Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) dipadu dengan jigsaw terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa / Ninda Cynthia Pradani
Main Author: | Pradani, Ninda Cynthia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/25053/ |
Daftar Isi:
- iABSTRAKPradaniNindaCynthia.2015.PengaruhModelPembelajaranProblemBasedLearning(PBL)dipadudenganJigsawterhadapKemampuanBerpikirKritisdanHasilBelajarSiswa.SkripsiJurusanBiologiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.Hj.SitiZubaidahM.Pd(II)Dr.UmieLestariM.Si.KatakunciproblembasedlearningjigsawberpikirkritishasilbelajarProsespembelajarantidakhanyamenekankanpadaaspekpemahamantetapijugamenekankanpadapentingnyamengembangkankemampuanberpikirdanmemecahkanmasalah.Salahsatukemampuanberpikiryangperludikembangkanadalahkemampuanberpikirkritis.FaktanyamodelpembelajaranyangditerapkandiSMABrawijayaSmartSchoolbelummemfasilitasisiswauntukmeningkatkankemampuanberpikirkritis.Rendahnyakemampuanberpikirkritisditandaidenganrendahnyasiswadalammemberikanargumenmemberipenjelasanlanjutsertamengambilkesimpulanyangnantinyaberakibatpadarendahnyahasilbelajarsiswa.PermasalahantersebutdicobadiatasidenganmenerapkanmodelpembelajaranProblemBasedLearning(PBL)dipadudenganJigsaw.MenurutberbagaisumberPBLefektifuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswamelaluipemberianmasalahyangmampumemicukonflikkognitifsiswa.Jigsawmemilikikarakteristikadanyakelompokasaldankelompokahlisehinggasetiapsiswamemilikitanggungjawabuntukmemberikantutorsebayakepadasesamaanggotakelompoknya.DengandemikiandiharapkanmodelpembelajaranPBLdipadudenganJigsawmampumengembangkankemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarsiswa.Tujuanpenelitianiniadalah1)mengetahuiperbedaankemampuanberpikirkritissiswadenganmodelpembelajaranPBLdipadudenganJigsawdibandingdenganmodelkonvensionaldan2)mengetahuiperbedaankemampuanberpikirkritissiswadenganmodelpembelajaranPBLdipadudenganJigsawdibandingdenganmodelkonvensional.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahquasieksperimendenganrancangankelompoknon-ekivalen(nonequivalentcontrolgroupdesign).VariabelbebasdalampenelitianiniadalahmodelpembelajaranPBLdipadudenganJigsawsedangkanvariabelterikatnyaadalahkemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarsiswa.PopulasipadapenelitianiniadalahseluruhsiswakelasXIMIASMABrawijayaSmartSchool.SampelpenelitianadalahsiswakelasXIMIA1sebagaikelaseksperimendankelasXIMIA2sebagaikelaskontrol.Pengambilansampeldilakukandenganmenggunakanteknikacak.Kemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarsiswadiukurdengantes.Datadiambildarihasilpretestdanposttest.Ujihipotesisdilakukandenganmenggunakanujianakovapadatarafsignifikasi05%(p005)Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa1)AdaperbedaankemampuanberpikirkritissiswakelasXIMIASMABrawijayaSmartSchooldenganmodelpembelajaranPBLdipadudenganJigsawdibandingdenganmodelkonvensional.KelaseksperimendenganmodelPBLdipadudenganJigsawmemperolehrata-rataskorkemampuanberpikirkritis91%lebihtinggidarikelaskontroldan2)Ada