Pengembangan kit pembelajaran IPA dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 8 Malang materi sistem ekskresi / Isma Nisaatul Uswah
Main Author: | Uswah, Isma Nisaatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/25018/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKUswahIsmaNisaatul.2015.PengembanganKITPembelajaranIPAdenganPendekatanSaintifikuntukMeningkatkanHasilBelajarSiswaKelasVIIISMPN8MalangMateriSistemEkskresi.SkripsiJurusanBiologiFakultasMatematikandanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.HadiSuwonoM.Si.(II)NuningWulandariS.Si.M.Si.KatakunciKITScientificApproachHasilBelajardanSistemEkskresi.IPAmerupakancabangilmupengetahuanyangberawaldarifenomenaalam.PembelajaranIPAyangberpusatpadasiswadanmenekankanpentingnyabelajaraktifberartimengubahpolapembelajaranguruyangselalumemberikaninformasidansumberpengetahuanbagisiswa.Mediadalampembelajaranmemilikiperanandalammenyampaikaninformasikepadasiswasehinggamenjadilebihmudahuntukditerimaolehsiswa.BerdasarkanhasilobservasidiSMPN8MalangsistemmovingclassmerepotkansiswadalammelaksanakanpraktikumjikatidakmendapatkanlaboratoriumIPA.KITyangdimilikiSMPN8MalangterbatashanyaKITPembelajaranfisika.PermasalahanlainyaitusiswamemilikihasilbelajaryangkurangmaksimaldilihatdokumennilaiUjianTengahSemester(UTS)untukmatapelajaranIPAdimana50%siswatidakmencapaikriteriaketuntasanminimal(KKM)dengannilai7600.Hasilbelajaryangkurangtersebutdapatdiatasidenganpenggunaanpendekatanpembelajaranyangcocokbagisiswa.TujuanpenelitianiniadalahuntukmenghasilkanKITPembelajaranIPAdenganpendekatansaintifikyangvalidpraktisdanefektifdalammeningkatkanhasilbelajarsiswa.PenggunaanKITPembelajarandiharapkandapatmenjadikankegiatanbelajarmenjadiaktifkreatifmenyenangkandandapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.PenelitiandanpengembanganinimenggunakanmodelpengembanganBorgdanGall(1983)yangdilaksanakan7tahapdari10tahapyangada.Tahapyangpertamayaitumelakukanpenelitiandanpengumpulaninformasimengenaipermasalahanyangadadisekolah.TahapyangkeduayaitumelakukanperencanaanyangmeliputiperencanaanpengembanganmediayangsesuaidenganpermasalahananalisisKIdanKDdanmenentukanpokok-pokokpembelajaran.TahapketigayaitumengembangkanprodukawalyaituKITPembelajarandanLKSsistemekskresi.Tahapkeempatyaitumelakukanujicobalapangantahapawalyangmeliputiujicobaolehahlipendidikanmateridanpraktisilapangan.Tahapkelimayaitumelakukanrevisiterhadapprodukutamaberdasarkansarandanmasukanparaahli.TahapkeenammelakukanujicobalapangantahaputamadiSMPN8Malang.Padatahapinidiperolehdatakualitatifberupalembarobservasiketerlaksaanpembelajaran.Datakuantitatifberupanilaipretesdanpostessertaangketresponsiswaterhadappembelajaran.Tahapketujuhyaitumelakukanrevisiterhadapprodukoperasionalberdasarkandatayangdiperolehdariujicobalapangantahaputama.BerdasarkanpenelitianyangtelahdilakukandihasilkanKITPembelajaranyangvalidberdasarkanvalidasiahlipendidikanmateridanpraktisilapangandenganskormodus4.SkortersebutmenunjukkanbahwaKITPembelajarantergolongdalamkriteriasangatlayak.KITPembelajaranSistemEkskresijugapraktisdigunakandalampembelajaranhalinidilihatdariresponsiswadiperolehskor90%.Berdasarkantabelkriteriaresponpositifsiswaskortersebutmemilikiresponyangsangatpositifterhadappembelajaran.DilihatdariaspekkeefektifanKITPembelajaranSistemEkskresiefektifuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswahalinidibuktikandenganpretesdanpostesyangdikerjakanolehsiswamemilikiN-gainyangtinggiyaitusebesar0.74.KriteriaN-gainyangtinggitersebutmenunjukkanbahwaterjadipeningkatanhasilbelajarsiswasetelahmempelajarisistemekskresidenganKITPembelajaran.BerdasarkanpemaparantersebutmakapenelitiandanpengembanganinimenghasilkanKITPembelajaranIPAdenganpendekatansaintifikkelasVIIImateriSistemEkskresiyangvalidpraktisdanefektifdalammeningkatkanhasilbelajarsiswa.