Pengembangan multimedia interaktif berbasis flash untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran sistem imun untuk kelas XI SMA / Bayu Putra Suhartono

Main Author: Suhartono, Bayu Putra
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/25045/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSuhartonoBayuPutra.2015.PengembanganMultimediaInteraktifBerbasisFlashuntukMeningkatkanHasilBelajarSiswapadaPembelajaranSistemImunUntukKelasXISMA.SkripsiProgramStudiPendidikanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.EndangSuarsiniM.Ked.(2)Dra.AmyTenzerM.S.KataKuncipenelitiandanpengembanganmultimediainteraktifsistemimundanhasilbelajar.SistemimunmerupakansalahsatumateridalampembelajaranbiologikelasXISMA.BerdasarkanhasilobservasidiperolehpermasalahanterkaitketiadaanmediayangtepatpadapembelajaransistemimundiSMAN2.Materisistemimunyangcenderungabstraktanpabantuanmediapembelajaranyangtepatmenimbulkanpermasalahanpadahasilbelajaryangdiperlihatkandarireratanilaiyangberadadibawahkriteriakelulusanminimaldanketuntasanbelajarklasikalyanghanyamencapai64%.Mediapembelajaranmerupakansesuatuyangpentingdalamkegiatanpembelajaran.Jenismediapembelajaransangatbanyaktidakterkecualimediapembelajaranyangberbasiskomputer.Penelitianinibertujuanuntukmengembangkanmultimediainteraktifberbasisflashmaterisistemimunsertamengujivaliditaskepraktisandankeefektifanmediapembelajaran.PenelitianinimengadaptasimodelpenelitianpengembanganBorgandGall1983yaituhanyamenggunakan7tahapandari10tahapanyangada.Ujicobalapangantahapawaldilakukanolehvalidatorahlimediaahlimateridanahlipraktisilapanganuntukmengetahuitingkatkelayakanmedia.UjicobalapanganutamadalampenelitianinidilaksanakandikelasXIMIA2SMAN2kotaProbolinggopadasemestergenaptahunajaran2014/2015untukmengetahuitingkatkepraktisandankeefektifanmedia.Berdasarkanhasilujivalidasiolehahlimediaahlimateridanpraktisilapangandapatdisimpulkanmediamemerlukanrevisipadasuarapetunjukpemanfaatandanpenambahanmateri..Hasilanalisisujikepraktisanmenunjukkanpersentasesebesar927%sehinggadapatdisimpulkanbahwamultimediainteraktifinisangatpraktis.Hasilanalisisujikeefektifanmenunjukkanpeningkatanreratahasilbelajarranahpengetahuanmaupunketuntasanbelajarklasikaldibandingkansebelumpenelitian.Reratahasilbelajarranahpengetahuanmengalamipeningkatandari74menjadi846danketuntasanbelajarklasikaldari64%menjadi90%sehinggadapatdisimpulkanbahwamultimediainteraktifiniefektifuntukditerapkandalampembelajaransistemimun.