Pengembangan media pembelajaran extensive green roof technology untuk materi pemanasan global di SMP Brawijaya Samart School Malang / Rifki Luthfidyanto

Main Author: Luthfidyanto, Rifki
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/25072/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKLuthfidyantoRifki.2015.PengembanganMediaPembelajaranExtensiveGreenRoofTechnologyuntukMateriPemanasanGlobaldiSMPBrawijayaSmartSchoolMalang.SkripsiJurusanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.IbrohimM.SiPembimbing(II)Dra.HawaTuaritaM.SKatakuncimediapembelajaranextensivegreenrooftechnologypemanasanglobalExtensivegreenrooftechnology(EGRT)berpotensidikembangkanpadabidangpendidikanmelaluipengembanganmediapembelajaran.BerdasarkanhasilsurveilapanganyaituSMPBrawijayaSmartSchool(BSS)Malangbelummemilikimediapembelajaranyangmemberikanpengalamannyatauntukmenunjangmateripemanasanglobal.Selainitu90%pesertadidikbelummengetahuibahwagreenroofmerupakansalahsatucaramenanggulangidampakpemanasanglobal.PenelitianinibertujuanmenghasilkanprodukmediapembelajaranberupabendamodelEGRTdanhandoutmateripemanasanglobalyangdilengkapibukupetunjukpenggunaanmediapembelajaran.ModelpengembanganyangdigunakanpadapenelitianinimerujukkepadamodelResearchandDevelopment(RD)dariBorgdanGallnamunhanyasampailangkahke-5dari10langkah.HasilpenelitiandanpengembanganiniadalahmediapembelajaranberupabendamodelEGRTdanhandoutmateripemanasanglobalyangdilengkapibukupetunjukpenggunaanmediapembelajaran.Datadiperolehmelaluiangketvalidasiahlidanangketresponpesertadidik.Perolehanskorrata-ratapadahasilvalidasiahlimateri764%(valid)ahlimedia907%(sangatvalid)danahlipraktisilapangan864%(sangatvalid).Persentaserata-ratadaripenilaianvalidatoradalah848%(sangatvalid)yangmengindikasikanbahwapengembanganmediapembelajaranEGRTyangdihasilkanlayakdigunakanuntukmenunjangmateripemanasanglobal.Padatahapakhiryaituujicobalapanganawaldiperolehskorrata-rata859%yangberartimediapembelajaranEGRTmendapatresponyangbaikdaripesertadidikdiSMPBSSMalang.