Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dipadu dengan Think Pair Share (TPS) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa / Tantyo Linarti

Main Author: Linarti, Tantyo
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/25054/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKLinartiTantyo.2015.PengaruhModelPembelajaranProblemBasedLearning(Pbl)dipadudenganThinkPairShare(Tps)terhadapMotivasidanHasilBelajarSiswa.SkripsiJurusanBiologiFMIPAUniversitasNegeriMalangPembimbing(I)Prof.Dr.Hj.SitiZubaidahM.Pd(II)NuningWulandariS.Si.M.Si.KataKunciProblemBasedLearningThinkPairShareMotivasiHasilBelajarPembelajaranbiologiyangdilakukanolehgurusaatinilebihbanyakmenggunakanmetodeceramah.Gurukurangmelakukanvariasimodelpembelajarandisetiapmaterisehinggapembelajaranbiologiterkesanmonotondanmenghapalkanmateri.Pembelajaranyangidealuntukpembelajaranbiologiseharusnyatidakhanyadenganmetodeceramah.Ilmubiologiadalahilmuyangsangatkomplekssehinggasiswaseharusnyamampuuntukmembentukpengetahuannyasendirimelaluipengamatandilingkungansekitarnya.Kenyataannyapembelajaranyangberlangsungsaatinibelumdapatmelibatkansiswauntukaktifdalampembelajaransehinggapembelajaranterkesanmasihteachercentered.PembelajarandenganmenggunakanmodelPBLdipadudenganTPSdiharapkanmampuuntukmengaktifkansiswasehinggasiswadapatterlibataktifdalamkegiatanpembelajaransertasebagaisuatusaranauntukmembantusiswauntukmembangunsendirisuatukonsepmengenaimateriyangsedangdibahas.Keaktifansiswatersebutdiharapkandapatmembuatsiswamenjadilebihpahammengenaikonsepsehinggahasilbelajarsiswapunakanmenjadilebihbaik.Tujuanpenelitianiniadalah1)mengetahuipengaruhmodelProblemBasedLearning(PBL)dipadudenganThinkPairShare(TPS)terhadapmotivasidan2)mengetahuipengaruhmodelProblemBasedLearning(PBL)dipadudenganThinkPairShare(TPS)terhadaphasilbelajarsiswa.RancanganpenelitianyangdigunakanadalahquasieksperimendenganrancanganTwoGroupPretestposttestDesign.VariabelbebasdalampenelitianiniadalahmodelpembelajaranPBLdipadudenganTPSsedangkanvariabelterikatnyaadalahmotivasidanhasilbelajarsiswa.PopulasipadapenelitianiniadalahseluruhsiswakelasXIMIASMANegeri1Gondanglegi.SampelpenelitianadalahsiswakelasXIMIA2sebagaikelaseksperimendankelasXIMIA4sebagaikelaskontrol.Motivasidanhasilbelajarsiswadiukurdengantes.Datadiambildarihasilpretestdanposttest.Ujihipotesisdilakukandenganmenggunakanujianakovapadatarafsignifikasi05%(p005).Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa1)adapengaruhmodelpembelajaranPBLdipadudenganJTPSterhadapkemampuanmotivasisiswakelasXIMIASMAN1Gondanglegidan2)adapengaruhmodelpembelajaranPBLdipadudenganTPSterhadaphasilbelajarsiswakelasXIMIASMAN1Gondanglegi.