Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif menggunakan pendekatan saintifik pada materi sistem Ekskresi untuk siswa SMP kelas VIII / Esti Novianti
Main Author: | Novianti, Esti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/25022/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKEstiNovianti.2015.PengembanganMultimediaPembelajaranInteraktifmenggunakanPendekatanSaintifikpadaMateriSistemEkskresiuntukSiswaSMPKelasVIII.SkripsiJurusanPendidikanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.SunarmiM.Pd.(II)Dr.EndangSuarsiniM.Ked.KataKuncimultimediasistemekskresipendekatansaintifikPembelajaranIPAbiasanyamenggunakanpenjelasansecaraklasikalmasihterpusatpadagurudanterkadangdenganmenggunakanmetodediskusi.Pembelajaranyangdilakukanbelummenggunakanmultimediakarenagurumerasakesulitanuntukmembuatmultimediapembelajaran.Meskipunmasing-masingkelastelahterpasangLCDatauproyektornamungurubelummampumemanfaatkanfasilitastersebutuntukpembelajaranyanglebihmenarik.HaliniyangmelatarbelakangipengembanganmultimediapembelajaraninteraktifdiSMPN6Malangdengantujuanuntukmengembangkanmultimediapembelajaraninteraktifsistemekskresipadamanusiadenganmenggunakanpendekatansaintifikdanmelakukanujikelayakanterhadapmultimediapembelajaraninteraktif.MetodeyangdigunakandalammultimediapembelajaraninteraktifinimenggunakanmodelpengembanganBorgGall(1983775)yangtelahdiadaptasihanyapadatujuhtahapsajayaknianalisiskebutuhansiswaperencanaanmediapengembanganprodukujicobavaliditas(ahlimediaahlimateridanpraktisilapangan)revisihasilujicobaujicobalapanganpenyempurnaanprodukhasilujicoba.Ujikelayakanmediadilakukanolehketigaahliyakniahlimediaahlimateridanpraktisilapanganhalinibertujuanuntukmelihatkualitasprodukyangdihasilkan.Ujicobalapanganterbatasdilakukanpada36siswakelasVIIIuntukmelihatkelemahan-kelemahanpadaprodukberdasarkansudutpandangsiswa.Multimediapembelajaraninteraktiftelahdikembangkandengankeunggulandapatdigunakansiswauntukbelajarmandirimudahdalampenggunannyakarenadilengkapidenganpetunjukpenggunaanaudiogambaranimasidanvideoyangdapatmenarikperhatiansiswapadasaatbelajar.Produkyangdikembangkantelahdilakukanujicobakelayakanmediaolehahlimediaahlimateridanpraktisilapangan.Hasilvalidasiprodukolehahlimediadiperolehnilai8684%dengankriteriasangatvalidhasilvalidasiolehahlimateridiperolehnilai9456%dengankriteriasangatvaliddanpraktisilapangandiperolehnilaisebesar8125%dengankriteriacukupvalid.Ujicobakelompokterbatasdilakukanpada36siswakelasVIIIyangdipilihsecaraacakdari3kelasyangberbedadiperolehnilaisebesar9038%dengankriteriasangatvalid.Mediapembelajaraninteraktifefektifdigunakandalampembelajarandengannilaig-score07401.KekurangandariprodukyangdihasilkanadalahhanyadapatditerapkanpadasekolahyangsudahmemilikifasilitasLCD.