Pengaruh penggunaan teknik mind mapping pada model Problem Based Learning (PBL) terhada[p hasil belajar dan kreativitas siswa kelas XI SMA Negeri 6 Malang / Desti Navyta Setia Kusuma

Main Author: Kusuma, Desti Navyta Setia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/25081/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKusumaDestiNavytaSetia.2015.PengaruhPenggunaanTeknikMindMappingpadaModelProblemBasedLearningterhadapHasilBelajardanKreativitasSiswaKelasXISMANegeri6Malang.SkripsiProgramPendidikanBiologiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dra.HerawatiSusiloM.ScPh.D.(II)Dra.AmyTenzerM.S.KatakunciMindMappingProblemBasedLearninghasilbelajarkreativitasPenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhteknikmindmappingpadamodelProblemBasedLearningterhadaphasilbelajardankreativitassiswakelasXISMANegeri6Malang.BerdasarkanhasilobservasisiswaSMANegeri6Malangmasihmemilikihasilbelajardankreativitasyangrendah.Haltersebutdapatterjadikarenametodeyangdigunakangurudalampembelajarankurangmemberikankesempatankepadasiswauntukmengasilkansuatuhasilkaryaatauprodukuntukmenunjukkangagasanatauideyangkreatif.Olehkarenaitudiperlukansebuahmodelpembelajarandenganmetodeyangmampumembuatsiswalebihtermotivasiuntukbelajardanmenjadikanprosespembelajarantersebutdapatmengembangkankreativitassiswa.SalahsatumodelpembelajarantersebutyaitumodelProblemBasedLearningyangdipadudenganteknikmindmappingsehinggasiswadapatmempelajarisuatukonsepmelaluipemecahanmasalahsertamerangkumhasilnyadalamprodukyangkreatif.RancanganpenelitianyangdigunakanadalahquasieksperimendenganPretest-PostestNonequivalentControlGroupDesign.Variabelbebaspenelitianiniadalahteknikmindmaps.Variabelterikatadalahhasilbelajardankreativitas.PopulasipenelitianiniadalahseluruhsiswaSMAkelasXISMANegeri6Malangtahunajaran2015/2016.Tekniksamplingadalahtekniksimplerandomsampling.SampelyangdigunakanadalahkelasXIMIA3sebagaikelaseksperimendankelasXIMIA4sebagaikelaskontrol.Teknikpengumpulandatadiperolahdenganmelaksanakanpretestdanpostestdiawaldandiakhirpenelitiansertapembuatanpostersecaraindividualsebelumdilakukanpostest.Teknikanalisisdatamenggunakananalisisdeskriptifdananalisisstatistik(analisiskovariandanujit)menggunakanprogramSPSSforMsWindow16.00.HasilujiprasyaratmenggunakanujiKolmogorov-SmirnovdanLevenesTestmenunjukkansemuadatatelahberdistribusinormaldanbersifathomogen(keduakelastidakberbedavarian).Hipotesisdiujidenganmenggunakananalisiskovarianuntukhasilbelajarsikapdanhasilbelajarpengetahuandengantarafsignifikansisebesar005(P