Pengembangan perangkat pembelajaran biologi berpendekatan saintifik dengan Blended Learning sebagai upaya untuk menumbuhkan kesadaran hasil belajar siswa kelas XI SMAN 4 Malang pada materi sistem ekskresi / Meisa Nisrina

Main Author: Nisrina, Meisa
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/25006/
Daftar Isi:
  • NisrinaMeisa.2014.PengembanganPerangkatPembelajaranBiologiBerpendekatanSaintifikdenganBlendedLearningsebagaiUpayauntukMenumbuhkanKesadaranMetakognisiKeterampilanProsesdanHasilBelajarSiswaKelasXISMAN4MalangpadaMateriSistemEkskresi.SkripsiJurusanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.HadiSuwonoM.Si.(II)Dra.AmyTenzerM.S.KataKunciPendekatansaintifikblendedlearningkesadaranmetakognisiketerampilanproseshasilbelajarPerangkatpembelajaranmerupakansuatubentukperencanaanyangdilakukansebelummelaksanakansuatupembelajaranyangterdiridarisilabusRPPbahanajardaninstrumenpenilaian.Perangkatpembelajaranyangdikembangkanberisikegiatandenganlangkah-langkahsesuaidenganpendekatansaintifikyaknimengamatimenanyamengumpulkaninformasimengasosiasidanmengkomunikasikan.PenelitianinibertujuanuntukmengembangkanperangkatpembelajaranberpendekatansaintifikdenganblendedlearningsebagaiupayauntukmenumbuhkankesadaranmetakognisidanhasilbelajarsiswakelasXIIA5SMAN4Malang.Jenispenelitianinimerupakanpenelitiandanpengembangan.Penelitiandanpengembanganinimenggunakantahapanpengembanganfour-DmodelyangdikembangkanolehThiagarajandkk.Namunpadapenelitiandanpengembanganinidilakukanhinggatahapketigayaknitahappengembangan(develop).Langkah-langkahpenelitianmeliputipendefinisianperancangandanpengembanganperangkatpembelajaranberpendekatansaintifikdenganblendedlearningkemudiandilakukanvalidasidansetelahprodukdirevisidilanjutkandenganujicoba.Validasidilakukanolehahlimateriahlipendidikandanahlilapangan.Tahapujicobadilakukanuntukmengetahuipenggunaanperangkatpembelajarandalammenumbuhkankesadaranmetakognisiketerampilanprosesdanhasilbelajarsiswa.Pertumbuhankesadaranmetakognisidapatdiketahuimelaluihasilpengisianangketkesadaranmetakognisipadaawaldanakhirmateridanrefleksidirisiswapadasetiappertemuan.Pertumbuhanketerampilanprosesdapatdikehuimelaluinilairata-rataketerampilanprosespadasetiappertemuan.HasilbelajardapatdiketahuimelaluipencapaiannilaiulanganhariansesuaidenganKKMyangtelahditentukanolehsekolah.HasildaripenelitiandanpengembanganiniterdiridarisilabusRPPbahanajardaninstrumenpenilaianyangberkualifikasivaliddanlayakuntukdigunakandalampembelajaransebagaiupayauntukmenumbuhkankesadaranmetakognisiketerampilanprosesdanhasilbelajarsiswakelasXIpadamaterisistemekskresi.