Pengembangan media pembelajaran monopoli IPA materi sistem pencernaan makanan untuk siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Malang / Zuhri Firdaus

Main Author: Firdaus, Zuhri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/25071/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKFirdausZuhri.2014.PengembanganMediaPembelajaranMonopoliIPAPadaMateriSistemPencernaanMakananUntukSiswaKelasVIIIDiSMPNegeri4Malang.SkripsiS1PendidikanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.Hj.SitiZubaidahM.Pd(II)Dra.SunarmiM.Pd.KataKuncipengembanganmediamonopoliIPAsistempencernaanmakananPembelajaranIPAkhususnyamaterisistempencernaanmakanandiSMPtidakdapatdijelaskanhanyamenggunakanmetodekonvensionalseperticeramahdantanyajawabakantetapipenyampaianpelajaranIPAharusditunjangdenganpraktikumdanmediapenunjangpembelajaranyangmemadai.BerdasarkanhasilwawancaradengangurudansiswakelasVIIIdiSMPNegeri4MalangdiketahuibahwamediapembelajaranIPAmasihterbatasdansekitar25%siswakurangmenyukaipelajaranIPA.OlehkarenaitudalampenelitianinidikembangkanmediapembelajaranberupapermainanmonopoliIPAmaterisistempencernaanmakananyangtelahdivalidasikelayakannyasebelumdigunakanuntuksiswa.ModelpengembanganmediayangdigunakanadalahmodelThiagarajanyangterdiridari4tahapyaituDefinedesigndevelopdandisseminate.Dalampenelitianiniterbatashanyadilakukansampaipadatahapdevelop.Tahapdefineataupendefinisiankebutuhanpembelajaranmeliputianalisisujungdepanper-masalahanguruanalisissiswaanalisistugasanalisiskonsepdanperumusantujuanpembelajaran.Tahapdesignatauperencanaandesainprodukmeliputipenyusunanstandartespemilihanmediapemilihanformatdanrancanganawal.Padatahapdevelopataupengembanganprodukmeliputipenilaianahlidanujicobapengembangan.Berdasarkanhasilvalidasiahlimediaahlimateridanpraktisilapangandiperolehnilairata-ratapersentasesebesar8553dengantingkatvalidasisangattinggi.HasilinimenunjukkanbahwamediamonopoliIPApadamaterisistempencernaanlayakdigunakanuntukpembelajaran.Hasilobservasimenunjukkanbahwasiswamerasasenangdansemangatmengikutipembelajarankemudianmenurutdataangkethasilujicobakepadasiswadiperolehnilaipersentasesebesar85dengantingkatvalidasisangattinggi.HasiltersebutberartibahwaprodukmediamonopoliIPAmaterisistempencernaanmakananefektifdalammenunjangkegiatanpembelajaran.