Pengembangan perangkat pembelajaran biologi berpendekatan saintifik dengan Blended Learning sebagai upaya untuk menumbuhkan kesadaran hasil belajar siswa kelas XI SMAN 4 Malang pada materi sistem ekskresi / Meisa Nisrina
Main Author: | Nisrina, Meisa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/25006/ |
Daftar Isi:
- NisrinaMeisa.2014.PengembanganPerangkatPembelajaranBiologiBerpendekatanSaintifikdenganBlendedLearningsebagaiUpayauntukMenumbuhkanKesadaranMetakognisiKeterampilanProsesdanHasilBelajarSiswaKelasXISMAN4MalangpadaMateriSistemEkskresi.SkripsiJurusanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.HadiSuwonoM.Si.(II)Dra.AmyTenzerM.S.KataKunciPendekatansaintifikblendedlearningkesadaranmetakognisiketerampilanproseshasilbelajarPerangkatpembelajaranmerupakansuatubentukperencanaanyangdilakukansebelummelaksanakansuatupembelajaranyangterdiridarisilabusRPPbahanajardaninstrumenpenilaian.Perangkatpembelajaranyangdikembangkanberisikegiatandenganlangkah-langkahsesuaidenganpendekatansaintifikyaknimengamatimenanyamengumpulkaninformasimengasosiasidanmengkomunikasikan.PenelitianinibertujuanuntukmengembangkanperangkatpembelajaranberpendekatansaintifikdenganblendedlearningsebagaiupayauntukmenumbuhkankesadaranmetakognisidanhasilbelajarsiswakelasXIIA5SMAN4Malang.Jenispenelitianinimerupakanpenelitiandanpengembangan.Penelitiandanpengembanganinimenggunakantahapanpengembanganfour-DmodelyangdikembangkanolehThiagarajandkk.Namunpadapenelitiandanpengembanganinidilakukanhinggatahapketigayaknitahappengembangan(develop).Langkah-langkahpenelitianmeliputipendefinisianperancangandanpengembanganperangkatpembelajaranberpendekatansaintifikdenganblendedlearningkemudiandilakukanvalidasidansetelahprodukdirevisidilanjutkandenganujicoba.Validasidilakukanolehahlimateriahlipendidikandanahlilapangan.Tahapujicobadilakukanuntukmengetahuipenggunaanperangkatpembelajarandalammenumbuhkankesadaranmetakognisiketerampilanprosesdanhasilbelajarsiswa.Pertumbuhankesadaranmetakognisidapatdiketahuimelaluihasilpengisianangketkesadaranmetakognisipadaawaldanakhirmateridanrefleksidirisiswapadasetiappertemuan.Pertumbuhanketerampilanprosesdapatdikehuimelaluinilairata-rataketerampilanprosespadasetiappertemuan.HasilbelajardapatdiketahuimelaluipencapaiannilaiulanganhariansesuaidenganKKMyangtelahditentukanolehsekolah.HasildaripenelitiandanpengembanganiniterdiridarisilabusRPPbahanajardaninstrumenpenilaianyangberkualifikasivaliddanlayakuntukdigunakandalampembelajaransebagaiupayauntukmenumbuhkankesadaranmetakognisiketerampilanprosesdanhasilbelajarsiswakelasXIpadamaterisistemekskresi.