Pengaruh model pembelajaran kooperatif snowball throwing dan siklus belajar 5E terhadap minat belajar dan hasil belajar kognitif IPA siswa kelas VIII SMPN di Malang / Khairina Novi Amalia
Main Author: | Amalia, Khairina Novi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/25049/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKhairinaN.A.2015.PengaruhModelPembelajaranSnowballThrowingdanSiklusBelajar5EterhadapMinatBelajardanHasilBelajarKognitifIPASiswaKelasVIIISMPNdiMalang.Skripsi.ProgramStudiPendidikanBiologiJurusanBiologiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SusriyatiMahanalM.Pd(II)SitiImroatulMaslikahS.Si.M.Si.KataKunciMinatBelajarHasilBelajarKognitifModelPembelajaranSnowballThrowingModelPembelajaranSiklusBelajar5EPembelajaranIPAmerupakansalahpembelajaranyangmengharuskansiswaberperanaktifdalampembelajaran.PadabeberapaSMPdiMalangditemukanpermasalahanmengenaiminatbelajardanhasilbelajarkognitifsaatdiadakantes.Minatbelajarsiswapadabeberapasekolahnampaknyamasihkurang.Siswajugamasihadayangmendapatkanskordibawahbatasketuntasanketikadiadakantes.KondisiinidapatdiatasimelaluimodelpembelajaranSnowballThrowing.ModelpembelajaranSnowballThrowingmampumeningkatkanminatbelajarsiswadanhasilbelajarkognitif.PenelitianinibertujuanuntukmengungkappengaruhmodelpembelajaranSnowballThrowingdansiklusbelajar5EterhadapminatbelajardanhasilbelajarkognitifIPAkelasVIIISMPNdiMalang.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahquasieksperimendenganpretestpost-testnonequaivalentcontrolgroupdesign.Variabelbebasyangdigunakanadalahmodelpembelajaran.Variabelterikatadalahminatbelajardanhasilbelajarkognitif.SubjekpenelitianadalahsiswakelasVIIISMPNegeri15Malang.SubjekutamaadalahkelasVIII-B(eksperimen)denganmodelpembelajaranSnowballThrowingdankelasVIII-A(kontrol)denganmodelpembelajaransiklusbelajar5Eyangseringdigunakanguru.Instrumenterlebihdahuludiujivaliditasdanreliabilitasditambahdayabedadantingkatkesukaranuntukbutirsoal.UjihipotesismenggunakanujiANAKOVAdengantarafsignifikansi005menggunakandataskorpre-testdanpost-testsebelumnyadidahuluiujinormalitasdata(ujiKolmogrovSmirnov)danujihomogenitas(ujiLevene).Hasilpenelitianmenunjukkan1)adapengaruhmodelpembelajaranSnowballThrowingterhadapminatbelajarIPA(P0000)2)rerataterkoreksiminatbelajarkelaseksperimen1298%lebihtinggidarikelaskontrol3)tidakadapengaruhmodelpembelajaranSnowballThrowingterhadaphasilbelajarkognitifIPA(P0504)4)tidakadaperbedaanhasilbelajarkognitifIPAkelaseksperimendankontrol.ModelpembelajaranSnowballThrowingdapatdigunakanuntukmeningkatkanminatbelajarsedangkanuntukmeningkatkanhasilbelajarkognitifdapatmenggunakanmodelpembelajaranSnowballThrowingdansiklusbelajar5E.Waktupelaksanaanpembelajarankeduakelas(eksperimendankontrol)sebaiknyatidakberbedajauhagarhasillebihakurat.