Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) dipadu dengan jigsaw terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa / Ninda Cynthia Pradani

Main Author: Pradani, Ninda Cynthia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/25053/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKPradaniNindaCynthia.2015.PengaruhModelPembelajaranProblemBasedLearning(PBL)dipadudenganJigsawterhadapKemampuanBerpikirKritisdanHasilBelajarSiswa.SkripsiJurusanBiologiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.Hj.SitiZubaidahM.Pd(II)Dr.UmieLestariM.Si.KatakunciproblembasedlearningjigsawberpikirkritishasilbelajarProsespembelajarantidakhanyamenekankanpadaaspekpemahamantetapijugamenekankanpadapentingnyamengembangkankemampuanberpikirdanmemecahkanmasalah.Salahsatukemampuanberpikiryangperludikembangkanadalahkemampuanberpikirkritis.FaktanyamodelpembelajaranyangditerapkandiSMABrawijayaSmartSchoolbelummemfasilitasisiswauntukmeningkatkankemampuanberpikirkritis.Rendahnyakemampuanberpikirkritisditandaidenganrendahnyasiswadalammemberikanargumenmemberipenjelasanlanjutsertamengambilkesimpulanyangnantinyaberakibatpadarendahnyahasilbelajarsiswa.PermasalahantersebutdicobadiatasidenganmenerapkanmodelpembelajaranProblemBasedLearning(PBL)dipadudenganJigsaw.MenurutberbagaisumberPBLefektifuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswamelaluipemberianmasalahyangmampumemicukonflikkognitifsiswa.Jigsawmemilikikarakteristikadanyakelompokasaldankelompokahlisehinggasetiapsiswamemilikitanggungjawabuntukmemberikantutorsebayakepadasesamaanggotakelompoknya.DengandemikiandiharapkanmodelpembelajaranPBLdipadudenganJigsawmampumengembangkankemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarsiswa.Tujuanpenelitianiniadalah1)mengetahuiperbedaankemampuanberpikirkritissiswadenganmodelpembelajaranPBLdipadudenganJigsawdibandingdenganmodelkonvensionaldan2)mengetahuiperbedaankemampuanberpikirkritissiswadenganmodelpembelajaranPBLdipadudenganJigsawdibandingdenganmodelkonvensional.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahquasieksperimendenganrancangankelompoknon-ekivalen(nonequivalentcontrolgroupdesign).VariabelbebasdalampenelitianiniadalahmodelpembelajaranPBLdipadudenganJigsawsedangkanvariabelterikatnyaadalahkemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarsiswa.PopulasipadapenelitianiniadalahseluruhsiswakelasXIMIASMABrawijayaSmartSchool.SampelpenelitianadalahsiswakelasXIMIA1sebagaikelaseksperimendankelasXIMIA2sebagaikelaskontrol.Pengambilansampeldilakukandenganmenggunakanteknikacak.Kemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarsiswadiukurdengantes.Datadiambildarihasilpretestdanposttest.Ujihipotesisdilakukandenganmenggunakanujianakovapadatarafsignifikasi05%(p005)Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa1)AdaperbedaankemampuanberpikirkritissiswakelasXIMIASMABrawijayaSmartSchooldenganmodelpembelajaranPBLdipadudenganJigsawdibandingdenganmodelkonvensional.KelaseksperimendenganmodelPBLdipadudenganJigsawmemperolehrata-rataskorkemampuanberpikirkritis91%lebihtinggidarikelaskontroldan2)Ada