Penerapan model inkuiri dengan metode hypnoteaching berbasis lesson study untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII.3 SMP Negeri 21 Malang / Fadhilah Rahayu
Main Author: | Rahayu, Fadhilah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/25066/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRahayuFadhilah.2015.PenerapanModelInkuiridenganMetodeHypnoteachingBerbasisLessonStudyuntukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarIPASiswaKelasVIII.3SMPNegeri21Malang.Skripsi.JurusanBiologiProgamStudiPendidikanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dra.HerawatiSusiloM.ScPh.D(II)Dra.AmyTenzerM.SKataKunciinkuirihypnoteachinglessonstudymotivasihasilbelajar.BerdasarkanobservasipembelajarandikelasVIII.3SMPNegeri21MalangselamakegiatanPraktikPengalamanLapangan(PPL)padatanggal11Agustus-20September2014danwawancaradenganguruBiologipadatanggal10November2014diketahuibahwakeberhasilanbelajarklasikalsiswaSMPNegeri21Malangadalah7188%siswamengakusulitsekalimemahamikonsepIPA.Hasilbelajarsiswayangrendahdisebabkanolehkurangnyamotivasibelajarsiswa.Untukmengatasimasalahtersebutdibutuhkanpembelajaranyanginovatifdankreatifyaitudenganpembelajaranmodelinkuiridenganmetodehypnoteachingberbasislessonstudy.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanketerlaksanaanpembelajaranmenggunakanmodelinkuiridenganmetodehypnoteachingberbasislessonstudyuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswakelasVIII.3SMPNegeri21Malang.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridariduasiklus.Materipadasikluspertamaadalahsistemekskresiyangterdiridari6pertemuan(15JP)dansikluskeduaadalahinderapendengarandansistemsonarpadamakhlukhidupyangterdiridari7pertemuan(17JP).Temuanpenelitianmenunjukkanbahwamotivasibelajarsiswameningkatmenjadi4.22(Baik)setelahdilaksanakansiklusIdanmeningkatlagimenjadi4.30(Baik)setelahdilaksanakansiklusII.Hasilbelajarsiswaranahpengetahuansikapdanketerampilanjugamengalamipeningkatan.KeberhasilanbelajarklasikalranahpengetahuanpadasiklusIsebesar90.63%meningkatmenjadi100%setelahdilaksanakansiklusII.Keberhasilanbelajarklasikalsiswaranahsikapsebesar83.44%padasiklusImeningkatmenjadi85.94%padasiklusII.KeberhasilanbelajarklasikalsiswaranahketerampilansetelahsiklusIsebesar83.59%meningkatmenjadi84.38%setelahsiklusII.KesimpulanberdasarkantemuanpenelitianadalahpembelajaranmenggunakanmodelinkuiridenganmetodehypnoteachingberbasislessonstudyterlaksanadenganbaikdandapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswakelasVIII.3SMPNegeri21Malang.AgarpembelajaranberjalandenganlebihbaiksebaiknyagurumemberikanpenjelasanlebihdetaillagikepadasiswasebelumdimulainyapelajaranbagaimanapenggunaanJamTombolJamLepasJamTenangdanJamDiskusiyangterdapatpadametodehypnoteaching.