Penerapan model pembelajaran cooperative script dengan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar IPA terpadu siswa kelas VIII G semester II SMP Negeri 15 Malang / Wina Diah Permana Putri

Main Author: Putri, Wina Diah Permana
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/25075/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPutriWinaDiahPermana.2015.PenerapanModelPembelajaranCooperativeScriptdenganMediaAudioVisualuntukMeningkatkanHasilBelajarIPATerpaduSiswaKelasVIIIGSemesterIISMPNegeri15Malang.SkripsiJurusanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SusriyatiMahanalM.Pd.(II)Dr.EndangSuarsiniM.Ked.KataKunciCooperatveScriptMediaAudioVisualHasilBelajar.BerdasarkanhasilobservasidikelasVIII-GSMPNegeri15Malangditemukanbeberapamasalahyakni1)siswaterlihattidakaktifdikelas2)siswaterlihatbosandenganpembelajaranyangdilakukandikelas3)pembelajaranhanyaterpakupadabukupaketsaja4)banyaksiswayangtidakmendengarkangurudikelasdan5)hasilbelajarpengetahuansiswamasihrendahketuntasanklasikalnyayaknisebesar4516%.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarIPAsiswakelasVIIIGSMPNegeri15MalangmelaluipenggunaanmodelpembelajaranCooperativeScriptdenganmediaaudiovisual.DesainpenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridariduasiklus.Pengambilandatapenelitiandilaksanakanpadatanggal30April2015sampaidengantanggal28Mei2015.Datapenelitiandiperolehmelaluilembarobservasiketerlaksanaanpembelajarancatatanlapanganlembarobservasisikapsiswalembarobservasiketerampilansiswadantesakhirsiklus.BerdasarkanpenelitiandiketahuibahwaterdapatpeningkatanhasilbelajarsiswakelasVIIIGSMPNegeri15Malang.KetercapaiantindakanolehgurupadasiklusIadalah8281%sedangkanpadasiklusIImengalamipeningkatanmenjadi9633%.Hasilbelajarpengetahuansiswapadapra-penelitiansebesar4516%setelahditerapkanpenggunaanmodelpembelajaranCooperativeScriptdenganmediaaudiovisualmengalamipeningkatanmenjadi6774%sedangkanpadasiklusIImeningkatmenjadi8709%.HasilbelajarsikapsosialsiswapadasiklusIsebesar6774%sedangkanpadasiklusIImeningkatmenjadi8064%.Hasilrata-ratabelajarsikapspiritualsiswapadasiklusIsebesar75danpadasiklusIImeningkatmenjadi77.HasilbelajarketerampilansiswapadasiklusIsebesar5483%sedangkanpadasiklusIImengalamipeningkatanmenjadi8709%.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenggunaanmodelpembelajaranCooperativeScriptdenganmediaaudiovisualdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVIII-GSMPNegeri15Malang.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisarankanagargurulebihmemperhatikanalokasiwaktuyangdigunakanagarpembelajaranberlangsungsecaraefisiendanpembelajaraninidapatdigunakansebagaisalahsatuvariasimodelpembelajaranyangdilakukanolehguru.