Penerapan model inkuiri dengan metode hypnoteaching berbasis lesson study untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII.3 SMP Negeri 21 Malang / Fadhilah Rahayu

Main Author: Rahayu, Fadhilah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/25066/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRahayuFadhilah.2015.PenerapanModelInkuiridenganMetodeHypnoteachingBerbasisLessonStudyuntukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarIPASiswaKelasVIII.3SMPNegeri21Malang.Skripsi.JurusanBiologiProgamStudiPendidikanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dra.HerawatiSusiloM.ScPh.D(II)Dra.AmyTenzerM.SKataKunciinkuirihypnoteachinglessonstudymotivasihasilbelajar.BerdasarkanobservasipembelajarandikelasVIII.3SMPNegeri21MalangselamakegiatanPraktikPengalamanLapangan(PPL)padatanggal11Agustus-20September2014danwawancaradenganguruBiologipadatanggal10November2014diketahuibahwakeberhasilanbelajarklasikalsiswaSMPNegeri21Malangadalah7188%siswamengakusulitsekalimemahamikonsepIPA.Hasilbelajarsiswayangrendahdisebabkanolehkurangnyamotivasibelajarsiswa.Untukmengatasimasalahtersebutdibutuhkanpembelajaranyanginovatifdankreatifyaitudenganpembelajaranmodelinkuiridenganmetodehypnoteachingberbasislessonstudy.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanketerlaksanaanpembelajaranmenggunakanmodelinkuiridenganmetodehypnoteachingberbasislessonstudyuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswakelasVIII.3SMPNegeri21Malang.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridariduasiklus.Materipadasikluspertamaadalahsistemekskresiyangterdiridari6pertemuan(15JP)dansikluskeduaadalahinderapendengarandansistemsonarpadamakhlukhidupyangterdiridari7pertemuan(17JP).Temuanpenelitianmenunjukkanbahwamotivasibelajarsiswameningkatmenjadi4.22(Baik)setelahdilaksanakansiklusIdanmeningkatlagimenjadi4.30(Baik)setelahdilaksanakansiklusII.Hasilbelajarsiswaranahpengetahuansikapdanketerampilanjugamengalamipeningkatan.KeberhasilanbelajarklasikalranahpengetahuanpadasiklusIsebesar90.63%meningkatmenjadi100%setelahdilaksanakansiklusII.Keberhasilanbelajarklasikalsiswaranahsikapsebesar83.44%padasiklusImeningkatmenjadi85.94%padasiklusII.KeberhasilanbelajarklasikalsiswaranahketerampilansetelahsiklusIsebesar83.59%meningkatmenjadi84.38%setelahsiklusII.KesimpulanberdasarkantemuanpenelitianadalahpembelajaranmenggunakanmodelinkuiridenganmetodehypnoteachingberbasislessonstudyterlaksanadenganbaikdandapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswakelasVIII.3SMPNegeri21Malang.AgarpembelajaranberjalandenganlebihbaiksebaiknyagurumemberikanpenjelasanlebihdetaillagikepadasiswasebelumdimulainyapelajaranbagaimanapenggunaanJamTombolJamLepasJamTenangdanJamDiskusiyangterdapatpadametodehypnoteaching.