Penerapan model pembelajaran kooperatif NHT (Numbered Heads Together) berbantuan mind map untuk meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa kelas VIII/F SMPN 12 Malang / Iffah Fikriyah

Main Author: Fikriyah, Iffah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/25057/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKFikriyahIffah.2015.PenerapanModelPembelajaranNHT(NumberedHeadsTogether)BerbantuanMindmapuntukMeningkatkanHasilBelajardanKreativitasSiswaKelasVIII/FSMPN12Malang.SkripsiJurusanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.SarwonoM.Pd(II)SitiImroatulMaslikahS.SiM.Si.KataKunciNHTMindmapHasilBelajarKreativitasHasilobservasidikelasmenunjukkanbahwametodepembelajarankooperatifsudahditerapkanolehgurupadamatapelajaranIPAnamunselamakegiatandiskusitidaksemuasiswamemilikitanggungjawabuntukdapatmenyelesaikanmasalahdalamlembardiksusisebagianbesarsiswapasifdanmelakukankegiatanyangtidakberkaitandenganpembelajaran.Haltersebutmenunjukkanbahwatanggungjawabperorangansiswaterhadappembelajarannyasendiridanpembelajarankelompoknyakurang.Permasalahantersebutsecaralangsungberdampakpadahasilbelajarsiswa.HasilulanganhariansiswaVIII/FpadamatapelajaranIPAmateripokokstrukturdanfungsijaringantumbuhansertapemanfaatannyadalamteknologimenunjukkanhasilpersentasesiswayangtuntashanya60%.Pasal3padaUUNo20Tahun2013menuntutsiswauntukkreatifnamunkegiatanpembelajarandikelasbelummenunjukkanadanyakegiatanpembelajaranyangdapatmengembangkankreativitassiswa.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatanhasilbelajardankreativitassiswa.PenelitianinitermasukPenelitianTindakanKelas(PTK)yangdilakukan2siklusdenganpendekatanpenelitiandeskriptifkualitatif.SubjekpenelitianadalahsiswakelasVIII/FSMPN12Malangyangterdiridari19siswalaki-lakidan11siswaperempuan.InstrumenpenelitianiniberupalembarketerlaksanaanmodelpembelajarankooperatifNHTberbantuanmindmaplembarcatatanlapanganlembarobservasisikapsosialdanspirituallembarobservasiketerampilansoaltesdanlembarpenilaiankreativitas.Analisisdatayangdigunakanadalahmereduksidatamemaparkandatadanmenarikkesimpulan.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa(1)modelpembelajarankooperatifNHTberbantuanmindmapdapatditerapkanpadasiswaVIII/FSMPN12Malang.KeterlaksanaanpembelajaranpadasiklusIsebesar875%danpadasiklusIImeningkatmenjadi100%.(2)PenerapanmodelpembelajarankooperatifNHTberbantuanmindmapdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswayangmeliputiaspekpengetahuansikapdanketeramplan.(a)Rata-ratahasilbelajarsiswaaspekpengetahuanpadasiklusIsebesar7693danpadasiklusIImeningkatmenjadi828.(b)Rata-ratahasilbelajarsiswaaspeksikappadasiklusIsebesar8669danpadasiklusIImeningkatmenjadi8889.(c)Rata-ratahasilbelajarsiswaaspekketerampilanpadasiklusIsebesar8333danpadasiklusIImeningkatmenjadi9629.(3)PenerapanmodelpembelajarankooperatifNHTberbantuanmindmapdapatmeningkatkankreativitassiswa.Rata-ratanilaikreativitassiswapadasiklusIsebesar7833danpadasiklusIImeningkatmenjadi8305.