Pengembangan media pembelajaran monopoli IPA materi sistem pencernaan makanan untuk siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Malang / Zuhri Firdaus
Main Author: | Firdaus, Zuhri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/25071/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKFirdausZuhri.2014.PengembanganMediaPembelajaranMonopoliIPAPadaMateriSistemPencernaanMakananUntukSiswaKelasVIIIDiSMPNegeri4Malang.SkripsiS1PendidikanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.Hj.SitiZubaidahM.Pd(II)Dra.SunarmiM.Pd.KataKuncipengembanganmediamonopoliIPAsistempencernaanmakananPembelajaranIPAkhususnyamaterisistempencernaanmakanandiSMPtidakdapatdijelaskanhanyamenggunakanmetodekonvensionalseperticeramahdantanyajawabakantetapipenyampaianpelajaranIPAharusditunjangdenganpraktikumdanmediapenunjangpembelajaranyangmemadai.BerdasarkanhasilwawancaradengangurudansiswakelasVIIIdiSMPNegeri4MalangdiketahuibahwamediapembelajaranIPAmasihterbatasdansekitar25%siswakurangmenyukaipelajaranIPA.OlehkarenaitudalampenelitianinidikembangkanmediapembelajaranberupapermainanmonopoliIPAmaterisistempencernaanmakananyangtelahdivalidasikelayakannyasebelumdigunakanuntuksiswa.ModelpengembanganmediayangdigunakanadalahmodelThiagarajanyangterdiridari4tahapyaituDefinedesigndevelopdandisseminate.Dalampenelitianiniterbatashanyadilakukansampaipadatahapdevelop.Tahapdefineataupendefinisiankebutuhanpembelajaranmeliputianalisisujungdepanper-masalahanguruanalisissiswaanalisistugasanalisiskonsepdanperumusantujuanpembelajaran.Tahapdesignatauperencanaandesainprodukmeliputipenyusunanstandartespemilihanmediapemilihanformatdanrancanganawal.Padatahapdevelopataupengembanganprodukmeliputipenilaianahlidanujicobapengembangan.Berdasarkanhasilvalidasiahlimediaahlimateridanpraktisilapangandiperolehnilairata-ratapersentasesebesar8553dengantingkatvalidasisangattinggi.HasilinimenunjukkanbahwamediamonopoliIPApadamaterisistempencernaanlayakdigunakanuntukpembelajaran.Hasilobservasimenunjukkanbahwasiswamerasasenangdansemangatmengikutipembelajarankemudianmenurutdataangkethasilujicobakepadasiswadiperolehnilaipersentasesebesar85dengantingkatvalidasisangattinggi.HasiltersebutberartibahwaprodukmediamonopoliIPAmaterisistempencernaanmakananefektifdalammenunjangkegiatanpembelajaran.