Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif menggunakan pendekatan saintifik pada materi sistem Ekskresi untuk siswa SMP kelas VIII / Esti Novianti

Main Author: Novianti, Esti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/25022/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKEstiNovianti.2015.PengembanganMultimediaPembelajaranInteraktifmenggunakanPendekatanSaintifikpadaMateriSistemEkskresiuntukSiswaSMPKelasVIII.SkripsiJurusanPendidikanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.SunarmiM.Pd.(II)Dr.EndangSuarsiniM.Ked.KataKuncimultimediasistemekskresipendekatansaintifikPembelajaranIPAbiasanyamenggunakanpenjelasansecaraklasikalmasihterpusatpadagurudanterkadangdenganmenggunakanmetodediskusi.Pembelajaranyangdilakukanbelummenggunakanmultimediakarenagurumerasakesulitanuntukmembuatmultimediapembelajaran.Meskipunmasing-masingkelastelahterpasangLCDatauproyektornamungurubelummampumemanfaatkanfasilitastersebutuntukpembelajaranyanglebihmenarik.HaliniyangmelatarbelakangipengembanganmultimediapembelajaraninteraktifdiSMPN6Malangdengantujuanuntukmengembangkanmultimediapembelajaraninteraktifsistemekskresipadamanusiadenganmenggunakanpendekatansaintifikdanmelakukanujikelayakanterhadapmultimediapembelajaraninteraktif.MetodeyangdigunakandalammultimediapembelajaraninteraktifinimenggunakanmodelpengembanganBorgGall(1983775)yangtelahdiadaptasihanyapadatujuhtahapsajayaknianalisiskebutuhansiswaperencanaanmediapengembanganprodukujicobavaliditas(ahlimediaahlimateridanpraktisilapangan)revisihasilujicobaujicobalapanganpenyempurnaanprodukhasilujicoba.Ujikelayakanmediadilakukanolehketigaahliyakniahlimediaahlimateridanpraktisilapanganhalinibertujuanuntukmelihatkualitasprodukyangdihasilkan.Ujicobalapanganterbatasdilakukanpada36siswakelasVIIIuntukmelihatkelemahan-kelemahanpadaprodukberdasarkansudutpandangsiswa.Multimediapembelajaraninteraktiftelahdikembangkandengankeunggulandapatdigunakansiswauntukbelajarmandirimudahdalampenggunannyakarenadilengkapidenganpetunjukpenggunaanaudiogambaranimasidanvideoyangdapatmenarikperhatiansiswapadasaatbelajar.Produkyangdikembangkantelahdilakukanujicobakelayakanmediaolehahlimediaahlimateridanpraktisilapangan.Hasilvalidasiprodukolehahlimediadiperolehnilai8684%dengankriteriasangatvalidhasilvalidasiolehahlimateridiperolehnilai9456%dengankriteriasangatvaliddanpraktisilapangandiperolehnilaisebesar8125%dengankriteriacukupvalid.Ujicobakelompokterbatasdilakukanpada36siswakelasVIIIyangdipilihsecaraacakdari3kelasyangberbedadiperolehnilaisebesar9038%dengankriteriasangatvalid.Mediapembelajaraninteraktifefektifdigunakandalampembelajarandengannilaig-score07401.KekurangandariprodukyangdihasilkanadalahhanyadapatditerapkanpadasekolahyangsudahmemilikifasilitasLCD.