Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan teknik mind mapping terhadap motivasi dan hasil belajar siswa SMP kelas VIII / Hosnul Khotimah
Main Author: | Khotimah, Hosnul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/25048/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKhotimahHosnul.2015.PengaruhModelPembelajaranInkuiriTerbimbingDenganTeknikMindMappingTerhadapMotivasidanHasilBelajarSiswaSMPKelasVIII.SkripsiJurusanBiologiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.Hj.SitiZubaidahM.Pd(II)Dr.UmieLestariM.Si.KatakunciinkuiriterbimbingmindmappingmotivasibelajarhasilbelajarMotivasibelajaryangmemadaiakanmendorongsiswaberperilakuaktifuntukberprestasidalamkelas.Siswayangtermotivasimempelajarisebuahtopikcenderungmelibatkandiridalamberbagaiaktivitasyangdiyakininyaakanmembantudirinyabelajar.Termotivasinyasiswaakanberpengaruhterhadaphasilbelajarnya.MenurutobservasidanpenelitianterdahuluterdapatpermasalahandalampembelajaranIPAsepertimotivasibelajarsiswarendahyangakanberpengaruhterhadaphasilbelajarsiswa.Salahsatumodelpembelajaranyangdidugaefektifuntukmengatasipermasalahantersebutyaitumodelpembelajaraninkuiriterbimbingdenganteknikmindmapping.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuiperbedaanmotivasidanhasilbelajarantarasiswayangdiberimodelpembelajaraninkuiriterbimbingdenganteknikmindmappingdengansiswayangdiberipembelajaranbiasa.Menurutberbagaisumberinkuriterbimbingefektifuntukmeningkatkanmotivasibelajarsiswayangberakibatpadameningkatnyamotivasidanhasilbelajarsiswa.Modelpembelajaraninkuiridapatdipadudengansebuahteknikmeringkasyaituteknikmindmapping.Melaluimindmappingsiswamampumemfokuskanperhatianpadaapayangmenjadiintipersoalanmelaluiasosiasidanpengembanganimajinasimenciptakankesanyanglebihkuatsehinggamudahdiingat.Dengandemikiandiharapkanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdenganteknikmindmappingberpengaruhterhadapmotivasidanhasilbelajarsiswa.Penelitianinimenggunakanquasieksperimendenganrancangankelompoknon-ekivalen(nonequivalentcontrolgroupdesign).PopulasidaripenelitianiniadalahseluruhsiswadikelasVIIISMPBSStahunpelajaran2014/2015.SampeluntukpenelitianiniadalahkelasVIIIBsebagaikelaseksperimendankelasVIIIAsebagaikelaskontrol.Datadianalisisdengananalisiskovarian(Anakova).Siswadenganpembelajaraninkuiriterbimbingdenganteknikmindmappingmemilikimotivasi699%lebihtinggidaripadasiswadenganpembelajaranbiasa.Selainitusiswadenganpembelajaraninkuiriterbimbingdenganteknikmindmappingmemilikihasilbelajar588%lebihtinggidaripembelajaranbiasa.Saranyangdapatdiberikanadalahhasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajaraninkuiriterbimbingdenganteknikmindmappingterbuktiefektifdalammeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsehinggadirekomendasikanuntukditerapkanolehgurudalampembelajarandikelas.