Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIIIC SMPN 10 Malang / Nadidah Safitri
Main Author: | Safitri, Nadidah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/25047/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSafitriNadidah.2015.PenerapanModelPembelajaranInkuiriUntukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarSiswaKelasVIIICSMPN10Malang.SkripsiProgramStudiPendidikanBiologiJurusanBiologiFakultasMatematikadanIlmPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.SunarmiM.Pd.(2)Dr.HadiSuwonoM.Si.KataKunciInkuiripenelitiantindakankelashasilbelajarsiswamotivasibelajar.Berdasarkanobservasiawalyangdilakukanpadatanggal6sampai31Oktober2014dikelasVIIICSMPN10MalangditemukanbeberapafaktayaknihasilnilaiulanganhariansebagianbesarsiswabelummencapaiKriteriaKetuntasanMinimal(KKM)yakni75(hanya1417%siswayangmencapaiKKMdannilaireratasiswaadalah50)siswakurangterampildalammelakukanpraktikumdanhanyasiswatertentuyangaktifdanterlihatantusiasdalampembelajaran.Halmerupakanbuktibahwamotivasidanhasilbelajarsiswaperluditingkatkan.SolusiyangdapatditerapkanadalahmenerapkanmodelpembelajaranInkuiri.TujuanpenelitianiniadalahmemperolehpaparanyangjelastentangpeningkatanmotivasidanhasilbelajarsiswakelasVIIICSMPN10MalangmelaluipenerapanmodelpembelajaranInkuiri.Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas.Tahappenelitiantindakankelasadalahperencanaantindakanpelaksanaantindakanpengamatandanrefleksi.PenelitianinidilakukanpadamateriSistemEkskresi.Datayangdikumpulkandalampenelitianyaituketerlaksanaanpembelajaranmotivasibelajarsiswadanhasilbelajarsiswa.Keterlaksanaanpembelajarandiukurdenganlembarobservasiketerlaksanaanpembelajaran.Motivasibelajarsiswadiukurmenggunakanlembarobservasimotivasisiswa.Hasilbelajarkognitifsiswadiukurmenggunakansoalteskognitif.Hasilbelajarpsikomotorsiswadiukurmenggunakanlembarobservasipsikomotorsiswa.Sedangkanhasilbelajarafektifdiukurdenganlembarobservasiafektifsiswa.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwamotivasibelajarsiswahasilbelajarkognitifsiswahasilbelajarpsokomotorsiswadanhasilbelajarafektifsiswamengalamipeningkatan.Motivasibelajarsiswamengalamipeningkatandari72%padasiklusImenjadi82%padasiklusII.Hasilbelajarkognitifsiswamengalamipeningkatandari7941%padasiklusImenjadi8824%padasiklusII.Hasilbelajarpsikomotorsiswamengalamipeningkatandari78%padasiklusImenjadi91%padasiklusII.Hasilbelajarafektifsiswamengalamipeningkayandari84%padasiklusImenjadi90%padasiklusII.BerdasarkandatahasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajaranInkuiridapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswakelasVIIICSMPN10Malang.Berdasarkanhasilpenelitianyangdiperolehsaranyangdapatdiberikanuntukpenelitianlainsebagaiberikut.(1)Diperlukanadanyaperbaikanpadapengelolaankelas.(2)GurudapatmeningkatkankemampuansiswadariInkuiriterstrukturmenjadiInkuiriterbimbingketikahasilbelajardanmotivasibelajarsiswatelahmencapaiKKM.(3)Guruperlumemberikanpendampingandanperhatiankepadasiswasecarameratasehinggamotivasiklasikalsiswajugameningkat.