Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan teknik mind mapping terhadap motivasi dan hasil belajar siswa SMP kelas VIII / Hosnul Khotimah

Main Author: Khotimah, Hosnul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/25048/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKhotimahHosnul.2015.PengaruhModelPembelajaranInkuiriTerbimbingDenganTeknikMindMappingTerhadapMotivasidanHasilBelajarSiswaSMPKelasVIII.SkripsiJurusanBiologiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.Hj.SitiZubaidahM.Pd(II)Dr.UmieLestariM.Si.KatakunciinkuiriterbimbingmindmappingmotivasibelajarhasilbelajarMotivasibelajaryangmemadaiakanmendorongsiswaberperilakuaktifuntukberprestasidalamkelas.Siswayangtermotivasimempelajarisebuahtopikcenderungmelibatkandiridalamberbagaiaktivitasyangdiyakininyaakanmembantudirinyabelajar.Termotivasinyasiswaakanberpengaruhterhadaphasilbelajarnya.MenurutobservasidanpenelitianterdahuluterdapatpermasalahandalampembelajaranIPAsepertimotivasibelajarsiswarendahyangakanberpengaruhterhadaphasilbelajarsiswa.Salahsatumodelpembelajaranyangdidugaefektifuntukmengatasipermasalahantersebutyaitumodelpembelajaraninkuiriterbimbingdenganteknikmindmapping.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuiperbedaanmotivasidanhasilbelajarantarasiswayangdiberimodelpembelajaraninkuiriterbimbingdenganteknikmindmappingdengansiswayangdiberipembelajaranbiasa.Menurutberbagaisumberinkuriterbimbingefektifuntukmeningkatkanmotivasibelajarsiswayangberakibatpadameningkatnyamotivasidanhasilbelajarsiswa.Modelpembelajaraninkuiridapatdipadudengansebuahteknikmeringkasyaituteknikmindmapping.Melaluimindmappingsiswamampumemfokuskanperhatianpadaapayangmenjadiintipersoalanmelaluiasosiasidanpengembanganimajinasimenciptakankesanyanglebihkuatsehinggamudahdiingat.Dengandemikiandiharapkanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdenganteknikmindmappingberpengaruhterhadapmotivasidanhasilbelajarsiswa.Penelitianinimenggunakanquasieksperimendenganrancangankelompoknon-ekivalen(nonequivalentcontrolgroupdesign).PopulasidaripenelitianiniadalahseluruhsiswadikelasVIIISMPBSStahunpelajaran2014/2015.SampeluntukpenelitianiniadalahkelasVIIIBsebagaikelaseksperimendankelasVIIIAsebagaikelaskontrol.Datadianalisisdengananalisiskovarian(Anakova).Siswadenganpembelajaraninkuiriterbimbingdenganteknikmindmappingmemilikimotivasi699%lebihtinggidaripadasiswadenganpembelajaranbiasa.Selainitusiswadenganpembelajaraninkuiriterbimbingdenganteknikmindmappingmemilikihasilbelajar588%lebihtinggidaripembelajaranbiasa.Saranyangdapatdiberikanadalahhasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajaraninkuiriterbimbingdenganteknikmindmappingterbuktiefektifdalammeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsehinggadirekomendasikanuntukditerapkanolehgurudalampembelajarandikelas.