Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis autoplay pada pelajaran IPA terpadu materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan serta pemanfaatannya dalam teknologi untuk kelas VIII SMP / Muhammad Chakim
Main Author: | Chakim, Muhammad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/25078/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKChakimMuhammad.2015.PengembanganMultimediaPembelajaranInteraktifBerbasisAutoplaypadaPelajaranIPATerpaduMateriStrukturdanFungsiJaringanTumbuhansertaPemanfaatannyadalamTeknologi.SkripsiJurusanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.EndangSuarsiniM.Ked(2)Dr.BettyLukiatiM.S.Katakuncimultimediapembelajaraninteraktifautoplaystrukturdanfungsitumbuhansertapemanfaatannyadalamteknologi.IlmuPengetahuanAlamTerpadu(IPATerpadu)merupakansebuahpelajaranyangmencakupilmufisikabiologidankimiadalamkesatuansertamenekankanpadaprosespenemuandanpengembangandenganmenggunakanmetodeilmiahsertamenuntutsikapilmiah.MetodepembelajaranIPATerpaduyangdigunakansaatinimeliputiceramahdiskusidanpraktikum.Penggunaanmetodepembelajarantersebutmembuatsebagiansiswakurangmengertiterhadapmateriyangdiajarkansertaengganuntukmempelajarikembalimateriyangtelahditerima.Supayasiswabersemangatuntukbelajarmakadibutuhkansebuahmediayangmampuuntukmenariksiswauntukmaubelajarsehinggasiswamampumemahamimateridenganbaik.TujuanpenelitianuntukmengembangkanmediapembelajaranIPATerpaduberbasisAutoplayyangatraktifaplikatifdanefektifpadamateriStrukturdanFungsiJaringanTumbuhansertaPemanfaatannyadalamTeknologi.PenelitianinimenggunakanmodelPenelitiandanPengembanganAnalysisDesignDevelopmentImplementEvaluation(ADDIE)yangdikembangkanolehBranch(2009).TahappenelitianiniyaituAnalysis(analisis)Design(perancangan)Develop(pengembangan)Implement(implementasi)sertaEvaluation(evaluasi).ProdukmultimediayangtelahjadikemudiandivalidasiolehValidatorAhliMediaValidatorAhliMaterisertaValidatorAhliPenerapanLapangan.Mediayangtelahdivalidasiselanjutnyadiujicobakankepadasiswa.siswayangmenjadisubyekujicobaadalahsiswakelasVIIIGdanVIIIHSMPNegeri15Malangtahunajaran2014/2015yangberjumlah15anak.HasilpenelitianmenunjukkanpenilaiandariAhliMediamemberikankriteriaSangatValidAhliMaterimemberikankriteriaSangatValidAhliPenerapanLapanganmemberikankriteriaValiddanhasilujiketerbacaanyangdilakukankepadasiswamemberikankriteriaSangatTerbaca.Validatorahlimediaahlimaterisertaahlipenerapanlapanganselainmelaksanakanpenilaianjugamemberikansaranuntukperbaikanmedia.Berdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwamultimediapembelajaranyangdihasilkansetelahdirevisimenunjukkankriteriayangsangatvalidsehinggalayakdigunakan.