Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dipadu dengan Think Pair Share (TPS) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa / Tantyo Linarti
Main Author: | Linarti, Tantyo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/25054/ |
Daftar Isi:
- iABSTRAKLinartiTantyo.2015.PengaruhModelPembelajaranProblemBasedLearning(Pbl)dipadudenganThinkPairShare(Tps)terhadapMotivasidanHasilBelajarSiswa.SkripsiJurusanBiologiFMIPAUniversitasNegeriMalangPembimbing(I)Prof.Dr.Hj.SitiZubaidahM.Pd(II)NuningWulandariS.Si.M.Si.KataKunciProblemBasedLearningThinkPairShareMotivasiHasilBelajarPembelajaranbiologiyangdilakukanolehgurusaatinilebihbanyakmenggunakanmetodeceramah.Gurukurangmelakukanvariasimodelpembelajarandisetiapmaterisehinggapembelajaranbiologiterkesanmonotondanmenghapalkanmateri.Pembelajaranyangidealuntukpembelajaranbiologiseharusnyatidakhanyadenganmetodeceramah.Ilmubiologiadalahilmuyangsangatkomplekssehinggasiswaseharusnyamampuuntukmembentukpengetahuannyasendirimelaluipengamatandilingkungansekitarnya.Kenyataannyapembelajaranyangberlangsungsaatinibelumdapatmelibatkansiswauntukaktifdalampembelajaransehinggapembelajaranterkesanmasihteachercentered.PembelajarandenganmenggunakanmodelPBLdipadudenganTPSdiharapkanmampuuntukmengaktifkansiswasehinggasiswadapatterlibataktifdalamkegiatanpembelajaransertasebagaisuatusaranauntukmembantusiswauntukmembangunsendirisuatukonsepmengenaimateriyangsedangdibahas.Keaktifansiswatersebutdiharapkandapatmembuatsiswamenjadilebihpahammengenaikonsepsehinggahasilbelajarsiswapunakanmenjadilebihbaik.Tujuanpenelitianiniadalah1)mengetahuipengaruhmodelProblemBasedLearning(PBL)dipadudenganThinkPairShare(TPS)terhadapmotivasidan2)mengetahuipengaruhmodelProblemBasedLearning(PBL)dipadudenganThinkPairShare(TPS)terhadaphasilbelajarsiswa.RancanganpenelitianyangdigunakanadalahquasieksperimendenganrancanganTwoGroupPretestposttestDesign.VariabelbebasdalampenelitianiniadalahmodelpembelajaranPBLdipadudenganTPSsedangkanvariabelterikatnyaadalahmotivasidanhasilbelajarsiswa.PopulasipadapenelitianiniadalahseluruhsiswakelasXIMIASMANegeri1Gondanglegi.SampelpenelitianadalahsiswakelasXIMIA2sebagaikelaseksperimendankelasXIMIA4sebagaikelaskontrol.Motivasidanhasilbelajarsiswadiukurdengantes.Datadiambildarihasilpretestdanposttest.Ujihipotesisdilakukandenganmenggunakanujianakovapadatarafsignifikasi05%(p005).Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa1)adapengaruhmodelpembelajaranPBLdipadudenganJTPSterhadapkemampuanmotivasisiswakelasXIMIASMAN1Gondanglegidan2)adapengaruhmodelpembelajaranPBLdipadudenganTPSterhadaphasilbelajarsiswakelasXIMIASMAN1Gondanglegi.