Penerapan model pembelajaran problem based learning di padu dengan numbered heads together untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-D SMP Negeri 20 Malang pada materi sistem ekskresi / Tri Riskawati

Main Author: Riskawati, Tri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/25038/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRiskawatiTri.2015.PenerapanModelPembelajaranProblemBasedLearningdipadudenganNumberedHeadsTogetheruntukMeningkatkanHasilBelajarSiswaKelasVIII-DSMPNegeri20MalangpadaMateriSistemEkskresi.SkripsiJurusanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.TriastonoImamPrasetyoM.Pd(II)Dra.Hj.NursasiHandayaniM.Si.KataKunciProblemBasedLearningNumberedHeadsTogetherHasilBelajarSiswaObservasiawalyangdilakukansatukalipadamaterisistemtransportasidikelasVIII-DSMPNegeri20Malangditemukanbeberapamasalahyakni1)metodetanya-jawabyangditerapkanmasihberpusatpadaguru2)keaktifanhanyaterpusatpadabeberapasiswasaja3)belumadadiskusikelompoksehinggasiswabelummampubekerjasamadancenderungindividualisdan4)hasilbelajarpengetahuanpadamaterisistempencernaanmakananmasihrendahketuntasanklasikalnyayaknisebesar4687%(15siswadari32siswa).PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarIPAsiswakelasVIII-DSMPNegeri20MalangmelaluipenerapanmodelpembelajaranProblemBasedLearning(PBL)dipadudenganNumberedHeadsTogether(NHT).DesainpenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK)yangdilakukandenganduasiklus.Pengambilandatapenelitiandilaksanakanpadatanggal18Februari2015sampaidengantanggal18Maret2015.Datapenelitiandiperolehmelaluilembarobservasiketerlaksanaanpembelajarancatatanlapanganlembarobservasisikapsiswalembarobservasiketerampilansiswadantesakhirsiklus.ModelpembelajaranPBLdipadudenganNHTdapatditerapkandikelasVIII-DSMPNegeri20Malangmelaluienamtahappembelajaran.KeterlaksanaanpembelajaranolehgurupadasiklusIadalah9382%sedangkanpadasiklusIImengalamipeningkatanmenjadi100%.KeterlaksanaanpembelajaranolehsiswapadasiklusIadalah9037%lalumengalamipeningkatanpadasiklusIImenjadi100%.Hasilbelajarpengetahuansiswapadapra-penelitiansebesar4687%setelahditerapkanmodelpembelajaranPBLdipadudenganNHTmengalamipeningkatanmenjadi7812%sedangkanpadasiklusIImeningkatmenjadi875%.HasilbelajarsikapsiswapadasiklusIsebesar6875%sedangkanpadasiklusIImeningkatmenjadi8125%.HasilbelajarketerampilansiswapadasiklusIsebesar5625%lalumengalamipeningkatanmenjadi8437%.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajaranPBLdipadudenganNHTdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVIII-DSMPNegeri20Malangpadamaterisistemekskresi.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisarankanagargurulebihmemantaujalannyapengamatandandiskusisehinggasiswatidakberbicaradiluarmaterisertagurudapatmengaturwaktuyangbaikagarsetiaplangkahpembelajaranberjalandenganbaik.