Pengembangan perangkat pembelajaran pada materi sistem ekskresi dengan model Inquiry Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Malang / Nadhira Permata Sari

Main Author: Sari, Nadhira Permata
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/25070/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSariNadhiraPermata.2015.PengembanganPerangkatPembelajaranpadaMateriSistemEkskresidenganModelInquiryLearninguntukMeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVIIISMPNegeri9Malang.SkripsiJurusanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dra.HerawatiSusiloM.ScPh.D.(II)Dr.UmieLeastariM.Si.KataKunciperangkatpembelajaranInquiryLearninghasilbelajarPenelitianinibertujuanuntukmenghasilkanperangkatpembelajarandenganmodelInquiryLearningpadamateriSistemEkskresiyanglayakdigunakanpadaprosespembelajarandanuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa.PenelitianinidilaksanakandiSMPNegeri9MalangpadakelasVIII-C.PengembanganperangkatpembelajaranmenggunakanmodelpengembanganFour-D(4D)Thiagarajanyaitudefinedesigndandevelopsedangkantahapdisseminatetidakdilakukan.Analisisdatatahapawaldilakukanvalidasikelayakanprodukperangkatpembelajaranolehsatuorangdosenbiologidansatuoranggurubiologi.Berdasarkanhasilvalidasiperangkatpembelajaransecarakeseluruhandiperolehhasilyaituperangkatpembelajaranlayakdigunakan.Rata-ratahasilpenilaianvalidasiolehahlimaterisebesar9694%.Rata-ratahasilvalidasiolehahliperangkatpembelajaransebesar9046%.Rata-ratahasilvalidasiolehahlipembelajaran(guru)sebesar9691%.Analisisdatatahapakhirberupaujicobaprodukyangtelahdivalidasikepadasiswa.Teknikpengumpulandatadenganmenggunakanlembarobservasiangketdanujisoal.Rata-ratahasilbelajaryangdiperolehsiswapadakompetensipengetahuanmeningkatdari7993menjadi8760.Rata-ratahasilbelajaryangdiperolehsiswapadakompetensisikapspiritualmeningkatdari339menjadi366.Rata-ratahasilbelajaryangdiperolehsiswapadakompetensisikapsosialmeningkatdari334menjadi354.Rata-ratahasilbelajaryangdiperolehsiswapadakompetensiketerampilanpraktikummeningkatdari312menjadi339.Rata-ratahasilbelajaryangdiperolehsiswapadakompetensiketerampilanpresentasimeningkatdari313menjadi346.Berdasarkanhasilresponsiswapersentasepenilaianterhadapperangkatpembelajarandiperolehrata-ratasetiapaspekadalah9386%yangberartiperangkatpembelajarandinyatakanpraktis.Berdasarkanhasilobservasiketerlaksanaansintakspembelajarandiperolehrata-ratasetiapaspekadalah9525%yangberartiperangkatpembelajarandinyatakanefektif.ApabilaperangkatpembelajaraniniakandigunakandalamskalaluashendaknyadilakukanujicobalanjutanuntukbeberapakelasdengankondisiyanghampirsamadengankelasVIII-CdiSMPNegeri9Malanguntukmengetahuikeefektifanpenggunaanperangkatpembelajaran.