Penerapan model pembelajaran problem based learning di padu dengan numbered heads together untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-D SMP Negeri 20 Malang pada materi sistem ekskresi / Tri Riskawati
Main Author: | Riskawati, Tri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/25038/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRiskawatiTri.2015.PenerapanModelPembelajaranProblemBasedLearningdipadudenganNumberedHeadsTogetheruntukMeningkatkanHasilBelajarSiswaKelasVIII-DSMPNegeri20MalangpadaMateriSistemEkskresi.SkripsiJurusanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.TriastonoImamPrasetyoM.Pd(II)Dra.Hj.NursasiHandayaniM.Si.KataKunciProblemBasedLearningNumberedHeadsTogetherHasilBelajarSiswaObservasiawalyangdilakukansatukalipadamaterisistemtransportasidikelasVIII-DSMPNegeri20Malangditemukanbeberapamasalahyakni1)metodetanya-jawabyangditerapkanmasihberpusatpadaguru2)keaktifanhanyaterpusatpadabeberapasiswasaja3)belumadadiskusikelompoksehinggasiswabelummampubekerjasamadancenderungindividualisdan4)hasilbelajarpengetahuanpadamaterisistempencernaanmakananmasihrendahketuntasanklasikalnyayaknisebesar4687%(15siswadari32siswa).PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarIPAsiswakelasVIII-DSMPNegeri20MalangmelaluipenerapanmodelpembelajaranProblemBasedLearning(PBL)dipadudenganNumberedHeadsTogether(NHT).DesainpenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK)yangdilakukandenganduasiklus.Pengambilandatapenelitiandilaksanakanpadatanggal18Februari2015sampaidengantanggal18Maret2015.Datapenelitiandiperolehmelaluilembarobservasiketerlaksanaanpembelajarancatatanlapanganlembarobservasisikapsiswalembarobservasiketerampilansiswadantesakhirsiklus.ModelpembelajaranPBLdipadudenganNHTdapatditerapkandikelasVIII-DSMPNegeri20Malangmelaluienamtahappembelajaran.KeterlaksanaanpembelajaranolehgurupadasiklusIadalah9382%sedangkanpadasiklusIImengalamipeningkatanmenjadi100%.KeterlaksanaanpembelajaranolehsiswapadasiklusIadalah9037%lalumengalamipeningkatanpadasiklusIImenjadi100%.Hasilbelajarpengetahuansiswapadapra-penelitiansebesar4687%setelahditerapkanmodelpembelajaranPBLdipadudenganNHTmengalamipeningkatanmenjadi7812%sedangkanpadasiklusIImeningkatmenjadi875%.HasilbelajarsikapsiswapadasiklusIsebesar6875%sedangkanpadasiklusIImeningkatmenjadi8125%.HasilbelajarketerampilansiswapadasiklusIsebesar5625%lalumengalamipeningkatanmenjadi8437%.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajaranPBLdipadudenganNHTdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVIII-DSMPNegeri20Malangpadamaterisistemekskresi.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisarankanagargurulebihmemantaujalannyapengamatandandiskusisehinggasiswatidakberbicaradiluarmaterisertagurudapatmengaturwaktuyangbaikagarsetiaplangkahpembelajaranberjalandenganbaik.