Pengaruh penggunaan teknik mind mapping pada model Problem Based Learning (PBL) terhada[p hasil belajar dan kreativitas siswa kelas XI SMA Negeri 6 Malang / Desti Navyta Setia Kusuma
Main Author: | Kusuma, Desti Navyta Setia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/25081/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKusumaDestiNavytaSetia.2015.PengaruhPenggunaanTeknikMindMappingpadaModelProblemBasedLearningterhadapHasilBelajardanKreativitasSiswaKelasXISMANegeri6Malang.SkripsiProgramPendidikanBiologiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dra.HerawatiSusiloM.ScPh.D.(II)Dra.AmyTenzerM.S.KatakunciMindMappingProblemBasedLearninghasilbelajarkreativitasPenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhteknikmindmappingpadamodelProblemBasedLearningterhadaphasilbelajardankreativitassiswakelasXISMANegeri6Malang.BerdasarkanhasilobservasisiswaSMANegeri6Malangmasihmemilikihasilbelajardankreativitasyangrendah.Haltersebutdapatterjadikarenametodeyangdigunakangurudalampembelajarankurangmemberikankesempatankepadasiswauntukmengasilkansuatuhasilkaryaatauprodukuntukmenunjukkangagasanatauideyangkreatif.Olehkarenaitudiperlukansebuahmodelpembelajarandenganmetodeyangmampumembuatsiswalebihtermotivasiuntukbelajardanmenjadikanprosespembelajarantersebutdapatmengembangkankreativitassiswa.SalahsatumodelpembelajarantersebutyaitumodelProblemBasedLearningyangdipadudenganteknikmindmappingsehinggasiswadapatmempelajarisuatukonsepmelaluipemecahanmasalahsertamerangkumhasilnyadalamprodukyangkreatif.RancanganpenelitianyangdigunakanadalahquasieksperimendenganPretest-PostestNonequivalentControlGroupDesign.Variabelbebaspenelitianiniadalahteknikmindmaps.Variabelterikatadalahhasilbelajardankreativitas.PopulasipenelitianiniadalahseluruhsiswaSMAkelasXISMANegeri6Malangtahunajaran2015/2016.Tekniksamplingadalahtekniksimplerandomsampling.SampelyangdigunakanadalahkelasXIMIA3sebagaikelaseksperimendankelasXIMIA4sebagaikelaskontrol.Teknikpengumpulandatadiperolahdenganmelaksanakanpretestdanpostestdiawaldandiakhirpenelitiansertapembuatanpostersecaraindividualsebelumdilakukanpostest.Teknikanalisisdatamenggunakananalisisdeskriptifdananalisisstatistik(analisiskovariandanujit)menggunakanprogramSPSSforMsWindow16.00.HasilujiprasyaratmenggunakanujiKolmogorov-SmirnovdanLevenesTestmenunjukkansemuadatatelahberdistribusinormaldanbersifathomogen(keduakelastidakberbedavarian).Hipotesisdiujidenganmenggunakananalisiskovarianuntukhasilbelajarsikapdanhasilbelajarpengetahuandengantarafsignifikansisebesar005(P