Pengembangan perangkat pembelajaran pada materi sistem ekskresi dengan model Inquiry Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Malang / Nadhira Permata Sari
Main Author: | Sari, Nadhira Permata |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/25070/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSariNadhiraPermata.2015.PengembanganPerangkatPembelajaranpadaMateriSistemEkskresidenganModelInquiryLearninguntukMeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVIIISMPNegeri9Malang.SkripsiJurusanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dra.HerawatiSusiloM.ScPh.D.(II)Dr.UmieLeastariM.Si.KataKunciperangkatpembelajaranInquiryLearninghasilbelajarPenelitianinibertujuanuntukmenghasilkanperangkatpembelajarandenganmodelInquiryLearningpadamateriSistemEkskresiyanglayakdigunakanpadaprosespembelajarandanuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa.PenelitianinidilaksanakandiSMPNegeri9MalangpadakelasVIII-C.PengembanganperangkatpembelajaranmenggunakanmodelpengembanganFour-D(4D)Thiagarajanyaitudefinedesigndandevelopsedangkantahapdisseminatetidakdilakukan.Analisisdatatahapawaldilakukanvalidasikelayakanprodukperangkatpembelajaranolehsatuorangdosenbiologidansatuoranggurubiologi.Berdasarkanhasilvalidasiperangkatpembelajaransecarakeseluruhandiperolehhasilyaituperangkatpembelajaranlayakdigunakan.Rata-ratahasilpenilaianvalidasiolehahlimaterisebesar9694%.Rata-ratahasilvalidasiolehahliperangkatpembelajaransebesar9046%.Rata-ratahasilvalidasiolehahlipembelajaran(guru)sebesar9691%.Analisisdatatahapakhirberupaujicobaprodukyangtelahdivalidasikepadasiswa.Teknikpengumpulandatadenganmenggunakanlembarobservasiangketdanujisoal.Rata-ratahasilbelajaryangdiperolehsiswapadakompetensipengetahuanmeningkatdari7993menjadi8760.Rata-ratahasilbelajaryangdiperolehsiswapadakompetensisikapspiritualmeningkatdari339menjadi366.Rata-ratahasilbelajaryangdiperolehsiswapadakompetensisikapsosialmeningkatdari334menjadi354.Rata-ratahasilbelajaryangdiperolehsiswapadakompetensiketerampilanpraktikummeningkatdari312menjadi339.Rata-ratahasilbelajaryangdiperolehsiswapadakompetensiketerampilanpresentasimeningkatdari313menjadi346.Berdasarkanhasilresponsiswapersentasepenilaianterhadapperangkatpembelajarandiperolehrata-ratasetiapaspekadalah9386%yangberartiperangkatpembelajarandinyatakanpraktis.Berdasarkanhasilobservasiketerlaksanaansintakspembelajarandiperolehrata-ratasetiapaspekadalah9525%yangberartiperangkatpembelajarandinyatakanefektif.ApabilaperangkatpembelajaraniniakandigunakandalamskalaluashendaknyadilakukanujicobalanjutanuntukbeberapakelasdengankondisiyanghampirsamadengankelasVIII-CdiSMPNegeri9Malanguntukmengetahuikeefektifanpenggunaanperangkatpembelajaran.