Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIIIC SMPN 10 Malang / Nadidah Safitri

Main Author: Safitri, Nadidah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/25047/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSafitriNadidah.2015.PenerapanModelPembelajaranInkuiriUntukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarSiswaKelasVIIICSMPN10Malang.SkripsiProgramStudiPendidikanBiologiJurusanBiologiFakultasMatematikadanIlmPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.SunarmiM.Pd.(2)Dr.HadiSuwonoM.Si.KataKunciInkuiripenelitiantindakankelashasilbelajarsiswamotivasibelajar.Berdasarkanobservasiawalyangdilakukanpadatanggal6sampai31Oktober2014dikelasVIIICSMPN10MalangditemukanbeberapafaktayaknihasilnilaiulanganhariansebagianbesarsiswabelummencapaiKriteriaKetuntasanMinimal(KKM)yakni75(hanya1417%siswayangmencapaiKKMdannilaireratasiswaadalah50)siswakurangterampildalammelakukanpraktikumdanhanyasiswatertentuyangaktifdanterlihatantusiasdalampembelajaran.Halmerupakanbuktibahwamotivasidanhasilbelajarsiswaperluditingkatkan.SolusiyangdapatditerapkanadalahmenerapkanmodelpembelajaranInkuiri.TujuanpenelitianiniadalahmemperolehpaparanyangjelastentangpeningkatanmotivasidanhasilbelajarsiswakelasVIIICSMPN10MalangmelaluipenerapanmodelpembelajaranInkuiri.Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas.Tahappenelitiantindakankelasadalahperencanaantindakanpelaksanaantindakanpengamatandanrefleksi.PenelitianinidilakukanpadamateriSistemEkskresi.Datayangdikumpulkandalampenelitianyaituketerlaksanaanpembelajaranmotivasibelajarsiswadanhasilbelajarsiswa.Keterlaksanaanpembelajarandiukurdenganlembarobservasiketerlaksanaanpembelajaran.Motivasibelajarsiswadiukurmenggunakanlembarobservasimotivasisiswa.Hasilbelajarkognitifsiswadiukurmenggunakansoalteskognitif.Hasilbelajarpsikomotorsiswadiukurmenggunakanlembarobservasipsikomotorsiswa.Sedangkanhasilbelajarafektifdiukurdenganlembarobservasiafektifsiswa.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwamotivasibelajarsiswahasilbelajarkognitifsiswahasilbelajarpsokomotorsiswadanhasilbelajarafektifsiswamengalamipeningkatan.Motivasibelajarsiswamengalamipeningkatandari72%padasiklusImenjadi82%padasiklusII.Hasilbelajarkognitifsiswamengalamipeningkatandari7941%padasiklusImenjadi8824%padasiklusII.Hasilbelajarpsikomotorsiswamengalamipeningkatandari78%padasiklusImenjadi91%padasiklusII.Hasilbelajarafektifsiswamengalamipeningkayandari84%padasiklusImenjadi90%padasiklusII.BerdasarkandatahasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajaranInkuiridapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswakelasVIIICSMPN10Malang.Berdasarkanhasilpenelitianyangdiperolehsaranyangdapatdiberikanuntukpenelitianlainsebagaiberikut.(1)Diperlukanadanyaperbaikanpadapengelolaankelas.(2)GurudapatmeningkatkankemampuansiswadariInkuiriterstrukturmenjadiInkuiriterbimbingketikahasilbelajardanmotivasibelajarsiswatelahmencapaiKKM.(3)Guruperlumemberikanpendampingandanperhatiankepadasiswasecarameratasehinggamotivasiklasikalsiswajugameningkat.