Penerapan model pembelajaran inkuiri terstruktur dipadu peta pikiran untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIII-A SMP Negeri 10 Malang / Fitri Cahyaningsih
Main Author: | Cahyaningsih, Fitri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/25063/ |
Daftar Isi:
- iABSTRAKCahyaningsihFitri.2015.PenerapanModelPembelajaranInkuiriTerstrukturDipaduPetaPikiranuntukMeningkatkanKeaktifandanHasilBelajarSiswaKelasVIII-ASMPNegeri10Malang.SkripsiProgramStudiPendidikanBiologiJurusanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.SunarmiM.Pd.(2)Dra.AmyTenzerM.S.KataKunciInkuiriTerstrukturPetaPikiranhasilbelajarsiswakeaktifanbelajar.Berdasarkanobservasiyangdilakukanpadatanggal2729dan31Januari2015dikelasVIII-ASMPNegeri10MalangditemukanbeberapafaktayaknihasilnilaiulanganhariansiswayangmencapaiKriteriaKetuntasanMinimal(KKM)hanya4545%siswadannilaireratasiswaadalah7127.Siswayangmembacasumberbelajarhanya71%siswahanya58%siswamengajukanpertanyaansiswayangmenjawabpertanyaanhanya53%danhanya79%siswamelakukanpercobaansesuaiprosedur.Haltersebutmenunjukkankeaktifansiswadanhasilbelajarsiswaperluditingkatkan.SolusiyangdapatditerapkanadalahmodelInkuiriTerstrukturdipaduPetaPikiran.TujuanpenelitianiniadalahmemperolehpaparanyangjelastentangpeningkatankeaktifandanhasilbelajarmelaluipenerapanmodelpembelajaranInkuiriTerstrukturdipaduPetaPikiran.Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelasyangterdiridari2siklus.Tahappenelitiantindakankelasadalahperencanaantindakanpelaksanaantindakanpengamatandanrefleksi.TeknikPengumpulandatayangdigunakanberupaobservasidantes.Keterlaksanaanpembelajarandiukurdenganlembarobservasiketerlaksanaanpembelajaran.Keaktifanbelajarsiswadiukurmenggunakanlembarobservasikeaktifansiswa.Hasilbelajarpengetahuansiswadiukurmenggunakansoaltesakhirsiklus.Sedangkanhasilbelajarsikapdiukurdenganlembarobservasisikapsiswa.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwakeaktifanbelajarsiswahasilbelajarpengetahuansiswadanhasilbelajarsikapsiswamengalamipeningkatan.Keaktifanbelajarsiswamengalamipeningkatandari72%padasiklusImenjadi84%padasiklusII.Hasilbelajarpengetahuansiswamengalamipeningkatandari7879%padasiklusImenjadi8788%padasiklusII.Hasilbelajarsikapsiswamengalamipeningkatandari76%padasiklusImenjadi89%padasiklusII.KesimpulanyangdapatdiambiladalahpenerapanmodelInkuiriTersrtukturdipaduPetaPikirandapatmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswakelasVIII-ASMPNegeri10Malang.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdiberikansarandiantarannya1)lembarobservasisebaiknyadivalidasiterlebihdahuluagardatayangdiperolehsahih2)lembarobservasikeaktifandansikapsiswasebaiknyamenggunakankalimatyangjelasagartidakmembingungkanobserverdan3)penelitiharusmemilikisosioemosionaldengansiswadanmemperhatikancaramengelolakelasagardapatmembimbingsiswadansemuakegiatandapatterlaksana.