterhadapprosesberpikir.Beberapapenelitianterdahulumenyatakanbahwagurukurangmemberdayakanketerampilanmetakognitifselamaprosespembelajaranhalinimenyebabkanhasilbelajarsiswamenjadirendah.Langkahyangdapatdiakukanuntukmengatasihaltersebutadalahdenganmengembangkandanmelakukanpeneltianterhadapsuatumodelpembelajaranyangdapatmemberdayakanketerampilanmetakognitifdanmeningkatkanhasilbelajarsiswa.PenelitianinidilaksanakandenganduatujuanyaitutujuanpengembanganuntukmengembangkandanmenyusunmodelpembelajarandanperangkatpembelajaranmodelReciprocalTeaching(RT)danThinkTalkWrite(TTW).TujuanpenelitianuntukmengetahuipengaruhmodelReciprocalTeaching(RT)danThinkTalkWrite(TTW)danpaduannyaterhadapketerampilanmetakognitifdanhasilbelajarsiswa.Penelitianyangdilakukandiawalidenganmengembangkanmodelpembelajarandanperangkatpembelajaran.ProsedurpengembanganmodelpembelajaranRTdipaduTTWmenggunakanmodelPlompsedangkanpengembanganperangkatmenggunakanprosedurmodel4-DThiagarajan.Hasilpengembangandigunakanpadapenelitianeksperimentalsemu(QuasiExperimentalResearch)dengandesainnonequivalentcontrolgroupdesign.Datayangdiperolehberupanilaiketerampilanmetakognitifdanhasilbelajarkognitifmelaluipretestdanpost-testdengan18soaluraianhasilbelajarsikapdanhasilbelajarketerampilan.Instrumenyangdigunakanrubrikketerampilanmetakognitfdanhasilbelajarkognitiflembarobservasisikapdanketerampilan.Analisisdatauntukketerampilanmetakognitifhasilbelajarkognitifdansikapmenggunakananalisiskovarian(anakova)sedangkanhasilbelajarketerampilandianalisissecaradeskriptif.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwaterdapatpengaruhmodelpembelajaranReciprocalTeaching(RT)ThinkTalkWrite(TTW)danperpaduannyaterhadapketerampilanmetakognitifdanhasilbelajarIPAsiswakelasVII.BerdasarkananalisisdatadanpembahasandisarankanbagiguruuntukmenerapkanmodelpembelajaranRTTTWdanperpaduannyauntukdapatmemberdayakanketerampilanmetakognitifdanmeningkatanhasilbelajarsiswa.