Pengembangan kit pembelajaran IPA dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 8 Malang materi sistem ekskresi / Isma Nisaatul Uswah

Main Author: Uswah, Isma Nisaatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/25018/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKUswahIsmaNisaatul.2015.PengembanganKITPembelajaranIPAdenganPendekatanSaintifikuntukMeningkatkanHasilBelajarSiswaKelasVIIISMPN8MalangMateriSistemEkskresi.SkripsiJurusanBiologiFakultasMatematikandanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.HadiSuwonoM.Si.(II)NuningWulandariS.Si.M.Si.KatakunciKITScientificApproachHasilBelajardanSistemEkskresi.IPAmerupakancabangilmupengetahuanyangberawaldarifenomenaalam.PembelajaranIPAyangberpusatpadasiswadanmenekankanpentingnyabelajaraktifberartimengubahpolapembelajaranguruyangselalumemberikaninformasidansumberpengetahuanbagisiswa.Mediadalampembelajaranmemilikiperanandalammenyampaikaninformasikepadasiswasehinggamenjadilebihmudahuntukditerimaolehsiswa.BerdasarkanhasilobservasidiSMPN8MalangsistemmovingclassmerepotkansiswadalammelaksanakanpraktikumjikatidakmendapatkanlaboratoriumIPA.KITyangdimilikiSMPN8MalangterbatashanyaKITPembelajaranfisika.PermasalahanlainyaitusiswamemilikihasilbelajaryangkurangmaksimaldilihatdokumennilaiUjianTengahSemester(UTS)untukmatapelajaranIPAdimana50%siswatidakmencapaikriteriaketuntasanminimal(KKM)dengannilai7600.Hasilbelajaryangkurangtersebutdapatdiatasidenganpenggunaanpendekatanpembelajaranyangcocokbagisiswa.TujuanpenelitianiniadalahuntukmenghasilkanKITPembelajaranIPAdenganpendekatansaintifikyangvalidpraktisdanefektifdalammeningkatkanhasilbelajarsiswa.PenggunaanKITPembelajarandiharapkandapatmenjadikankegiatanbelajarmenjadiaktifkreatifmenyenangkandandapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.PenelitiandanpengembanganinimenggunakanmodelpengembanganBorgdanGall(1983)yangdilaksanakan7tahapdari10tahapyangada.Tahapyangpertamayaitumelakukanpenelitiandanpengumpulaninformasimengenaipermasalahanyangadadisekolah.TahapyangkeduayaitumelakukanperencanaanyangmeliputiperencanaanpengembanganmediayangsesuaidenganpermasalahananalisisKIdanKDdanmenentukanpokok-pokokpembelajaran.TahapketigayaitumengembangkanprodukawalyaituKITPembelajarandanLKSsistemekskresi.Tahapkeempatyaitumelakukanujicobalapangantahapawalyangmeliputiujicobaolehahlipendidikanmateridanpraktisilapangan.Tahapkelimayaitumelakukanrevisiterhadapprodukutamaberdasarkansarandanmasukanparaahli.TahapkeenammelakukanujicobalapangantahaputamadiSMPN8Malang.Padatahapinidiperolehdatakualitatifberupalembarobservasiketerlaksaanpembelajaran.Datakuantitatifberupanilaipretesdanpostessertaangketresponsiswaterhadappembelajaran.Tahapketujuhyaitumelakukanrevisiterhadapprodukoperasionalberdasarkandatayangdiperolehdariujicobalapangantahaputama.BerdasarkanpenelitianyangtelahdilakukandihasilkanKITPembelajaranyangvalidberdasarkanvalidasiahlipendidikanmateridanpraktisilapangandenganskormodus4.SkortersebutmenunjukkanbahwaKITPembelajarantergolongdalamkriteriasangatlayak.KITPembelajaranSistemEkskresijugapraktisdigunakandalampembelajaranhalinidilihatdariresponsiswadiperolehskor90%.Berdasarkantabelkriteriaresponpositifsiswaskortersebutmemilikiresponyangsangatpositifterhadappembelajaran.DilihatdariaspekkeefektifanKITPembelajaranSistemEkskresiefektifuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswahalinidibuktikandenganpretesdanpostesyangdikerjakanolehsiswamemilikiN-gainyangtinggiyaitusebesar0.74.KriteriaN-gainyangtinggitersebutmenunjukkanbahwaterjadipeningkatanhasilbelajarsiswasetelahmempelajarisistemekskresidenganKITPembelajaran.BerdasarkanpemaparantersebutmakapenelitiandanpengembanganinimenghasilkanKITPembelajaranIPAdenganpendekatansaintifikkelasVIIImateriSistemEkskresiyangvalidpraktisdanefektifdalammeningkatkanhasilbelajarsiswa.