Pengembangan media pembelajaran berbasis Computer Assisted Instructional (CAI) materi sistem peredaran darah pada manusia untuk meningkatkan motivasi belajar siswa / Elan Frido Rinda
Main Author: | Rinda, Elan Frido |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/25032/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRindaElanFrido.2012.PengembanganMediaPembelajaranBerbasisComputerAssistedInstructional(CAI)MateriSistemPeredaranpadaManusiauntukMeningkatkanMotivasiBelajarSiswa.SkripsiJurusanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.H.IstamarSyamsuriM.Pd(2)Drs.SulisetijonoM.SiKatakunciMediaPembelajaranComputerAssistedInstructional(CAI)SistemPeredaranDarahMotivasiBelajarRevolusiilmupengetahuandanteknologidaninformasimemberiartitersendiribagikegiatanpendidikan.Penggunaanmediapembelajaransangatmembantukeefektifanprosespembelajarandanpenyampaianpesan.MediapembelajaranyangdiproduksiadalahmediapembelajaranbiologiberbasisCAI(ComputerAssistedInstruction)yangdapatdigunakansebagaimediapembelajaranindividual.BerdasarkanataswawancarapadagurupengajaryangberkompetendiSMALaboratoriumUniversitasNegeriMalangdidapatkanhasilpembelajarankurangmenarikmediapenunjangjumlahnyaterbataspenggunaanbukupenunjangkurangberagammotivasibelajarsiswarendah.BerdasarkanpermasalahantersebutmakadikembangkanmediapembelajaranberbasisComputerAssistedInstructional(CAI)yangmerupakanmediayangterintegrasiantaragambarvideomaterisertasimulasipadamaterisistemperedarandarahuntukmemicupeningkatanmotivasibelajarsiswa.ModelpengembanganinididasarkanpadatahapanpengembanganmediaolehSadimanyangterdiriatastahapanalisiskebutuhanmediaanalisiskarakteristiksiswaperumusantujuanpembelajaranperumusanmateripembelajaranpenyusunanalatevaluasiproduksimediavalidasiprodukrevisidanpenyempurnaan.Hasilprodukberupamediadivalidasiolehempatahliuntukmengetahuivaliditasproduksebelumujicoba.Padatahapujicobadigunakanuntukmengetahuikeefektifanpenggunaandalampembelajarandanmengukurmotivasidanhasilbelajarsiswa.Hasilvalidasireratapenghitunganvaliditasmediasetiapbutirpernyataanmencapainilai858%yangmenyatakanbahwasemuakriteriayangmenyusunmediaadalahvalid.Nilaireratatotaldarisemuaaspekvalidasimaterimencapainilai923%danmenunjukkanbahwamediayangdikembangkanadalahvalid.Hasilujicobamenunjukkankriteriamotivasisiswabaikdengannilairerata841%.Reratanilaipratessiswa832%sedangkanreratapascates985%.Analisisdatayangtelahdilakukanmenunjukkannilaisignifikansi095lebihbesar0.05.Nilaisignifikansimenunjukkanperbedaanyangsignifikanantarapratesdenganpascatesberartimediapembelajaranefektifdigunakan.Motivasisiswameningkatmenjadi848%setelahpenggunaanmediapembelajaran.PenelitianinimenunjukkanbahwapengembanganmediapembelajaranberbasisComputerAssistedInstructional(CAI)dapatmeningkatkanmotivasisiswa.