Penerapan pembelajaran berbasis masalah dipadu dengan think pair share untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 1 SMAN 2 Batu Jawa Timur / Tri Hardianus Vincentius Gama Putra

Main Author: Putra, Tri Hardianus Vincentius Gama
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/25010/
Daftar Isi:
  • PutraTriHardianusVinsensiusGama.2014.PenerapanPembelajaranBerbasisMasalahdipadudenganThinkPairShareuntukMeningkatkanKemampuanBerpikirKritisdanHasilBelajarBiologiSiswaKelasXIIPA1SMAN2BatuJawaTimur.SkripsiJurusanPendidikanBiologiFakultasMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SusriyatiMahanalM.Pd(II)Dra.SunarmiM.Pd.KataKunciPembelajaranBerbasisMasalahThinkPairShareKemampuanBerpikirKritisHasilBelajarBiologi12288122881228812288BerdasarkanhasilobservasitelahdiketahuibahwakegiatanpembelajaranBiologidikelasXIIPA1SMAN2Batutelahberupayamengembangkankemampuanberpikirkritisnamunkemampuanberpikirkritissiswamasihrendah.Kemampuanberpikirkritissangatpentingdikembangkankarenakemampuanberpikirkritisselainberpengaruhterhadaphasilbelajarjugamemungkinkanseseorangmampumemecahkansuatupermasalahandalamkehidupan.AlternatifmetodepembelajaranyangdapatmeningkatkanKemampuanBerpikirKritisdanHasilBelajarBiologiadalahPenerapanPembelajaranBerbasisMasalahdipadudenganThinkPairShare.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanPenerapanPembelajaranBerbasisMasalahdipadudenganThinkPairSharedalammeningkatkankemampuanberpikirkritisdanmeningkatkanhasilbelajarsiswa.12288122881228812288JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelasyangdilakukandengan2siklus.Setiapsiklusnyaterdiridariempattahapanyaituperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.MateridalampenelitianiniadalahSistemKordinasidansistemReproduksi.Teknikpengumpulandatayangdigunakanberupateslembarobservasidancatatanlapangan.KemampuanBerpikirKritisdiukurmenggunakanSoaltesbentukessayyangdilaksanakansetiapsetiapakhirsiklus.HasilBelajarBiologidiukurmenggunakantesbentukpilihangandayangdilaksanakansetiapakhirsiklus.Keterlaksanaanpembelajarangurudansiswadiukurmenggunakanlembarobservasi.Situasisaatprosespembelajarandicatatdalamcatatanlapangan.12288122881228812288Hasilpenelitianmenunjukkanbahwakemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarbiologisiswamengalamipeningkatan.KemampuanberpikirkritissiswapadasiklusIsebesar60%mengalamipeningkatanmenjadisebesar26.66%padasiklusIIdanketuntasanhasilbelajarkognitifsiswapadasiklusIsebesar33.33%mengalamipeningkatanmenjadi50%.KesimpulanyangdapatdiambiladalahPenerapanpembelajaranberbasismasalahdipadudenganthinkpairsharedapatmeningkatkankemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarbiologisiswakelasXIIPA1SMAN2BatuJawaTimur.Saranyangdapatdiberikanadalahpadapenerapanpembelajaraninitidakbisadilakukansecaramadiriolehsiswa.Siswamasihperlubimbingandariguruuntukmengarahkansiswaagarfokuspadamasalahyangdibahaspersiapanmateriyangbaiksertamenghadirkanisu-isuyangmenariksiswadanManajemenwaktuharusdiaturseefektifmungkinuntukmengurangiadanyapenambahanwaktuyangberlebihuntukmelaksanakanpembelajaran.