Pengembangan modul biologi dengan model POE (Predict-Observe-Explain) pada materi sistem ekskresi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Laboratorium UM / Dianti Wulandari

Main Author: Wulandari, Dianti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/25099/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKWulandariDianti.2016.PengembanganModulBiologidenganModelPOE(Predict-Observe-Explain)padaMateriSistemEkskresiuntukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarSiswaKelasVIIISMPLaboratoriumUM.SkripsiProgramStudiPendidikanBiologiJurusanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.SunarmiM.Pd(II)Drs.MasjhudiM.Pd.KataKuncimodulPOESistemEkskresimotivasihasilbelajarModelPOEdapatmembangunpengetahuanmemotivasidanmeningkatkanpemahamankonsepsainssiswa.BerdasarkanhasilwawancaradenganguruSMPLaboratoriumUMmerupakansekolahyangmenerapkansistemmodul.Namunmodulyangdigunakanbelumdikemassecaramenarikdanbelumadanyagambar/ilustrasiyangmendukungsehinggamotivasibelajarsiswamasihrendahyaituhanyasebesar54%.AkibatnyahasilbelajarsiswajugarendahditunjukkandenganhasilbelajarpadaSistemEkskresiyangmasihsekitar29%siswamemilikinilaidibawahKKM.OlehkarenaitudilakukanpenelitianyangbertujuanuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswamelaluipengembanganmoduldenganmodelPOEpadaSistemEkskresi.Modulinidikembangkandenganmengadaptasi7tahappadamodelpengembanganBorgandGall.Tahapan-tahapantersebutadalahpenelitiandanpengumpulandataperencanaanpengembangandraftprodukawalujicobalapanganawalrevisiprodukutamaujicobalapanganutamadanrevisiprodukoperasional.Datayangdiperolehmeliputidatavalidasidataujicobamotivasidanhasilbelajar.Datavalidasidiukurdenganangketvalidasiolehahlipembelajaranahlimateridanahlipenerapanlapangan.Dataujicobaberupaangketyangdiisiolehsiswa.MotivasibelajardiukurdenganmenggunakaninstrumenyangdikembangkanolehJohnKelleryaituARCS.Hasilbelajaryangdiukurmeliputiranahkognitifafektifdanpsikomotor.Hasilanalisisdataangketvalidasiolehahlipembelajarandiperolehrata-ratasebesar941%untukmodulgurudan953%untukmodulsiswa.Rata-ratayangdiperolehdariangketvalidasiolehahlimateridanahlipenerapanlapanganadalah936%dan946%.Hasilujicobapada34siswadiperolehrata-rata86%.Berdasarkanhasiltersebutmoduldikategorikansangatvalid.Modulyangdikembangkaninidapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa.Ditunjukkandenganhasilmotivasibelajarsiswayangdiperolehsebelummenggunakanmodulsebesar35dansetelahmenggunakanmodulsebesar394.Kemudianhasilbelajarkognitifditunjukkandenganrata-ratanilaipre-testdanpost-testsebesar698dan796.Selainituditunjukkanjugadenganhasilbelajarpsikomotoryangmemilikirata-ratanilaipadapraktikum1dan2sebesar73praktikum3sebesar75danpraktikum4sebesar80.Selanjutnyauntukhasilbelajarafektifsiswadiperolehdenganrentangannilai58sampai92yaitu8siswadengankriteriacukup25siswadengankriteriabaikdan1siswadengankriteriaamatbaik.