Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis autoplay pada pelajaran IPA terpadu materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan serta pemanfaatannya dalam teknologi untuk kelas VIII SMP / Muhammad Chakim

Main Author: Chakim, Muhammad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/25078/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKChakimMuhammad.2015.PengembanganMultimediaPembelajaranInteraktifBerbasisAutoplaypadaPelajaranIPATerpaduMateriStrukturdanFungsiJaringanTumbuhansertaPemanfaatannyadalamTeknologi.SkripsiJurusanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.EndangSuarsiniM.Ked(2)Dr.BettyLukiatiM.S.Katakuncimultimediapembelajaraninteraktifautoplaystrukturdanfungsitumbuhansertapemanfaatannyadalamteknologi.IlmuPengetahuanAlamTerpadu(IPATerpadu)merupakansebuahpelajaranyangmencakupilmufisikabiologidankimiadalamkesatuansertamenekankanpadaprosespenemuandanpengembangandenganmenggunakanmetodeilmiahsertamenuntutsikapilmiah.MetodepembelajaranIPATerpaduyangdigunakansaatinimeliputiceramahdiskusidanpraktikum.Penggunaanmetodepembelajarantersebutmembuatsebagiansiswakurangmengertiterhadapmateriyangdiajarkansertaengganuntukmempelajarikembalimateriyangtelahditerima.Supayasiswabersemangatuntukbelajarmakadibutuhkansebuahmediayangmampuuntukmenariksiswauntukmaubelajarsehinggasiswamampumemahamimateridenganbaik.TujuanpenelitianuntukmengembangkanmediapembelajaranIPATerpaduberbasisAutoplayyangatraktifaplikatifdanefektifpadamateriStrukturdanFungsiJaringanTumbuhansertaPemanfaatannyadalamTeknologi.PenelitianinimenggunakanmodelPenelitiandanPengembanganAnalysisDesignDevelopmentImplementEvaluation(ADDIE)yangdikembangkanolehBranch(2009).TahappenelitianiniyaituAnalysis(analisis)Design(perancangan)Develop(pengembangan)Implement(implementasi)sertaEvaluation(evaluasi).ProdukmultimediayangtelahjadikemudiandivalidasiolehValidatorAhliMediaValidatorAhliMaterisertaValidatorAhliPenerapanLapangan.Mediayangtelahdivalidasiselanjutnyadiujicobakankepadasiswa.siswayangmenjadisubyekujicobaadalahsiswakelasVIIIGdanVIIIHSMPNegeri15Malangtahunajaran2014/2015yangberjumlah15anak.HasilpenelitianmenunjukkanpenilaiandariAhliMediamemberikankriteriaSangatValidAhliMaterimemberikankriteriaSangatValidAhliPenerapanLapanganmemberikankriteriaValiddanhasilujiketerbacaanyangdilakukankepadasiswamemberikankriteriaSangatTerbaca.Validatorahlimediaahlimaterisertaahlipenerapanlapanganselainmelaksanakanpenilaianjugamemberikansaranuntukperbaikanmedia.Berdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwamultimediapembelajaranyangdihasilkansetelahdirevisimenunjukkankriteriayangsangatvalidsehinggalayakdigunakan.